Home / Tips dan Trik / Cara Memperbaiki Komputer Blue Screen Pada Windows 7

Cara Memperbaiki Komputer Blue Screen Pada Windows 7

Cara Memperbaiki Komputer Blue Screen atau BsoD (Blue Screen of Death) wajib untuk dipelajari setiap pengguna komputer. Hal tersebut disebabkan masalah blue screen sangat mengganggu pengguna komputer. Blue screen juga bisa muncul secara tiba-tiba baik pada saat komputer sedang beraktifitas tinggi maupun tidak. Ketika muncul blue screen, sudah pasti aktifitas komputer akan berhenti total.

Cara Memperbaiki Komputer Blue Screen Pada Windows 7

Munculnya blue screen memang sangat erat kaitannya dengan perangkat keras dan software driver pada setiap perangkat keras. Setiap munculnya blue screen akan selalu menunjukan kode permasalah yang dimiliki oleh perangat keras komputer. Dengan membaca kode permasalahan pada blue screen, maka kita bisa mendiagnosa sekaligus memperbaiki sumber permasalah dari perangkat komputer.

Berikut ini adalah Cara Memperbaiki Komputer Blue Screen pada Windows 7:

Tahapan pertama yang bisa ditempuh adalah dengan memperkirakan apa saja yang baru baru saja dilakukan pada komputer. Biasanya setelah kita menambahkan hardware baru atau baru saja menginstall software tertentu akan muncul blue screen apabila ada masalah pada penambahan tersebut. Jika setelah anda menambah hardware baru atau menginstall software baru muncul blue screen, maka bisa dipastikan sumber permasalahnya ada disitu. Anda bisa mencoba untuk melepas terlebih dahulu perangkat keras yang baru saja dipasang atau meng uninstall software aplikasi penyebab blue screen.

Untuk bisa mengembalikan ke setting sebelumnya, anda bisa memanfaatkan beberapa fitur yang disediakan oleh sistem operasi Windows, seperti fitur “Last Know Good Configuration” yangberguna untuk mengembalikan setting registry dan software driver yang sudah terinstall. Langkah untuk mengembalikan setting ke “Last Know Configuration” bisa melalui langkah:

  1. Restart komputer
  2. Tekan tombol “F8” sampai muncul pilihan menu untuk “Advanced Boot Options”
  3. Silahkan anda pilih menu “Last Know Good Configuration”
  4. Silahkan gunakan fitur “system restore” guna melakukan pembatalan pada perubahan sistem yang paling baru
  5. Anda juga bisa menggunaka fitur “Rool Back Device Driver” untuk mengembalikan settingan software driver ke waktu sebelum di update.

Bagian berikutnya yang bisa anda kerjakan untuk Memperbaiki Komputer Blue Screen Pada Windows 7 adalah memastikan space harddisk masing-masing partisi pada Windows masih cukup lega. Kerusakan pada partisi dan data akibat space harddisk yang semakin kecil bisa memacu munculnya blue screen. Bagian partisi yang harus diusahakan memiliki ruang yang lega adalah drive dimana anda menginstall sistem operasi Windows, biasanya terletak di drive C.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Menjadi Tinggi

Dari pihak microsoft juga sudah memberikan anjuran bahwa setidaknya anda menyediakan space kosong sebesar minimal 100 MB untuk drive dimana OS Windows terinstall. Namun alangkah baiknya jika kita bisa menyisakan space harddisk dengan kapasitas 15% dari total kapasitas yang dimilikinya.

Tahap berikutnya adalah dengan melakukan scan secara full pada harddisk komputer anda menggunakan antivirus yang sudah ter update. Beberapa varian virus akan mampu merusak bagian MBR atau master Boot Record. Rusaknya bagian data pada MBR sangat berpotensi menyebabkan blue screen pada Windows 7. Untuk bisa mengamankan bagian MBR dari serangan virus, pastikan antivirus anda benar-benar terupdate dengan database terbaru.

Apalagi yang harus dilakukan untuk mengatasi Komputer Blue Screen Pada Windows 7 ? lakukan instalasi secara penuh semua software service pack dan juga update yang disediakan oleh OS Windows 7. Tentunya, microsoft selalu merilis update software terbaru untuk memperbaiki bug-bug yang terjadi didalam OS Windows sehingga Windows anda akan semakina stabil dan aman serta bebas dari ancaman blue screen.

Lakukan update pada software driver perangkat keras anda secara total dan terbaru. Driver yang kadaluarsa atau expired sangat mungkin membuat komputer mengalami blue screen. Untuk itulah anda harus selalu mengupdate driver hardware dengan yang terbaru.

Apabila anda bingung didalam menganalisa letak penyebab dari blue screen, maka anda bisa melakukan pengecekan pada log sistem dan juga aplikasi yang terdapat pada bagian Event Viewer yang terdapat pada Windows Vista, 7 dan XP.

Jika anda pernah mengubah beberapa setting pada hardware, anda bisa mencoba mengembalikan ke settingan default pada bagian device manager. Namun, apabila anda ingin mempertahankan setting salah satu setting hardware, anda harus mencoba untuk mengembalikan setting hardware ke posisi default. Beberapa perubahan yang diluar standar sangat berpotensi membuat komputer Windows 7 blue screen.

Baca Juga:   Cara Membuat Windows 7 Menjadi Genuine Dalam 5 Menit

Tahap berikutnya silahkan anda coba kembalikan setting BIOS ke settingan default. Beberapa konfigurasi yang terlalu ekstrim, misalnya overclock terlalu tinggi akan membuat perangkat keras crash dan pada akhirkan komputer mengalami blue screen. Apabila anda sudah mensetting BIOS dan sayang kalo setingannya di kembalikan ke default, maka anda bisa mencoba untuk menurunkan nilai clock speed pada prosesor, termasuk bagian voltage atau tegangan pada prosesor.  Anda juga bisa mengembalikan setting default pada pengaturan RAM. Silahkan anda simak apakah cara ini bisa memperbaiki masalah blue screen pada komputer Windows 7 anda.

Langkah selanjutnya, silahkan anda memastikan bahwa semua pengkabelan pada bagian dalam komputer terpasang dengan benar, termasuk pemasangan kartu-kartu yang berada pada slot ekspansi. Pemasangan hardware yang tidak benar dan tidak kuat akan dengan mudah menyebabkan blue screen. Apabila anda tidak cukup yakin dengan pemasangan kartu pada slot ekspansi, silahkan anda cabut kartu tersebut, lalu pasang kembali dengan benar dan kuat. Pasang ulang juga beberapa pengkabelan, seperti pada kabel data, kabel power, kabel mouse dan juga kabel keyboard.

Untuk lebih meyakinkan anda didalam mengetahui penyebab munculnya blue screen, anda bisa melakukan beberapa jenis test pada hardware. Beberapa jenis test yang bisa anda coba untuk mengecek hardware komputer diantaranya:

  1. Pengetesan pada sistem RAM
  2. Pengetesan pada sistem storage device (Harddisk)

Apabila pada proses pengecekan tersebut mengalami kegagalan, maka sangat disarankan untuk mengganti harddisk dan RAM komputer anda supaya permasalah blue screen segera bisa teratasi.

Anda juga bisa melanjutkan dengan mengupdate sistem BIOS pada komputer anda. Walaupun jarang sekali terjadi BIOS yang expired menyebabkan blue screen tentunya tidak ada salahnya kita mengupdate BIOS agar software pada komputer bisa berjalan lebih stabil.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Dua Dengan Mudah dan Cepat

Untuk memastikan letak permasalah penyebab blue screen, anda bisa menjalankan dan menghidupkan komputer dengan perangkat yang penting-penting saja. Apabila komputer anda sudah bisa bekerja dengan normal, maka anda bisa menambahkan komponen-komponen lainnya sampai ditemukan sumber permasalah penyebab blue screen. Perangkat keras apa saja untuk bisa menjalankan komputer secara minimal? Hardware yang dibutuhkan meliputi mainboard, prosesor, harddisk drive, RAM, VGA Card, Keyobard dan monitor.

Lalu, bagaimana jika setelah anda cek ternyata hardware penting dan yang menjadi andalan anda yang justru mengalami masalah? Berikut adalah trik untuk mengatasinya:

  1. Silahkan anda ganti hardware yang bermasalah tersebut
  2. Lakukan update software firmware untuk hardware tersebut
  3. Anda harus memastikan bahwa hardware tersebut kompetibel dengan komputer milik anda
  4. Apabila dibutuhkan, anda bisa mendapatkan informasi lengkap lainnya dengan mengunjungi web resmi pembuat hardware tersebut

Bagaimana jika anda menemukan masalah blue screen bersumber dari software aplikasi yang anda install pada komputer? Berikut ini adalah tips mengatasinya:

  1. Install ulang software aplikasi yang ada pada komputer
  2. Silahkan anda cek dan lakukan update software aplikasi
  3. Silahkan anda cek juga developer untuk mendapatkan informasi lengkap lainnya
  4. Anda juga bisa mencoba software lain yang memiliki fungsi sama

Apakah komputer anda yang mengalami restart sesaat setelah komputer mengalami blue screen? Apabila hal tersebut terjadi pada komputer anda, maka tentunya anda akan merasa kesulitan didalam mengetahui penyebab dari blue screen tersebut. Untuk itu anda bisa menonaktifkan fitur restartotomatis pada saat komputer mengalami blue screen. Caranya adalah dengan mensetting pada bagian “System Failure Option” untuk OS Windows Vista, Windows 7 dan Windows XP.

Demikianlah ringkasan solusi mengenai Cara Memperbaiki Komputer Blue Screen yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini. Apabila anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, anda bisa mencari informasi tambahan lewat mesin pencari Google. Akhir kata, semoga tulisan sederhana ini bisa berguna untuk mengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Sekarang ini, smartphone yang sangat digandrungi dan diminati oleh para pengguna gadget adalah smartphone yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *