Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Indikator Bensin Mobil

Cara Memperbaiki Indikator Bensin Mobil

Indikator atau level bensin pada mobil merupakan salah satu petunjuk yang sangat penting bagi pengendara. Dengan melihat level indikator bensin pada mobil, maka kita bisa mengetahui sisa volume bensin yang ada pada tangki bensin. Dengan mengetahui kondisi tersebut tentunya kita bisa mempersiapkan diri apakah kita perlu untuk melakukan pengisian ulang bahan bakar yang ada pada tangki bensin atau menunggu hingga jarak tertentu kembali.

Cara Memperbaiki Indikator Bensin Mobil

Bisa dibayangkan ketika kondisi indikator bensin pada mobil mengalami kerusakan. Tentunya, kita hanya bisa melakukan perkiraan saja sisa volume bensin yang ada pada tangki mobil. Yang menjadi permasalahan adalah kadangkala perkiraan yang kita miliki meleset yang akhirnya nanti akan menyebabkan kondisi riil volume bensin pada mobil tidak sama dengan perkiraan kita. Melesetnya perkiraan kita juga tentunya bisa menyebabkan mobil mogok karena kehabisan bensin.

Kondisi indikator bensin mobil yang sudah tidak normal di dalam bekerja tentunya harus kita perbaiki. Cara memperbaiki indikator bensin mobil sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Bahkan, bagi para pemilik mobil tentunya bisa mencoba untuk memperbaiki indikator bensin mobil apabila suatu saat nanti anda mengalaminya. Yang anda butuhkan pertama kali adalah mempelajari artikel ini guna mengetahui tahapan demi tahapan bagaimana cara memperbaiki indikator bensin mobil dengan benar dan tepat.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Honda Jazz Matic RS

Sebenarnya, yang banyak hal yang menjadi penyebab di mana indikator bensin pada mobil tidak bisa bekerja secara normal. Indikator bensin pada mobil berada pada dasborard mobil, dan biasanya terletak berdekatan dengan speedometer. Apabila indikator bensin mobil mengalami kerusakan, tentunya kita juga akan mengalami kesulitan di dalam memperkirakan berapa volume bensin yang harus ditambahkan pada saat kita mengisi di stasiun pengisian bahan bakar minyak.

Baiklah, sebelumnya marilah kita membahas mengenai tanda-tanda bahwa indikator bensin pada mobil mengalami kerusakan, yaitu:

  1. Pada saat volume bensin dalam kondisi penuh, kadangkala indikator bensin yang ada pada dasbor mobil berkedip.
  2. Dalam kondisi tertentu, jarum penunjuk indikator bensin mobil akan turun dengan sangat cepat. Sebagai contoh pada saat jarum indikator bensin pada posisi 3/4, maka tiba-tiba jarum indikator tersebut akan langsung dengan cepat turun ke warna merah.
  3. Kadangkala juga, jarum indikator bensin pada mobil tidak mau turun walaupun sebenarnya bensin yang ada di dalam tangki sudah berkurang banyak. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya bagi yang tidak mengetahui kondisi asli dari tangki bahan bakar minyak, karena bisa saja menyebabkan kehabisan bahan bakar bensin di tengah jalan.
  4. Indikator bensin mobil yang rusak juga seringkali tidak mau bergerak, baik bergerak naik maupun bergerak turun.
  5. Rusaknya indikator bensin pada mobil juga bisa disebabkan karena bagian pompa bensin mobil injeksi dengan bagian fuel mengalami sender
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Karet Wiper Mobil Yang Sudah Usang

Bahasan berikutnya adalah mengenai berbagai macam penyebab yang menjadikan indikator bensin pada mobil mengalami kerusakan atau tidak bisa berfungsi dengan normal.tentunya, berbagai macam penyebab bisa membuat rusak atau tidak bisa berfungsinya indikator bensin mobil. Walaupun terlihat sederhana dan sepele, namun ternyata kerusakan yang terjadi pada indikator bahan bakar mobil akan dapat berakibat sangat fatal.

Beberapa penyebab indikator bensin mobil rusak:

  1. Bagian yang sering kali mengalami kerusakan pada tangki mobil adalah dibagian fuel sender. Fuel sender ini berada di dalam tangki bensin, sehingga untuk melakukan pengecekan fuel sender ini maka tentunya anda harus mampu menjangkau isi dari tangki bahan bakar bensin yang ada di mobil.
  2. Apabila pada proses pengecekan di bagian fuel sender ternyata bagian tersebut masih dalam kondisi normal, maka tentunya anda bisa melanjutkan mendiagnosa letak kerusakan berada pada sistem kelistrikan dan juga komponen elektronika yang terdapat di sekitar indikator bensin pada mobil.
  3. Lakukan proses pemeriksaan di setiap sudut-sudut bagian mobil anda. Pastikan bahwa mobil anda tidak ada bagian yang penyok, terutama pada bagian tangki bensin.kondisi tangki bensin yang penyok bisa membuat volume bensin yang bisa tersimpan pada aki tersebut berkurang. Akibatnya, sang pemilik mobil harus sering memperhatikan indikator bensin pada mobil tersebut sekaligus sering melakukan pengisian ulang bahan bakar bensin.
Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Toyota Rush

Cara memperbaiki indikator bensin mobil:

  1. Cara pertama yang perlu anda tempuh adalah memastikan penyebab utama dimana indikator bensin pada mobil tidak mau bekerja dengan normal.
  2. Apabila anda menemukan bahwa penyebab indikator bensin mobil rusak, misalnya adalah pada bagian fuel sender, maka tentunya anda bisa mengganti bagian tersebut.
  3. Proses perlindungan aliran listrik supaya tidak terlalu sering naik turun, terkena sengatan listrik ataupun mengalami gangguan petir haruslah dilakukan. Biasanya, setelah seseorang berhasil di dalam memodifikasi sekaligus memperbaiki indikator bensin mobil, maka karya anda akan segera diduplikasi oleh orang-orang yang tidak tanggung jawab.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara memperbaiki indikator bensin mobil dengan mudah dan cepat. Mudah-mudahan, tutorial diatas bisa anda ikuti dan tentunya anda berhasil di dalam proses perbaikan indikator bensin pada mobil yang rusak dan anda sudah tidak lagi dibingungkan dengan informasi yang ditampilkan oleh indikator bensin tersebut. Terima kasih dan salam sukses untuk anda.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

One comment

  1. dear admin
    indikator solar mobil sy rusak memble di empty.

    bengkel resmi tidak mampu mengidentifikasi masalah yg ada.

    mohon bantuan
    0895260236e1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *