Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Kompresor Ac Mobil Yang Berisik

Cara Memperbaiki Kompresor Ac Mobil Yang Berisik

Kompresor pada AC mobil yang mengeluarkan suara berisik atau mengalami kebocoran adalah salah satu permasalahan yang sering melanda pemilik mobil. Tentunya, permasalahan mengenai kompresor AC yang sudah tidak bisa bekerja secara normal akan menjadi masalah apabila dibiarkan berlarut-larut. Untuk itulah dibutuhkan cara memperbaiki kompresor AC mobil sehingga Anda bisa mencoba sendiri terlebih dahulu Untuk memperbaiki kompresor AC mobil sebelum anda membawanya ke bengkel AC mobil langganan anda. Bagian AC mobil dan kompresor AC adalah salah satu komponen pada mobil yang bisa dipastikan kerusakan seiring dengan durasi pemakaian AC sekaligus lamanya AC mobil dinyalakan.

Cara Memperbaiki Kompresor Ac Mobil

Metode yang biasanya banyak ditempuh supaya kompresor AC mobil bisa lebih awet adalah dengan memperbaiki teknik penggunaannya. Dengan Menggunakan AC secara wajar pada mobil tentunya akan membuat komponen kompresor juga awet. Sebelum kita membahas mengenai cara memperbaiki kompresor AC mobil yang rusak mengeluarkan suara berisik, ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu mengenai apa saja yang bisa menjadi penyebab rusaknya kompresor AC sehingga kompresor AC tersebut mengeluarkan bunyi berisik atau mengalami kebocoran.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada proses perawatan AC mobil:

1. kondisi oli kompresor

Supaya kompresor AC tidak mudah panas dan juga guna mereduksi gesekan-gesekan yang terjadi pada bagian tertentu pada AC, maka digunakan oli kompresor yang berfungsi sebagai pelumas. Apabila kondisi AC kekurangan oli kompresor, maka tentunya kinerja dari kompresor AC mobil akan semakin berat sehingga secara perlahan-lahan kompresor AC akan mengeluarkan bunyi. Beberapa penyebab utama yang membuat masalah oli kompresor menjadi berkurang Biasanya karena terjadi kesalahan proses pengisian pada oli kompresor. Selain itu, kompresor yang bocor juga menyebabkan oli kompresor berkurang, bahkan habis. Biasanya kebocoran yang terjadi pada kompresor bisa juga mengakibatkan freon menjadi berkurang bahkan habis. Rata-rata kebocoran ini terjadi pada bagian pipa atau seal.

Baca Juga:   Penyebab Dan Cara Memperbaiki Speedometer Mobil

2. Ausnya kondisi piston atau silinder

kondisi ini rata-rata terjadi pada mobil di mana perawatan AC nya sangat kurang atau mobil yang sudah berumur tua. Bisa dikatakan, kompresor AC yang berbunyi berisik disebabkan oleh komponen silinder atau piston yang sudah aus. Apabila kondisi ini terjadi pada mobil anda, maka langkah terbaik adalah melakukan penggantian kompresor AC dengan kompresor AC yang baru.

3. Longgarnya bagian thrust bearing

Pada saat kita melakukan pembongkaran bagian kompresor AC, maka anda harus melakukan pemasangan kembali dengan baik dan benar. Kadangkala, ketika kita melakukan pemasangan kompresor AC dengan posisi kurang tepat, maka akan mengakibatkan bagian trus bearing jadi longgar dan tentunya akan memberikan Efek bunyi pada bagian kompresor. Bunyi yang dihasilkan pada masalah ini dikarenakan ketidakstabilan bagian kompresor pada saat berputar bersama dengan mesin mobil.

4. Pemasangan yang tidak presisi pada bagian AS

Ada tipe AC jenis ND, di mana pemasangan yang tidak presisi pada bagian AS kompresor akan membuat bagian piston bergerak melampaui batas maksimalnya. Kondisi ini tentunya akan menyebabkan adanya benturan di bagian valve kompresor AC dan pada akhirnya akan membuat kompresor AC mengeluarkan bunyi berisik.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Mesin Mobil Pincang

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara memperbaiki kompresor AC yang rusak mengeluarkan bunyi berisik. Proses perawatan secara benar dan rutin tentunya merupakan salah satu jalan yang bisa diterapkan untuk men jaga supaya kondisi kompresor AC serta bagus dan tidak mengalami kerusakan, baik dari segi kerusakan mengeluarkan suara berisik maupun dari sisi terjadinya kebocoran. Memang, di antara pengguna mobil yang tidak memiliki keterampilan di bidang perbaikan kompresor AC akan membawa masalah tersebut ke bengkel langganan.

Dengan teknik seperti itu tentunya Anda harus mempersiapkan dana lebih guna membayar biaya sparepart dan jasa dari bengkel langganan anda. Salah satu hal terpenting di dalam proses perawatan AC mobil adalah Proses penggantian oli kompresor setelah jarak tempuh mobil mencapai 20.000 km. Semoga saja artikel diatas bisa berguna untuk anda dan masalah kompresor pada mobil anda yang mengalami kerusakan dimana mengeluarkan bunyi berisik atau mengalami kebocoran bisa segera teratasi. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati Dan Langkah Mengatasinya

Dapat dikatakan bahwa Lampu merupakan komponen yang sangat vital di dalam mobil, terutama pada saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *