Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Memperbaiki Karburator Motor Tanpa Modal

Cara Memperbaiki Karburator Motor Tanpa Modal

Berbicara mengenai cara memperbaiki karburator motor yang rusak tanpa modal memang kadang kala tidak masuk akal. Istilah tanpa modal disini bukan berarti semua biaya bisa gratis, namun biaya proses perbaikan karburator tersebut bisa diminimalisir karena proses perbaikannya bisa dikerjakan sendiri tanpa membawa ke tempat reparasi. Kita cukup membeli beberapa part yang mengalami kerusakan saja. Selain biayanya yang murah, berdasarkan pengalaman beberapa komponen atau part dari karburator memiliki harga yang relatif murah, apalagi jika bisa bisa mendapatkan yang KW nya, he….

Cara Memperbaiki Karburator Motor Tanpa Modal

Beberapa penyebab utama yang bisa menyebabkan karburator sepeda motor cepat rusak adalah karena kegiatan service yang terlalu sering. Bagian karburator yang cepat rusak akibat keseringan service adalah sleknya mur yang berguna untuk mengunci mangkuk bahan bakar. Kerusakan mur tersebut akan lebih cepat lagi jika pada saat mengencangkan posisi murnya tidak lurus yang akan menyebabkan drat mur akan rusak dan tentunya akan menyebabkan bahan bakar bisa keluar dari sela-sela bagian tersebut dan akhirnya bocor. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti bagian bautnya, namun kadang baut yang cocok sulit untuk ditemukan. Kita harus telaten didalam mencarinya di toko-toko onderdil sepeda motor.

Solusi lain untuk mengatasi drat mur yang sudah rusak dan bahan bakar bocor karena drat mur yang rusak adalah dengan menggunakan bahan berupa alumunium foil atau sil selotip yang memiliki warna putih. Anda juga tentunya bisa memanfaatkan kaleng tipis bekas kemasan minuman ringan. Cara menggunakannya adalah dengan memotong plat kaleng minuman ringan dengan ukuran sekitar setengah dari ukuran skrup. Potongan plat kaleng tersebut kemudian diganjalkan pada bagian rumah/tengah drat mur. Setelah itu, silahkan dicoba untuk dimur kembali. Dijamin mur akan bisa terpasang dengan kuat dan kebocoran bahan bakar akan hilang.

Kerusakan per atau pegas sekrup udara yang lemah

Bagian sekrup yang berguna untuk menyetel udara tentunya sudah dibekali dengan per jenis perenggang yang memiliki fungsi supaya kondisi sekrup bisa di setting sesuai dengan keinginan pengguna. Settingan ini biasanya dengan memanfaatkan tenaga balik yang ditimbulkan oleh per itu sendiri. Apabila pegas sudah mulai lemah atau kendur, maka skrup akan oblak yang biasanya setting dari sekrup tersebut akan sulit untuk dilakukan.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Led Pada Motor

Agar kondisi per tetap bisa merenggang dengan kuat, maka per tersebut harus kita potong sebanyak satu bagian ulir, kemudian ditarik menggunakan alat tang. Teknik tersebut diterapkan pada karburator sepeda motor jenis sport yang mana biasanya memiliki per dengan ukuran lebih besar. Alternatif per jenis lain adalah dengan menggunakan per atau pegas dari bolpoin yang sudah tidak dipakai.

Pada bagian sekrup pengatur udara juga ada part yang bernama o-ring perapat yang apabila sudah berumur lama biasanya akan mudah rusak atau getas. Disamping karena ukurannya yang kecil, bagian tersebut juga kadang kala mudah hilang. Jika bagian tersebut sudah hilang maka skrup akan menjadi kendur. Untuk mengatasi permasalah tersebut, kita bisa menggunakan karet bekas ban sebagai alternatifnya.

Cara memanfaatkan karet ban bekas untuk menggantikan o-ring adalah dengan memotong dengan bentuk seperti cincin bulat. Untuk ukuran, anda bisa menyesuaikan dengan ukuran skrup, dengan tujuan agar kondisinya benar-benar rapat. Supaya lebih rapat lagi, anda bisa membuat cincin tersebut sebanyak 3 lapisan. Selain rapat, tentunya sekrup bisa terpasang dengan kokoh dan kuat.

Bagian paking karton mangkuk rusak

Bagian mangkuk bahan bakar pada karburator sudah dibekali dengan paking, dimana bagian tersebut berguna supaya pada saat dipasangkan dengan bagian utama karburator bisa terpasang rapat dan tentunya tidak mengalami kebocoran. Bahan dari paking ini adalah dari bahan setipe kertas, namun sedikit lebih kuat. Hanya sayangnya jika kita tidak hati-hati dalam proses pembongkaran karburator bagian ini justru akan lebih mudah sobek.

Apabila anda menemukan kesulitan untuk mendapatkan pengganti bagian paking ini karena keterbatasan waktu, maka tentunya ada solusi gratisnya. Silahkan anda gunakan kertas karton bekas. Supaya lebih tipis, anda bisa menggunakan kertas karton gambar. Cara membuatnya, anda cukup memotong kertas karton tersebut dengan model sesuai dengan bentuk paking yang rusak. Apabila ingin lebih rapat lagi, anda bisa memasang paking dari karton tersebut digabungkan  dengan paking asli yang sudah rusak tersebut, namun masih bisa dipasang. Setelah itu, silahkan anda kunci kembali menggunakan skrup yang sudah disediakan.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Matic

Melakukan pemotongan pada bagian per skep

Tahapan ini biasanya dikerjakan apabila kondisi per skep karburator sudah mulai kendor atau lemah. Lemahnya per skep akan membuat tendangan balik per menjadi lebih pelan dan tidak bertenaga. Dengan demikian putaran gas yang agak berat akan dirasakan oleh pengguna sepeda motor. Putaran gas yang agak berat tersebut tentu akan berakibat pada sepeda motor yang sulit untuk diajak ngebut dan ber akselerasi. Langkah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memotong per skep sebanyak kurang lebih 3 ulir, kemudian direnggangkan kembali menggunakan tang. Hati-hati dalam proses merenggangkan, jangan sampai over. Perkiraan panjang pegas setelah dilakukan perenggangan adalah pengas tersebut harus kelihatan kurang lebih setengah bagian dari total panjang keseluruhan. Tujuannya tidak lain agar skep karburator lebih enak ditarik.

Bagian o-ring spuyer yang hilang

Bagian jarum spuyer yang ada didalam karburator dilengkapi dengan part yang namanya o-ring perapat dengan bahan dasar karet. Bentuk dari part ini sangat kecil dan berwarna hitam. Posisinya berada pada bagian ulir main jet. Bagian o-ring ini adalah supaya tidak terdapat celah. Hanya sayangnya, karena bentuknya yang sangat kecil dan warnanya yang hitam menyebabkan bagian ini mudah sekali hilang pada saat servise karburator sepeda motor. Pengaruh dari hilangnya part o-ring ini adalah bagian jarum spuyer tidak bisa terpasang dengan rapat bersama dinding karburator dan juga akan mengakibatkan bahan bakar akan menyemprot dengan tidak akurat. Efek akhirnya adalah performa dari ekselerasi sepeda motor akan menuruh drastis.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Yamaha

Kadang kala untuk mendapatkan pengganti dari part o-ring ini agak susah lantaran jarang toko onderdil yang menjualnya. Solusi jitunya adalah dengan menggunakan bagian korek api gas yang namanya o-ring juga. Untuk melepas o-ring korek api gas, anda harus membongkar keseluruhan bagian korek api tersebut. Anda bisa menggunakan tang penjepit untuk lebih memudahkan didalam proses mengangkat o-ring bekas korek. Setelah anda berhasil mendapatkan o-ring bekas, silahkan anda pasang pada bagian spuyer dan berikan sedikit pelumas.

Menambahkan bagian lubang pernafasan karburator

Pada bagian mangkuk karbu, bisa dipastikan ada bagian saluran pernafasan yang berguna untuk mengatur tekanan udara supaya tetap sama antara bagian dalam dengan bagian luar karburator. Kondisi tersebut tentunya akan membuat aliran bahan bakar yang lewat spuyer lebih lancar. Pada beberapa jenis sepeda motor biasanya lubang angin untuk pernafasan ini hanya dilengkapi satu saja, sehingga apabila lubang pernafasan tersebut mengalami sumbar, maka tekanan udara didalam dengan diluar karburator akan terganggu, dan tentunya akan berefek pada aliran bahan bahar yang semakin tidak lancar.

Untuk membuat lubang pernafasan tambahan ini bisa dilakukan dengan cukup mudah. Siapkan saja bor dengan ukuran mata bor 1 mm. Silahkan anda buat lubang tambahan. Namun harus hati-hati. Pembuatan lubang tambahan ini jangan sampai melewati pada bagian dinding rumahan skep karburator. Lakukan saja dengan pelan-pelan.

Sekian bahasan singkat mengenai Cara Memperbaiki Karburator Motor tanpa modal yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini. Dengan memahami materi diatas, diharapkan anda memiliki ketrampilan khusus didalam proses perbaikan karburator sendiri, sehingga nantinya anda tidak perlu membeli karburator baru pada saat karburator sepeda motor anda mengalami kerusakan. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *