Home / Hardware / Cara Memperbaiki Hardisk Komputer Paling Manjur

Cara Memperbaiki Hardisk Komputer Paling Manjur

Apakah anda memiliki harddisk rusak? Mari kita mempelajari Cara Memperbaiki Hardisk Komputer agar harddisk anda bisa diperbaiki. Minimal harddisk anda ada kesempatan untuk bisa bekerja kembali walaupun tidak ada yang berani menjamin. Dengan kondisi harddisk rusak tentunya kita cukup pusing, lantaran data-data penting anda pastinya tersimpan dalam harddisk. Data-data yang diharddisk rusak memang memiliki potensi kecil untuk diselamatkan, namun setidaknya, dengan menyelamatkan harddisk secara fisik, kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli harddisk baru.

Cara Memperbaiki Hardisk Komputer

Cara Memperbaiki Hardisk Komputer

Cara Memperbaiki Hardisk Komputer yang akan inanesia.com bahas bersifat umum dan bisa diterapkan untuk semua merek harddisk, asalkan memiliki kasus dan masalah yang sama. Kerusakan harddisk cukup banyak ragamnya, mulai dari kerusakan bad sector, harddisk yang sudah tidak bisa terbaca. Contoh kerusakan tersebut adalah jenis kerusakan yang sering sekali terjadi, walaupun sebenarnya jenis kerusakan tersebut bisa saja disebabkan oleh hal yang cukup simpel dan sederhana.

Penyebab harddisk mengalami kerusakan bad sector atau tidak terbaca

  1. Harddisk bekerja terlalu over yang akan menyebabkan kinerja harddisk secara perlahan akan menurun. Penurunan kinerja harddisk tersebut lambat laun akan membuat harddisk berhenti bekerja alias hang.
  2. Kondisi harddisk yang jarang dibersihkan. Jarang dibersihkan disini bukan dari sisi fisik harddisk, namun dari sisi software. Banyak file-file sampah yang bersemayam didalam harddisk akan membuat space harddisk membengkak yang pada akhirnya akan memaksa harddisk untuk berkerja secara over.
  3. Kondisi file didalam harddisk yang berantakan akan membuat windows kesulitan didalam mencari file yang diinginkan, sehingga pada akhirnya akan membuat proses tersebut berlangsung lebih lama. Lamanya proses pencarian file tersebut juga bisa dipastikan akan membuat harddik bekerja lebih ekstra untuk melayani permintaan windows tersebut. Agar windows tidak kesulitan didalam menemukan file yang dibutuhkan, silahkan anda atur tatanan file diharddisk komputer dengan memanfaatkan fitur disk defragment.
  4. Me-reset komputer terlalu sering akan membuat kinerja harddisk semakin menurun dengan lebih cepat.
  5. Kondisi kelistrikan yang tidak stabil, tegangan naik turun akan dengan mempermudah mengganggu sistem kerja dari harddisk, karena secara umum, perputaran bagian dalam harddisk sangat bergantung dari listrik yang diberikan oleh PSU.
Baca Juga:   Struktur Dan Fungsi Utama Komputer Secara Umum

Apabila kita simak, beberapa penyebab karddisk rusak diatas memang cukup sederhana, namun ternyata bisa dengan mudah membuat harddisk mengalami kerusakan.

Cara Memperbaiki Hardisk Komputer yang bad sector

Salah satu jenis kerusakan yang sering dialami oleh harddisk adalah bad sector. Kondisi bad sector pada harddisk akan membuat data pada harddisk sulit untuk dibaca dan secara pelan-pelan akan membuat susah dibaca. Oleh sebab itu, apabila harddisk anda mengalami bad sector, maka perlu adanya penanganan awal, siapa tau bisa membuat harddisk bad sector bisa pulih kembali.

Berikut Cara Memperbaiki Hardisk Komputer yang terkena bad sector:

  1. Untuk mengawalinya, silahkan anda gunakan fasilitas format harddisk, dengan menggunakan perintah “format c:” (letter c diganti dengan drive yang akan diformat)
  2. Apabila anda gagal didalam menjalankan perintah diatas, anda bisa memanfaatkan aplikasi “disk manager” sesuai dengan merek harddisk yang mengalami masalah tersebut.
  3. Gagal juga dengan 2 cara diatas? Silahkan anda manfaatkan program HDDREG. Software aplikasi HDDREG tentunya bisa anda donwload dengan mudah diinternet.
  4. Apabila anda tetap gagal didalam menjalankan 3 cara diatas, maka anda bisa melanjutkan untuk menggunakan software zero file atau lebih dikenal dengan low level format. Dengan low level format, maka seluruh data dalam harddisk akan hilang dan akan sulit sekali untuk dikembalikan. Low level format juga akan membutuhkan waktu cukup lama, apalagi jika kapastitasnya lumayan besar.
  5. Gagal lagi menggunakan software low level format? Jalan satu-satunya adalah dengan memotong bagian yang bad sector tersebut? Caranya tentu dengan membagi partisi pada harddisk dan tidak menggunakan bagian yang mengalami bad sector pada harddisk.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer HP 1010

Cara Memperbaiki Hardisk Komputer yang tidak terdeteksi oleh BIOS

Cara Memperbaiki Hardisk Komputer yang tidak terbaca oleh BIOS lebih rumit, sehingga kita perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk mengerjakannya. Agak sulit memperbaiki harddisk komputer yang memiliki masalah tidak terdeteksi oleh BIOS. Walaupun susah, ada beberapa langkah yang bisa ditempuh, yaitu:

  1. Pada tahap pertama, silahkan anda cek pengaturan pada setting BIOS, silahkan anda cek bagian setting “OFF” yang menyebabkan harddisk tidak terbaca. Cara mengatasinya, silahkan anda setting ulang dengan mengubah setting BIOS harddiks ke posisi “ON”.
  2. Lakukan pengecekan ulang pada bagian kabel listrik pada harddisk. Masalah kecil seperti itu kadang diacuhkan oleh pengguna komputer, namun akan menyebabkan harddisk komputer tidak terdeteksi. Masalah kabel listrik ke harddisk yang terputus, salah dalam memasang dan beberapa kondisi lain juga akan membuat harddisk tidak mau bekerja yang pada akhirnya akan membuat harddisk tidak terdeteksi di BIOS.
  3. Lakukan pengecekan pada piring disk. Kadang kala disk pada harddisk tidak berputar. Penyebabnya karena aliran listrik tidak sempurna. Untuk mengatasinya, silahkan anda lakukan pengecekan ulang pada bagian kelistrikan harddisk, mulai dari bagian mainboard harddisk dan juga kabel power harddisk.
  4. Langkah terakhir, silahkan anda lakukan pengecekan pada pemasangan jumper pada harddisk. Pengecekan ini hanya berlaku untuk harddisk ATA yang masih menggunakan model jumper.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Speaker Komputer Dengan Cepat

Itulah beberapa Cara Memperbaiki Hardisk Komputer yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini. Semoga saja tulisan sederhana ini bisa berguna untuk anda sekalian, dan anda bisa mendapatkan manfaat dari tulisan ini. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi utama prosesor

Fungsi Utama Prosesor Secara Umum Pada Beberapa Perangkat

Kata prosesor tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung di dunia ini. Hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *