Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak

Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak

Pengetahuan mengenai cara memperbaiki kiprok motor yang rusak sangat penting dimiliki oleh setiap pengguna sepeda motor, terutama bagi yang senang melakukan proses perbaikan sepeda motor sendiri. Dengan mengetahui cara memperbaiki kiprok sepeda motor yang rusak, maka tentunya kita bisa lebih mengefektifkan waktu didalam proses reparasi kiprok. Selain itu, proses penghematan biaya juga tentunya bisa kita dapatkan.

Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak

Fungsi dasar dari kiprok sepeda motor adalah untuk mengatur dan membagi sistem kelistrikan yang ada pada sepeda motor. Secara umum, pada sepeda motor terdiri dari 2 bagian kelistrikan, yaitu kelistrikan DC dan kelistrikan AC. Kelistrikan DC pada sepeda motor meliputi bagian pengecesan pada baterai atau AKI, sedangkan kelistrikan AC meliputi suplay arus listrik ke lampu utama dan beberapa lampu sein. Namun tentunya sistem kerja dari kiprok ini menyesuaikan dari teknologi sepeda motor. Ada beberapa sepeda motor yang sudah menggunakan full wave arus DC dimana kelistrikan motor seluruhnya sudah menggunakan arus listrik DC, sehingga sistem kerja kiprok pada sepeda motor tersebut hanya mengatur sistem charger ke baterai atau AKI sepeda motor.

Mengingat pentingnya fungsi kiprok membuat kondisi kiprok harus tetap terjaga dalam kondisi baik. Apabila kiprok dalam kondisi tidak maksimal, maka tentunya sistem kelistrikan pada sepeda motor akan terganggu. Oleh sebab itu ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu beberapa efek yang ditimbulkan dari kerusakan kiprok.

Baca Juga:   Cara memperbaiki motor injeksi yang mati

Ciri-ciri kiprok sepeda motor mengalami kerusakan

  1. Nyala lampu sepeda motor lebih redup dari biasanya, walaupun bohlam lampu sudah diganti dengan yang baru
  2. Kondisi kiprok cepat panas ketika sepeda motor sudah dihidupkan.
  3. Aki sering tekor walau tidak digunakan untuk menghidupkan beban yang berat, misalnya lampu HID maupun klaksok jenis keong.
  4. Pada point yang ke 3, walaupun aki/baterai sudah diganti dengan yang baru, dalam jangka waktu yang cukup dekat, aki kembali tekor, biasanya tidak bisa digunakan untuk menyalakan mesin sepeda motor menggunakan elektrik starter.

Apabila kondisi sepeda motor anda mengalami hal seperti beberapa kasus diatas, maka anda bisa mencurigai bahwa kiprok sepeda motor anda mengalami kerusakan. Untuk memastikan bahwa kiprok sepeda motor anda rusak, maka anda harus membukanya terlebih dahulu baru kemudian memperbaikinya. Untuk bisa memperbaiki kiprok sepeda motor, maka anda harus menyediakan beberapa alat kerja.

Peralatan untuk memperbaiki kiprok sepeda motor yang rusak

  1. Obeng untuk membuka body sepeda motor
  2. Multimeter
  3. Penyedot timah/tinol solder
  4. Gunting/cutter (optional menyesuikan kebutuhan)

Setelah anda mempersiapkan seluruh kebutuhan peralatan diatas, maka proses perbaikan kiprok sepeda motor bisa dimulai. Jangan lupa berdoa dulu supaya proses perbaikan kiprok bisa berjalan dengan lancar sekaligus berhasil.

Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak

Langkah pertama, silahkan anda temukan dulu posisi kiprok pada sepeda motor anda. Ingat, setiap jenis sepeda motor memiliki posisi yang berbeda. Apabila anda ragu, anda bisa mengetahui posisi kiprok sepeda motor yang meminta bantuan ke google tentunya. Anda cukup ketik kata kunci “letak kiprok sepeda motor….” di google image, maka dalam waktu yang relatif singkat anda akan diberikan informasi menggunakan gambar lokasi dari kiprok sepeda motor.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Led Pada Motor

Langkah berikutnya, silahkan anda cek terlebih dahulu kondisi soket/kaki-kaki dari kiprok, pastikan bahwa tidak ada soket yang longgar atau kendor. Jangan terburu-buru membongkar kiprok. Apabila ada soket/kaki-kaki yang kendor, silahkan anda kencangkan dan silahkan uji coba dengan menyalakan sepeda motor. Gunakan untuk menyalakan lampu utama pada sepeda motor. Apabila nyala lampu sudah terang kembali, berarti masalah hanya pada soket kiprok. Namun, apabila nyala lampu masih redup, maka kita bisa melanjutkan ke proses perbaikan selanjutnya.

Pada tahap berikutnya adalah proses pembongkaran kiprok. Silahkan anda congkel pada bagian bawah kiprok untuk membuka penutupnya. Dalam kiprok terdiri dari beberapa komponen elektronika, mulai dari kapasitor, resistor, transistor dan dioda. Komponen-komponen itulah yang bertugas untuk mengatur sistem secara keseluruhan pada sepeda motor. Apabila salah satu komponen tersebut mengalami kerusakan, maka tentu saja fungsi dari kiprok akan terganggu.

bagian dalam kiprok sepeda motor

Cara cek komponen didalam kiprok sepeda motor

  1. Tahap pertama, silahkan anda perhatikan seluruh bagian pada kiprok dengan teliti, terutama pada bagian kaki-kaki komponen elektronikanya. Perhatikan warnanya, apakah ada yang gosong atau tidak. Apabila ada komponen yang gosong, maka anda bisa segera menggantinya dengan yang baru.
  2. Lepas komponen eketronika dengan terlebih dahulu menghilangkan timah solder yang ada pada bagian bawah komponen supaya lebih mudah di lepas.
  3. Apabila anda tidak menemukan komponen elektronika yang gosong/berubah warna, silahkan anda mulai melalukan pengecekan satu per satu komponen yang ada. Secara umum, komponen elektronika yang baik akan ditunjukan dengan jarum ohm meter yang bergerak ketika dilakukan pengukuran.
  4. Ketika jarum penunjuk ohm meter diam/tidak bergerak pada saat komponen elektronika di kiprok sepeda motor diukur, maka komponen tersebut dapat dicurigai mengalami kerusakan.
  5. Silahkan anda coba ganti komponen-komponen yang dicurigai mengalami kerusakan tersebut sambil dilakukan uji coba fungsi kiprok tersebut dengan cara menyalakan mesin sepeda motor.
  6. Apabila segala usaha mengganti komponen-komponen elektronika di atas tidak membuahkan hasil, maka langkah termudah adalah dengan mengganti kiprok sepeda motor dengan yang baru. Dengan teknik seperti itu, maka kita tidak perlu repot-repot didalam mengganti komponen-komponen elektronika didalam kiprok.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Vespa Matic 150 3v

Sekian pembahasan mengenai Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak dengan mudah dan cepat tanpa harus membawanya ke bengkel. Dengan memahami cara memperbaiki kiprok sepeda motor sendiri, kita juga tentunya bisa menghemat waktu dan pengetahuan kita dibidang otomotif elektronika semakin meningkat.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

11 Komentar

  1. thanks cara dan tips nya ya, mau coba praktekin heheh

  2. Repot memang kalo kiprok motor yang rusak, seringkali orang salah analisis waktu motor ada masalah yang ada hubungannya dengan kiprok. Diduga aki soak ternyata kiprok bermasalah. thanks

  3. Terimakasih atas informasinya, hmmm sangat membantu sekali.

  4. Terima kasih mas gen…sangat membantu sekali…mau saya coba nih …motor mio tahun 2009 saya kiproknya rusak kalo ganti baru berapa yah gen…tksh

  5. mas bisa gak ngerakit lampu depan satria 2 tak tanpa kiprok??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *