Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Kipas Radiator Mobil Tanpa Ke Bengkel

Cara Memperbaiki Kipas Radiator Mobil Tanpa Ke Bengkel

Halo, selamat datang pembeli di blog inanesia.com. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara memperbaiki kipas radiator mobil secara mudah dan lengkap tanpa perlu repot-repot pergi ke bengkel. Kondisi kerusakan kipas radiator memang cukup beragam. Salah satunya adalah kondisi dimana kipas radiator rusak dan mati. Kipas merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk menjaga suhu mesin tetap stabil.

Cara Memperbaiki Kipas Radiator Mobil

Apabila kondisi kipas radiator sedang mengalami permasalahan, maka ditakutkan nantinya suhu mesin mengalami overheat, sehingga bisa mengakibatkan bagian silinder head melengkung yang disebabkan oleh pemuaian. Tentunya, apabila suhu mesin selalu dalam kondisi overheat, maka tentunya bisa potensi membuat kondisi mesin mobil mengalami rusak parah dan pada akhirnya dilakukan proses turun mesin.

Kita tidak boleh mengabaikan kondisi di mana kipas radiator yang berhenti bekerja atau mati. Lakukan perbaikan segera pada kipas radiator dengan cara membawa mobil anda tersebut ke bengkel atau dicoba untuk diperbaiki sendiri. Lalu apa yang terjadi ketika kipas radiator berhenti bekerja namun tidak ada proses penurunan suhu yang dilakukan pengendara? Apabila hal tersebut terjadi, maka silahkan anda simak cara memperbaiki kipas radiator mobil tanpa ke bengkel.

Adapun beberapa hal yang bisa menyebabkan kipas radiator pada mobil mati adalah sebagai berikut:

1. Rusaknya bagian sensor water temperatur.

Anda bisa mencoba memperbaiki sendiri masalah pada sensor water temperatur. Namun, apabila anda tidak sanggup untuk memperbaikinya, maka anda bisa segera membawa mobil anda ke bengkel langganan.penyebab utama dari rusaknya bagian sensor water temperatur adalah karena umur pemakaian yang memang sudah cukup lama.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Dasbor Mobil Secara Umum

2. Rusaknya bagian relay motor fan.

Apabila bagian dari relay motor fan tidak berfungsi, maka tentunya motor fan juga tidak akan bisa berputar. Biasanya, apabila pada bagian soket relay terminal nomor 87 dan 30 di hubungkan, maka secara otomatis motor fan akan berputar sendiri walaupun tanpa kita memutar kunci kontak ke posisi on.

3. Adanya bagian socket yang kotor maupun bagian kabel yang terputus.

Habisnya bagian brush yang ada di dalam motor fan. Ciri-ciri dari kondisi ini adalah motor fan kadangkala berputar, namun kadangkala juga tidak. Habisnya bagian beras biasanya dikarenakan bagian ini mengalami pergeseran dari armature, sehingga mengakibatkan bagian brush lama-kelamaan akan berkurang dan akhirnya tidak bisa menyentuh bagian armature dan pada akhirnya tenaga listrik tidak akan bisa disalurkan ke bagian kumparan sehingga berakibat bagian motor fan tidak bisa berputar.

4. Terbakarnya bagian kumparan pada motor fan

Untuk memperbaiki bagian kumparan di motor fan yang terbakar, maka anda harus mempersiapkan dulu kunci ring nomor 10 dan nomor 8, alat untuk mengetes lampu atau testestlamp, dan seutas kabel untuk digunakan sebagai jumper apabila diperlukan. Anda juga bisa mempersiapkan obeng jenis min.

Berikut ini adalah cara memperbaiki kipas radiator mobil yang mati:

1. Tahapan pertama,

Silahkan anda buka bagian box relay dan fuse atau sikring yang rata-rata terletak di dekat bagian api. Kemudian, silahkan anda balik bagian penutup boxnya, selalu silahkan anda temukan bagian relay motor fan. Apabila anda sudah berhasil menemukannya, silakan anda cabut bagian relay tersebut,kemudian silakan anda jumper terminal nomor 87 dan 30 yang ada pada box relay. Setelah tahap itu, silakan anda lakukan pengamatan pada bagian motor fan.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Mobil Mogok Sulit Untuk Distarter

Apabila pernyataan motor bisa berputar, maka dimungkinkan letak kerusakan disebabkan oleh bagian relai yang rusak atau bagian sensor temperatur yang rusak. Untuk mengatasi masalah ini, tentunya anda bisa mengganti relay. Apabila setelah anda mengganti oli ternyata kondisi kipas radiator tetap sama, maka proses berikutnya adalah melakukan penggantian pada bagian sensor water temperatur.

2. Tahapan kedua,

Apabila di tahapan pertama tidak ada hasil yang ditunjukkan, maka tentunya kita bisa mendiagnosa bahwa kerusakan tersebut dikarenakan adanya kemungkinan motor fan yang sudah mati, kabel yang terputus, atau mungkin kendornya soket. Untuk melakukan pengecekan ini, dalam posisi tetap di jumper untuk terminal 87 dan 30 pada relay, silahkan anda lakukan pengetesan pada bagian soket yang mengarah ke motor fan dengan memakai test lamp. Jika pada pengecekan ini ditemukan bahwa test lamp menyala, maka tentunya bisa disimpulkan bahwa letak kerusakan ada pada bagian motor fan. Namun, apabila pada proses test lamp ini tetap mati, maka proses pemeriksaan selanjutnya mengarah pada bagian socket dan juga kabel-kabel yang ada.

3. Tahapan ketiga,

Apabila pada proses pengecekan test lampdi atas tidak berhasil maka tentunya anda bisa melakukan proses overhaul pada motor fan. Langkah untuk mengawali kegiatan overhoul pada motor fan adalah dengan melepas bagian motor fan tersebut dari mobil memakai kunci ring 10. Selang radiator juga perlu anda lepaskan apabila ternyata ada bagian selang yang mengarah ke motor fan. Setelah itu, silahkan anda gunakan kunci ring 8 untuk melepas kipas. Selanjutnya, silakan anda lepas bagian motor fan dari tempatnya, lalu lanjutkan dengan proses pembongkaran dengan terlebih dahulu melakukan pembebasan bagian pengunci memakai obeng min.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Body Mobil Penyok Dengan Cepat

Setelah keseluruhan bagian terbongkar, silakan anda amati apakah masih tersisa bagian brush atau sudah habis. Apabila ternyata ditemukan bahwa bagian brush sudah habis, maka silahkan ganti bagian brush tersebut dengan yang baru. Pada beberapa tipe mobil kadang kala membutuhkan proses penyolderan. Silakan anda lakukan pengamatan juga pada bagian kumparan, pastikan bahwa bagian tersebut masih utuh dan tidak terbakar. Namun, apabila terjadi kebakaran pada bagian kumparan maka tentunya kita harus melakukan proses penggulungan ulang bagian spul atau kumparan tersebut.

Untuk melaksanakan proses perbaikan kipas radiator mobil tanpa ke bengkel tentunya membutuhkan kesabaran di dalam mengerjakannya. Berbagai macam diagnosa perlu anda lakukan dengan teliti supaya kesalahan di dalam menyimpulkan permasalahan bisa diminimalisir. Mudah-mudahan artikel kali ini mengenai cara memperbaiki kipas radiator mobil bisa berguna dan bermanfaat bagi anda yang sekarang ini mungkin saja mobilnya sedang bermasalah pada bagian kipas radiator. Apabila anda mengalami kesulitan di dalam mempraktekkan tutorial di atas, maka sebaiknya anda membawa mobil ke bengkel langganan supaya bisa ditangani oleh ahlinya berhenti terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *