Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Karburator Mobil Dengan Sangat Mudah

Cara Memperbaiki Karburator Mobil Dengan Sangat Mudah

Bagian karburator pada mobil sering dikenal dengan bagian yang mengatur sistem pencampuran bahan bakar. Komponen karburator ini sebenarnya tidak hanya dimiliki oleh mobil saja, namun dimiliki juga oleh sepeda motor. Bagian karburator pada mobil memang sangat penting peranannya. Komponen karburator ini berfungsi guna mengatur dan menjaga perputaran mesin agar dapat mensuply tenaga atau tarikan serta melakukan pencampuran antara bahan bakar dengan udara secara baik.

Cara Memperbaiki Karburator Mobil Dengan Sangat Mudah

Apabila suatu saat komponen karburator ini mengalami kerusakan, pastinya kita harus menyediakan dan mengeluarkan dana ekstra untuk memperbaikinya. Akan tetapi, jika kondisi karburator mobil cuma sekedar kotor saja, maka kita bisa mengupayakan cara memperbaiki karburator mobil dengan sangat mudah tanpa harus membawanya ke bengkel dan tentunya kita bisa berhemat dan pekerjaan tersebut bisa kita kerjakan di rumah saja.

Cara Memperbaiki Karburator Mobil Dengan Sangat Mudah

Proses persiapan peralatan dan bahan adalah point pertama yang harus dilakukan. Anda harus memastikan bahwa alat dan bahan yang dbutuhkan untuk keperluan perbaikan karburator mobil tersedia dengan lengkap. Jangan sampai apabila sudah ditengah jalan, ternyata ada alat atau bahan yang kurang sehingga pekerjaan kita didalam memperbaiki karburator pada mobil akan terganggu.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Dijalan Tol Dengan Aman dan Nyaman

Alat-alat yang dibutuhkan untuk keperluan servise karburator:

  1. Obeng jenis minus
  2. Kunci yang digunakan untuk melepas baut dan mur pada karburator. Anda harus mempersiapkan kunci dengan ukuran dari 10 sampai dengan 15 mm
  3. Cleaner atau cairan yang digunakan untuk membersihkan karburator. Apabila anda tidak memilikinya, anda bisa menggantinya dengan bensin.

Langkah-langkah didalam proses service atau memperbaiki karburator mobil cukuplah lama. Oleh sebab itu tentunya anda harus mempersiapkan waktu selonggar mungkin supaya pekerjaan anda didalam membersihkan karburator mobil bisa langsung selesai atau tuntas tanpa meninggalkan PR.

Berikut ini adalah tahapan demi tahapan yang bisa anda kerjakan didalam memperbaiki karburator mobil:

  1. Langkah pertama, silahkan anda lakukan pelepasan secara berurutan pada bagian kabel kelistrikan yang menuju ke aki/baterai/accu, lalu silahkan anda buka bagian penutup komponen filter atau saringan udara, termasuk adalah pada bagian rumahnya.
  2. Silahkan anda buka bagian selang, dimana bagian tersebut terhubung pula ke bagian karburator (yaitu ke bagian selang karburator dan komponen lainnya), termasuk juga ke bagian kabel gas serta juga kabel yang lain yang semuanya terhubung ke karburator.
  3. Anda bisa mulai mengangkat karburator dari bagian manipold setelah semua bagian mur baut pada dudukan karburator berhasil dibuka.
  4. Setelah semua bagian dari karburator mobil dilepaskan, maka tahapan berikutnya adalah proses pembersihkan karburator dengan memakai cairan cleaner atau bensin.
  5. Apabila anda sudah menyelesaikan 4 tahapan diatas, maka tahapan berikutnya adalah melakukan pembersihan bagian dalam karburator mobil dengan memakai semprotan angin memakai kompressor angin. Pembersihakn tersebut berguna untuk menghilangkan berbagai macam sisa kotoran dan sisa cairan cleaner mapun cairan bensin sampai dengan bersih.
  6. Setelah anda menyelesaikan proses pembersihakn karburator, tahapan berikutnya silahkan anda rakit ulang karburator seperti sebelum anda melakukan pembongkaran.
  7. Pasang ulang karburator pada bagian manifold, termasuk bagian selang dan juga kabel yang sebelumnya sudah menempel.
Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Honda Freed

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada proses berbaikan karburator mobil adalah pada saat anda membersihkan komponen karburator, maka anda harus mengingat-ingat komponen tersebut supaya pada proses pemasangan atau perakitan ulang tidak terjadi proses pertukaran yang tentunya bisa mengakibatkan dampak yang cukup fatal.

Sekian tutorial singkat mengenai cara memperbaiki karburator mobil dengan sangat mudah yang bisa saya ulas pada postingan kali ini. Semoga saja tutorial ini bisa menambah wawasan anda didalam melakukan perbaikan pada karburator mobil yang mengalami masalah. Terima kasih dan salam sukses untuk anda, semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *