Home / Hardware / Cara Memperbaiki Komputer Error Sendiri Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Komputer Error Sendiri Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Komputer Error ini saya angkat berdasarkan pengalaman yang pernah dialami. Ceritanya dulu pada saat sedang diwarnet saya mencoba untuk melepas RAM komputer. Namun, setelah RAM tersebut dipasang kembali, ternyata komputer jadi error, tidak mau menyala dan hanya mengeluarkan bunyi beep berulang kali. Jika diingat, letak permasalahan kenapa komputer error walaupun RAM sudah dipasang adalah karena pemasangan RAM yang kurang kencang.

Cara Memperbaiki Komputer Error

Namun, pada saat itu karena ketidaktahuan mengenai Cara Memperbaiki Komputer Error, saya hanya diam seribu bahasa. Saya hanya berani untuk melepas kabel power saja dari stop kontak listrik supaya errornya tidak diketahui oleh orang lain. Untungnya pada saat itu kondisi warnet sedang sepi, sehingga kegiatan bongkar pasang RAM bisa dilakukan walaupun dengan rasa takut.

Baiklah, kembali ketahap bagaimana Cara Memperbaiki Komputer Error, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi ilmu mengenai tahapan demi tahapan memperbaiki komputer yang error yang mana jenis errornya juga cukup beragam.

Baiklah, sekarangkita mulai membahas berbagai macam error pada yang komputer yang kerap terjadi dan banyak dijumpai oleh pengguna komputer pada umumnya.

Komputer dengan tiba-tiba mati sendiri tanpa sebab yang jelas

Pastikan pemasangan power suply komputer terpasang dengan kuat dan benar. Pastikan seluruh soket ke berbagai perangkat sudah kuat pemasangannya. Pastikan juga soket kabel power yang menuju ke stop kontak terpasang dengan kuat. Apabila pada pengecekan ini anda tidak menemukan kekeliruan pada pemasangan kabel di power suply, maka anda bisa melanjutkan proses perbaikan komputer error dengan langkah dibawah ini.

Komputer yang restart atau tiba-tiba mati bisa dikategorikan menjadi 2 macam yaitu:

Komputer yang restart atau mati setelah masuk Windows

Masalah ini adalah masalah yang sangat umum dan sering terjadi. Biasanya letak permasalahannya ada pada bagian RAM yang terbanggu. Pada kondisi kerusakan tertentu yang belum begitu parah, silahkan anda pindahkan RAM yang ada pada komputer tersebut ke slot RAM yang lainnya. Jenis motherboard jaman sekarang rata-rata memiliki 4 slot RAM. Jika laptop, biasanya sudah disediakan slot RAM minimal 2.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Prosesor MediaTek

Jika metode diatas belum berhasil, silahkan anda cabut kembali RAM nya, lalu bersihkan bagian konektornya menggunakan penghapus pensil. Ada kemungkinan konektor RAM mengalami korosi atau hanya sekedar kotor saja sehingga butuh untuk dibersihkan supaya bisa terbaca kembali dengan baik. Sebelum anda memasang kembali RAM pada slotnya, ada baiknya anda bersihkan dulu slot RAM menggunakan vacum cleaner. Jika anda tidak punya, anda bisa menggunakan kuas yang halus dan bersih.

Apabila ke 2 metode diatas tidak berhasil, maka jalan satu satunya adalah mengganti RAM komputer anda. Kondisi ini perlu anda lakukan setelah anda yakin bahwa komponen yang menyebabkan komputer error adalah RAM.

Penyebab komputer error bisa juga disebabkan oleh sistem operasi Windows. Beberapa Cara Memperbaiki Komputer Error yang perlu anda kerjakan apabila anda sudah meyakini bahwa penyebabnya adalah OS Windows akan diulang pada bagian dibawah ini.

Cara Memperbaiki Komputer Error yang diakibatkan oleh OS Windows yang bermasalah:

  1. Pada saat komputer baru dinyalakan, silahkan anda tekan tombol “F8”. Tunggu beberapa saat hingga keluar pilihan menu. Silahkan anda memilih menu “Last Know Good Configuartion”
  2. Tidak berhasil menjalankan opsi ke 1? Silahkan anda lakukan teknik yang sama pada point nomor 1. Namun, pada pilihan menu yang muncul, silahkan anda memilih menu “Safe Mode”. Jika anda berhasil masuk ke safe mode, maka anda bisa merestore Windows ke posisi paling bagus. Minimal anda bisa membacup data-data penting anda terlebih dahulu. Nantinya jika tahapan ini gagal, anda harus melakukan install ulang Windows pada komputer atau laptop anda.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Tanpa Ke Tempat Servis

Komputer tiba-tiba mati pada saat anda asik bermain game dan harus menyalakan ulang

Hampir seluruh sistem BIOS pada komputer saat ini memiliki opsi untuk mengatur suhu yang akan mematikan hardware komputer ketika sudah melewati batas suhu tidak aman. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi hardware komputer supaya tetap aman dari kerusakan akibat panas yang berlebihan.

Dari kondisi diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa penyebab komputer anda tiba-tiba mati pada saat komputer sedang digunakan untuk bermain game adalah suhu prosesor yang naik terlalu tinggi dan tidak bisa diredam oleh heatsink fan. Untuk mengatasi masalah ini tidaklah terlalu sulit. Anda cukup mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

  1. Langkah pertama, silahkan anda restart komputer atau laptop anda, lalu silahkan masuk ke BIOS dengan menekan tombol tertentu. Pada komputer desktop biasanya menekan tombol “DEL”, sedangkan pada laptop biasanya menekan tombol “F2”. Apabila anda tidak berhasil masuk BIOS dengan ke 2 tersebut, maka anda bisa memastikan dengan melihat pesan yang muncul dilayar mengenai tombol apa yang harus ditekan untuk masuk BIOS.
  2. Setelah berhasil masuk BIOS, silahkan anda pilih menu “PC HEALTH STATUS”. Selanjutnya silahkan anda pilih menu “CPU CRITICAL TEMPERATURE”. Setelah itu, lanjutkan dengan mengatur bagian “Suhu”. Pada pengaturan suhu tersebut, anda bisa memilih angka yang paling tinggi. Langkah berikutnya anda bisa menyimpan settingan BIOS menggunakan shortcut F10 dan dilanjutkan dengan menekan tombol “Y” pada keyboard.
  3. Untuk memperbaiki sirkulasi didalam casing komputer, anda bisa membuka penutup casing agar udara dari luar bisa lebih mudah masuk dan tentunya akan menjaga kestabilan suhu didalam komputer.
  4. Malakukan penambahan jumlah kipas atau fan didalam komputer anda. Tujuan dari penambahan kipas atau fan didalam CPU bertujuan untuk memperbaiki sirkulasi udara didalam casing komputer sehingga suhu prosesor dan sistem komputer tetap dingin.
Baca Juga:   Fungsi Utama Prosesor Secara Umum Pada Beberapa Perangkat

Komputer anda masih saja tetap mati pada saat anda gunakan untuk bermain game? Silahkan anda lakukan pengecekan pada bagian prosesor komputer. Silahkan anda cek pemasangannya dan pastikan terpasang dengan rapat antara heatsink fan dan bagian penampang prosesor. Untuk mengecek hal tersebut, anda harus melepas konektor listrik terlebih dahulu agar tidak tersetrum.

Komputer error dengan mati mendadak namun tidak bisa dinyalakan kembali

Penyebab utama dari kondisi diatas kemungkinan besar terletak pada bagian power suply komputer. Bisa juga malah terletak pada motherboard. Apabila masalah terletak pada motherboard, maka langkah terbaik adalah membawanya ke tempat servis motherboard agar bisa ditangani oleh ahlinya.

Komputer error mati dan harus menunggu beberapa saat baru bisa dihidupkan.

Pada kondisi ini, kadang kala begitu komputer berhasil menyala, monitor juga tidak menyala dengan terang, bahkan cenderung meredup. Masalah ini biasanya diakibatkan karena tegangan listrik dirumah anda tidak stabil. Untuk mengetahui kepastian kondisi kelistrikan dirumah anda, maka anda cukup mengecek nyala lampu pijar. Apabila lampu pijar menyala dengan tidak stabil, kadang meredup, kadang terang, maka itu artinya tegangan rumah anda tidak stabil. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menggunakan stabilizer. Untuk lebih bagusnya, anda bisa menggunakan UPS.

Sekian informasi singkat mengenai Cara Memperbaiki Komputer Error sendiri sebelum anda membawanya ke tempat servis. Mudah-mudahan artikel singkat kali ini bisa menambah wawasan anda mengenai cara troubleshooting komputer dan anda bisa lebih mahir didalam perbaikan komputer yang error. Terima kasih dan selamat mencoba.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi utama prosesor

Fungsi Utama Prosesor Secara Umum Pada Beberapa Perangkat

Kata prosesor tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung di dunia ini. Hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *