Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

Teknik dan Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak memang sangat dibutuhkan pemahannya oleh setiap pengguna mobil. Apalagi koil merupakan komponen yang sangat penting pada mobil, karena komponen koil ini sangat berpengaruh terhadap sistem pengapian yang ada pada mobil. Koil pada mobil adalah salah satu bentuk metode pengapian sederhana. Komponen ini bertugas untuk menaikan tegangan yang berasal dari aki 12 Volt ke tegangan ribuan Volt. Tegangan sebesar itu nantinya akan disalurkan ke komponen busi guna membuat percikan api pada bagian ruang bakar.

Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

Lalu, apakah anda pernah mendengar istilah koil racing? Dimana letak perbedaan antara koil racing dengan kail standart? Berikut ini adalah pembahasannya.

Koil racing tentunya memiliki perbedaan pada sistem kerja dan fungsi jika dibandingkan dengan koil standart. Letak perbedaan mendasar pada koil racing dengan koil standart terdapat pada besaran angka tegangan yang bisa dikonversi. Pada koil racing mampu melakukan konversi besaran tegangan dari 50 ribu sampai dengan 100 ribu volt. Tujuan dari besaran angka konversi tegangan tersebut adalah supaya proses pembakaran bisa lebih sempurna didalam ruang bakar. Hal tersebut disebabkan oleh bunga api yang dihasilkan busi juga lebih besar.

Beberapa ciri-ciri koil rusak atau mati

Berikut ini akan inanesia.com sampaikan beberapa ciri yang menandakan koil pada mobil rusak atau mati, sehingga kita bisa melangkah untuk melakukan proses perbaikan pada koil mobil yang bermasalah tersebut.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki TV Mobil Yang Mengalami Mati Total
  1. Pada saat mobil digunakan untuk menempuh perjalanan yang jauh dan lama, maka akan terasa kurang optimal dari sisi tenaga mesinnya. Mobil akan terasa tersendat-sendat dan terasa berat tarikannya. Kadang kala mesin mati sendiri.
  2. Apabila terjadi kebocoran pada bagian koil, maka akan terlihat dari adanya bagian yang retak yang terdapat pada tepi atau pinggiran terminal koil.
  3. Pada kondisi mesin dingin, mobil akan sangat sulit untuk dihidupkan. Biasanya pada saat mobil lama tidak dihidupkan atau pada pagi hari.
  4. Mesin mobil akan segera mati apabila kondisi koil suhunya meningkat.
  5. Adanya efek boros bahan bakar, namun justru tenaga mesin mobil akan terasa sangat berkurang.
  6. Akibat adanya kebocoron pada bagian koil dan busi akan muncul percikan bunga api

Setelah anda paham dengan ciri-ciri koil mobil yang sudah rusak atau bahkan mati, mungkin muncul sebuah pertanyaan, apakah koil yang rusak atau mati tersebut bisa diperbaiki? Padahal jika harus diperbaiki namun lokasi tempat tinggal anda jauh dari bengkel pastinya akan sangat merepotkan. Cara memperbaiki koil mobil bocor tentunya berbeda tahapan dan langkah tentang Cara memperbaiki koil mobil yang rusak. Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi informasi tentang Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak yang tentunya bisa anda terapkan untuk sementara waktu.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Agya Dengan Memahami Fitur Yang dimilikinya

Perlu diketahui juga bahwa masalah koil pada mobil belum tentu dikuasai oleh teknisi mobil. Hal tersebut dikarenakan koil adalah sebuah sistem kelistrikan yang membutuhkan pengetahui di bidang listrik juga. Apabila teknisi belum kompeten dibidang kelistrikan mobil, maka tentunya akan merasa kesulitan didalam memperbaiki koil yang rusak atau mati. Lebih baik jika anda mencoba untuk memperbaiki sendiri, walaupun sifatnya tidak permanen.

Berikut ini adalah Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak namun bersifat sementara:

Perlu ditegaskan kembali bahwa teknik yang akan inanesia.com bahas sifatnya adalah sementara. Apabila teknik tersebut diteruskan dalam jangka waktu yang lama, dikhawatirkan akan bisa membuat rusak komponen mobil yang lainnya. Apabila kondisinya sudah sangat memungkinkan, maka lebih baik selekasnya anda lakukan penggantian koil dengan yang baru. Pilihkan koil yang berkualitas tinggi supaya lebih awet dan performa mesin juga ikut terjamin.

Motode yang digunakan adalah proses mencegah adanya loncatan bunga api yang menjadi penyebab mobil mengalami brebet baik pada bagian kabel busi, isolasi dan juga koilnya. Langkah pertama, silahkan anda lakukan pembersihan pada komponen tersebut. Selanjutnya, silahkan anda gunakan isolasi yang tebal dan memiliki warna hitam. Pastikan juga komponen yang retak atau terkelupas sudah tidak ada lagi pada koil. Setelah anda berhasil memasang ulang koil pada mobil, silahkan anda cek dengan cara menghidupkan mesin. Setelah anda mengerjakan tahapan tersebut, maka ada kemungkinan masalah koil yang menimpa mobil anda akan beres.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Remot Mobil Yang Tidak Berfungsi

Berapa harga koil yang dipakai pada mobil? Apabila terpaksa anda harus mengganti koil mobil, maka anda bisa terbelih dahulu mencari referensi tentang harga koil mobil tersebut. Tentunya, harga dari koil mobil sangat tergantung dari merek, tipe dan jenis mobil itu sendiri. Sebelum anda mencari produk di toko terdekat, alangkah baiknya anda hunting harga koil di toko online. Secara standart, harga koil memiliki harga 500 ribu rupiah.

Sekian bahasan singkat tentang Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak yang tentunya bisa anda coba praktekan sendiri dirumah guna menghemat pengeluaran anda pada proses reparasi kerusakan koil. Selain itu, dengan belajar Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak, anda tentunya bisa bertambah wawasan dan ilmunya pada bidang sistem pengapian mobil. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *