Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Memperbaiki Koil Motor Yang Mati

Cara Memperbaiki Koil Motor Yang Mati

Walaupun tidak mudah rusak, pengetahuan mengenai cara memperbaiki koil motor yang mati tentunya perlu untuk dipelajari dan diperdalam. Apalagi bagi pada penghobi dunia otomotif, pastinya sangat butuh ketrampilan mengenai cara memperbaiki koil sepeda motor yang rusak tersebut. Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu bahwa fungsi dari koil pada sepeda motor adalah berguna buat meningkatkan atau menaikan tegangan yang berasal dari aki atau baterai sepeda motor.

Cara Memperbaiki Koil Motor

Keluaran tegangan dari aki sepeda motor hanya berkisar 12 volt saja. Namun, setelah masuk ke koil, tegangan yang hanya sebesar 12 volt tersebut dinaikan menjadi 18.000 volt. Sebuah kenaikan tegangan yang sangat fantastik. Tegangan super tinggi output dari koil tersebut yang nantinya akan diumpankan ke busi motor dan nantinya oleh busi motor akan digunakan sebagai bagian dari proses pematikan didalam ruang bakar sepeda motor.

Karena fungsinya yang sangat penting tersebut, maka kondisi koil pada sepeda motor tidak boleh terganggu. Gangguan sedikit saja pada koil akan membuat sistem kerja dari sepeda motor menjadi terganggu. Lalu bagaimana caranya kita mengetahui apakah koil pada sepeda motor kita masih normal atau sudah mengalami masalah? Lalu bagaimana cara mengatasi koil pada sepeda motor yang mengalami masalah tersebut? Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai cara memperbaiki koil pada sepeda motor yang bermasalah atau bahkan mungkin sudah mati.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Karburator Motor Tanpa Modal

Cara mengenali gejala koil yang rusak atau mati:

Tahapan perdana yang wajib anda lakukan untuk kegiatan ini adalah proses mendiagnosa beberapa gelaja yang timbul akibar dari koil yang sudah rusak atau ada tanda-tanda yang mengarah pada kondisi hampir rusak.

  1. Part busi akan memiliki umur yang lebih pendek dari umur standart. Proses mengganti busi dengan busi baru tidak akan terlalu memnbantu masalah tersebut, karena walaupun sudah diganti dengan busi baru, busi tersebut akan tetap mati atau rusak dengan cepat.
  2. Apabila sepeda motor digunakan untuk menempuh jarak yang cukup jauh dan menimbulkan suhu mesin menjadi panas, maka biasanya mesin sepeda motor akan brebet. Namun, apabila sepeda motor digunakan pada jarak yang normal dan kondisi suhu mesin masih terjaga, maka kondisi mesin akan normal-normal saja.
  3. Pada kondisi mesin sepeda motor yang panas terlalu ekstrim, selain mesin menjadi brebet, apabila dipaksakan terus, maka mesin motor akan mati. Namun, apabila kondisi mesin sepeda motor dibiarkan terus, maka dalam kondisi dingin, mesin motor akan normal kembali.
  4. Pada proses pengecekan pada bagian tegangan dan arus listrik pada bagian yang berasal dari kabel busi, maka akan terjadi proses reduksi jarak yang cukup tinggi pada bagian loncatan arus listrik dan tegangannya.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Vixion Advance

Apabila beberapa kondisi diatas atau bahkan keseluruhan kondisi tersebut terjadi pada sepeda motor anda, maka sangat dimungkinkan kondisi koil motor sudah mengalami masalah atau bahkan sudah mati. Minimal, apabila pada proses pengecekan tegangan dan arus masih keluar angkanya, maka kondisi koil sudah melemah. Pada kondisi tersebut, solusi yang paling mudah tentunya adalah dengan mengganti koil baru. Lalu apakah ada alternatif sementara yang bisa kita tempuh untuk tetap bisa menggunakan koil sepeda motor tersebut? Tentunya ada dan berikut adalah caranya.

Cara memperbaiki koil motor yang mati atau bermasalah:

Seperti yang sudah dibahas dibagian depan, bahwa kondisi sepeda motor akan bermasalah ketika kondisi mesin dan koil sudah naik suhu pada angka yang cukup tinggi. Untuk menjaga kondisi koil sepeda motor supaya tetap bisa terjaga dalam kondisi dingin, maka silahkan anda gunakan kain yang sebelumnya sudah dibasahi menggunakan air. Akan tetapi cara ini hanya efektif apabila sepeda motor yang anda gunakan hanya menempuh jarak yang dekat-dekat saja. Untuk mengantisipasi apabila sepeda motor anda digunakan pada jarak yang cukup jauh, maka anda harus menyediakan stok air dingin yang cukup banyak. Apabila kondisi mesin dan koil sudah mulai memanas dan kondisi sepeda motor anda sudah mulai brebet, maka sudah saatnya anda mengganti air pada kain yang kemungkinan besar juga sudah naik suhunya.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Aki Motor Jenis Basah dan Kering

Alternatif lain yang bisa anda coba lalukan sebagai upaya cara memperbaiki koil motor yang mati atau rusak adalah dengan cara mempersempit celah pada bagian kelapa busi anda. Tujuan dari proses merapatkan celah busi adalah supaya arus listrik yang masuk bisa semakin kuat. Anda harus memastikan bahwa komponen-komponen yang terkait dengan komponen koil semuanya bisa bekerja dengan normal.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara memperbaiki koil pada sepeda motor yang mati atau mengalami masalah. Mudah-mudahan artikel singkat tentang dunia otomotif ini bisa menambah ilmu pengetahui anda dibidang pengapian sepeda motor dan anda bisa menerapkan teknik di kehidupan sehari-hari. Terima kasih dan selamat mencoba. Semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *