Home / Tips dan Trik / Cara Memperbaiki Komputer Hang dan Error Paling Jitu

Cara Memperbaiki Komputer Hang dan Error Paling Jitu

Cara Memperbaiki Komputer Hang dan Error haruslah dikuasai oleh anda yang hobi menggunakan komputer. Hal tersebut dikarenakan komputer yang hang dan error serta not responding bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Agar pekerjaan anda tidak banyak terganggu, maka anda haruslah menguasai teknik memperbaiki komputer yang mengalamai hang dan error serta not responding tersebut.

Cara Memperbaiki Komputer Hang dan Error Paling Jitu

Berbagai langkah tentunya bisa ditempuh sebagai upaya didalam Memperbaiki Komputer Hang dan Error. Dengan mengetahui tips memperbaiki komputer yang error dan hang serta not responding tersebut, kita bisa lebih cepat didalam proses perbaikan komputer tanpa harus membawa ke tempat servis dan tentunya kita bisa berhemat waktu dan pekerjaan kita tidak akan terlalu terganggu.

Seperti dilakukan banyak orang, rata-rata pengguna komputer akan menggunakan kombinasi tombol keyboard “CTRL + ALT + DEL” pada saat komputer mengalami error dan hang. Setelah jendela task manager terbuka, maka kita anda tinggal memiliki nama program yang hang atau error, lalu memilih tombol “End Task” untuk mengakhiri program tersebut.

Kondisi diatas tentunya akan efektif apabila komputer masih bisa jalan dan hanya program aplikasinya saja yang mengalami hang atau error. Lalu bagaimana Cara Memperbaiki Komputer Hang dan Error secara total? Rata-rata pengguna komputer akan memanfaatkan tombol “Reset” yang ada di CPU untuk memaksa komputer dihidupkan ulang.

Dengan mereset komputer, maka tentunya cara tersebut cukup efektif didalam mengatasi komputer yang hang dan error tersebut. Namun, jika komputer sering mengalami hang atau error cara tersebut tentunya sudah tidak efektif lagi dan malahan bisa jadi komputer jadi cepat rusak apabila anda sering ke reset komputer menggunakan tombol reset.

Cara Memperbaiki Komputer Hang dan Error serta not responding

Untuk itulah ada baiknya kita mencoba mengenali penyebab komputer mengalami hang dan error serta not responding. Setelah itu, kita coba pelajari babagai mana Cara Memperbaiki Komputer Hang dan Error serta not responding tersebut.

1. komputer terkena virus

Cara Memperbaiki Komputer Hang dan Error serta not respoding yang paling efektif adalah dengan membersihkan virus menggunakan antivirus yang sudah terupdate dengan yang terbaru. Komputer yang terkena virus memang sangat mudah mengalami hang dan error.

Baca Juga:   Cara Menampilkan File Tersembunyi Pada Windows

Untuk membersihkan virus secara lengkap dan sempurna, anda bisa masuk ke safe mode di Windows. Setelah itu, silahkan anda scan secar full komputer anda menggunakan antivirus kepercayaan anda, misalnya adalah AVG, Avira dan antivirus lainnya. Anda juga bisa menggunakan anti malware supaya segala macam gangguan di komputer anda semakin bersih.

2. RAM yang terlalu penuh

Bisa jadi komputer yang menggunakan RAM dengan ukuran kecil akan mudah hang atau error. Hal tersebut dikarenakan RAM pada komputer sudah terlalu penuh ketika digunakan untuk menjalankan banyak program sekaligus. Akibat multitasking pada komputer yang terlalu banyak, maka komputer akan berjalan dengan pelan dan pada akhirnya hang dan error.

Sebagai contoh, komputer anda hanya memiliki RAM dengan kapasitas 2 GB. Dengan komputer tersebut anda membuka banyak aplikasi sekaligus, misalnya Google Chroome dengan banyak tab, membuka aplikasi coreldraw terbaru, membuka photoshop dan juga membuka adobe premier. Dengan hanya menggunakan RAM berkapasitas 2 GB, maka bisa dipastikan RAM akan kepenuhan dan kinerja komputer akan melambat.

3. permasalah pada Sistem Operasi Windows

Windows adalah salah satu Sistem operasi yang bisa menyebabkan komputer hang dan error. Hal tersebut bisa terjadi disebabkan karena ada beberapa bagian file di Windows mengalami konflik maupun corrupt. Cara memperbaiki Windows yang bermasalah ini bisa dilakukan dengan melakukan repair baik secara manual maupun otomatis. Apabila sistem operasi Windows sudah rusak dengan parah, maka jalan paling mudah adalah dengan melakukan install ulang pada sistem operasi Windows tersebut.

4. Prosesor yang kepanasan

Sirkulasi yang tidak bagus didalam CPU akan membuat prosesor “kegerahan” dan pada akhirnya akan membuat komputer hang dan error. Sirkulasi udara yang tidak bagus pada komputer disebabkan oleh banyak hal dan paling banyak adalah karena banyaknya debu yang menumpuk pada bagian heatsink fan dimana hal tersebut akan membuat sirkulasi udara dari kipas ke heatsink fan terganggu. Akibatnya proses reduksi panas pada prosesor terhambat dan terjadilah overheat pada prosesor.

Baca Juga:   Inilai 10 Tips Foto Selfie Supaya Terlihat Sempurna

Untuk memperbaiki sirkulasi udara pada prosesor, anda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

Silahkan anda lepas dengan hati-hati bagian heatsink fan pada prosesor. Setelah itu, silahkan anda lakukan pembersihan pada bagian sirip-sirip dan kipas dari tumpukan debu. Apabila kipas pada heatsink fan sedikit macet, anda bisa memberikan pelumas pada bagian kumparan kipas. Untuk lebih amannya, anda bisa mengganti dengan kipas yang baru.

Untuk lebih memaksimalkan proses transfer panas dari prosesor ke heatsink fan, anda bisa mengganti thermal paste pada prosesor. Selanjutnya anda bisa memasang kembali seluruh bagian dari sistem prosesor ke tempatnya semula.

5. kurangnya daya pada bagian power suply unit

Output daya dan tegangan pada power suply yang tidak maksimal atau mengalami drop akan membuat terganggunya kinerja komponen komputer. Gangguan pada sistem kerja tersebut tentunya akan membuat sistem komputer terganggu dan pada akhirnya akan membuat komputer hang dan error. Solusinya tentu adalah dengan mengganti power suply komputer dengan yang baru.

6. Transfer data pada LAN tidak lancar

Pada saat komunikasi data didalam jaringan, adakalanya terjadi kesulitan didalam mengakses data. Susahnya akses data pada jaringan LAN kadang kala akan membuat komputer menjadi pelan, hang dan pada akhirnya error. Untuk mengatasi permasalahan diatas, anda bisa mencoba melepas dulu kabel LAN yang terhubung ke komputer. Apabila setelah anda melepas kabel LAN sistem komputer berjalan normal, maka bisa dipastikan koneksi LAN anda bermasalah.

7. permasalah pada kapasitas harddisk

Harddisk anda yang sudah mengalami kehabisan “space” akan menjadikan komputer menjadi pelan didalam bekerja dan pastinya bisa membuat komputer macet. Anda bisa menghapus file-file yang tidak digunakan. Disamping itu, file sampah dan temporary juga bisa  anda bersihkan.

Untuk membersihkan file-file sampah yang ada diharddisk, anda bisa lakukan dengan cara klik start menu, lalu pilih menu “RUN”. Selanjutnya silahkan ketik “cleanmgr”, lalu tekan Enter. Silahkan lanjutkan sesuai dengan petunjuk yang ditampilkan.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Blue Screen Pada Windows 7

Harddisk yang mengalami kerusakan bad sector akan membuat datanya sulit untuk dibaca. Sulitnya data yang terbaca pada harddisk akan membuat komputer hang atau error. Apalagi jika bagian yang bad sector terjadi pada bagian OS, pastinya akan membuat komputer lambat.

8. ketidakcocokan driver dengan hardware komputer

Biasanya, software driver yang sudah “out of date” atau tidak kompetibel akan membuat komputer hang dan error. Bahkan pada beberapa kasus, pemasangan software driver yang tidak cocok akan membuat komputer blue screen. Untuk memastikan agar driver komputer sesuai dengan hardwarenya, anda bisa menggunakan driver bawaan pada saat anda membeli komputer. Jika ternyata driver bawaan sudah hilang, maka anda bisa menggunakan Driver easy atau DVD Driver Pack Solution agar driver yang anda pasang sesuai dan kompetibel dengan hardwarenya.

Cara memperbaiki Komputer Hang dan Error yang Not responding

Untuk detail memperbaiki Komputer Hang dan Error yang not responding, anda harus mengecek satu demi satu permasalahan diatas dengan teliti. Untuk lebih memaksimalkan kinerja komputer dan menghindari dari hang dan error, maka anda perlu membersihkan bagian sistem prosesor mulai dari heatsink fan sampai dengan penggantian thermal paste pada prosesornya. Hal tersebut sebagai bagian pencegahan dari kemungkinan komputer hang dan error.

Disamping itu, sangat disarankan anda juga menggunakan hardware yang kerkualitas. Gunakan juga software yang asli agar terbebas dari masalah lisensi dan adanya kemungkinan penyusupan virus karena penggunaan software tidak asli. Dengan melakukan perawatan berkala, maka kondisi komputer akan lebih awet dan tentunya terhindar dari masalah error serta hang.

Sekian tutorial singkat mengenai cara mengatasi Komputer Hang dan Error serta not responding yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga saja, artikel singkat ini bisa menambah ketrampilan anda dibidang komputer sehingga anda bisa melakukan perbaikan sendiri komputer yang hang dan error tanpa harus membawanya ke tempat servis. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Sekarang ini, smartphone yang sangat digandrungi dan diminati oleh para pengguna gadget adalah smartphone yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *