Home / Hardware / Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Tanpa Ke Tempat Servis

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Tanpa Ke Tempat Servis

Pusing juga rasanya Memperbaiki Keyboard Komputer yang rusak karena harus dilakukan diagnosa terlebih dahulu dan tentunya akan membuat pekerjaan kita menjadi terhambat. Oleh sebab itulah ada pepatah mengatakan bahwa lebih baik menjaga dari pada mengobati. Hal tersebut tentunya sangat cocok bagi kita untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Tanpa Ke Tempat Servis

Bagian utama dari komputer yang paling sering membuat kita bingung  pada saat mengalami kerusakan adalah keyboard. Keyboard merupakan salah salah satu bagian vital yang sangat penting. Hampir seluruh proses input pada komputer dilakukan dengan komputer. Tentunya sangat repot bagi kita apabila keyboard komputer rusak, karena kita tidak akan bisa menggunakan komputer tersebut walaupun hanya keyboard komputer yang rusak.

Proses Memperbaiki Keyboard Komputer yang mengalami kerusakan disesuaikan dengan jenis kerusakan yang terjadi. Beberapa contoh permasalah yang sering kali dialami oleh sebuah keyoboard adalah tombol-tombol yang pada terlepas, keyboard yang tidak bisa terdeteksi oleh komputer, hingga beberapa tombol keyoboard komputer yang tidak bisa ditekan.

Berikut adalah Memperbaiki Keyboard Komputer dengan cukup mudah:

Adapun beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk Memperbaiki Keyboard Komputer diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon

Lakukan pengecekan pada port atau konektor komputer

Proses pengecekan awal yang perlu dilakukan ketika keyboard tidak terdeteksi adalah dengan mengecek port atau konektor pada komputer. Silahkan anda lakukan pengecekan pada sambungan kabel dari keyboard menuju ke komputer. Pada beberapa kasus, port atau konektor yang longgar biasanya menjadi penyebab utama sebuah keyboard tidak terdeteksi. Silahkan anda lakukan pengecekan dengan teliti dan hati-hati agar permasalahan keyboard komputer yang tidak terdeteksi bisa terselesaikan. Apabila anda sudah berhasil memperbaiki port atau konektor yang longgar tersebut, namun keyboard tetap belum bisa terdeteksi, maka jalan lain yang bisa anda tempuh adalah degan mengganti keyboard baru.

Silahkan lakukan pembersihan debu dan kotoran dari keyboard

Debu adalah salah satu penyebab dari tombol-tombol keyboard pada komputer tidak bisa bekerja pada saat ditekan. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, tentunya bisa dikerjakan dengan membersihkan debu dan kotoran yang melekat pada keyboard. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, anda bisa melepas terlebih dahulu tombol keyboard. Untuk lebih memaksimalkan kegiatan bersih-bersih keyboard, silahkan anda gunakan vakum cleaner atau kuas kecil yang memiliki serabut halus. Tujuannya agar debu yang ada dibagian tidak terjagkau bisa dibersihkan dengan baik.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Mati Total Secara Lengkap

Pastikan baterai keyboard dalam kondisi baik

Teknologi keyboard wireless (tanpa kabel) menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya. Keyboard wireless tersebut tentunya bisa terlihat lebih elegan dan lebih rapi karena bisa bekerja tanpa menggunakan kabel. Apabila baterai tersebut melemah atau habis, maka tentunya keyboard tersebut tidak bisa bekerja.

Agar keyboard wireless bisa bekerja dengan baik, maka anda perlu melakukan proses pengecekan dengan rutin daya baterai yang digunakan pada keyboard wireless. Alangkah baiknya anda melakukan penggantian secara rutin baterai agar keyboard wireless bisa bekerja secara optimal. Dengan mengganti baterai keyboard secara rutin, anda juga akan mendapatkan performa yang terbaik dari keyboard wireless serta tidak perlu repot-repot mengeceknya secara rutin.

Silahkan update driver keyboard yang sudah usang

Apabila beberapa langkah diatas tidak bekerja dan keyboard komputer anda tetap bermasalah, silahkan anda install ulang driver pada keyboard komputer. Walaupun bukan satu-satunya jalan, namun melakukan install ulang dan update driver keyboard akan bisa membuah bekerja kembali. Mengapa driver keyboard perlu diupdate? Hal tersebut dikarenakan driver keyboard komputer yang “out of date” tidak akan bisa membuat keyboard bekerja secara maksimal, bahkan bisa jadi tidak bekerja sama sekali.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Cara update driver keyboard komputer:

  1. Langkah pertama, silahkan anda klik kanan menu “My Computer”
  2. Pilih menu “Device Manager”
  3. Silahkan klik dua kali menu “Keyboard”
  4. Silahkan anda pilih menu “Update Driver Software”
  5. Silahkan lanjutkan dengan memilih menu “Search Automatically for updated driver software”
  6. Tunggu beberapa saat hingga windows menyelesaikan proses update driver keyboard komputer.

Apabila langkah update driver keyboard komputer diatas tidak bekerja, maka anda bisa mencoba untuk memilih menu “Uninstall” driver keyboard lalu melakukan restart ulang komputer. Setelah itu, biasanya driver keyboard akan terinstall dengan yang terbaru apabila komputer terkoneksi dengan internet.

Sekian tutorial singkat mengenai Cara Memperbaiki Keyboard Komputer yang bisa anda terapkan untuk berbagai macam jenis komputer, mulai dari komputer dekstop, notebook hingga netbook. Anda cukup mencoba tahap demi tahap diatas hingga mendapatkan hasil sesuai denga keinginan. Terima kasih dan selamat mencoba. Semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Utama RAM

Fungsi Utama RAM Yang Perlu Dipahami Oleh Setiap Pemakai Komputer

Sebelum kita membahas fungsi utama RAM, perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa RAM adalah salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *