Home / Hardware / Cara Memperbaiki Komputer Mati Total Secara Lengkap

Cara Memperbaiki Komputer Mati Total Secara Lengkap

Cara Memperbaiki Komputer Mati Total banyak dicari oleh para pengguna komputer. Hal tersebut dikarenakan masalah komputer mati total sekarang ini memang sangat sering dijumpai. Komputer yang bermasalah mati total di sini adalah pada saat tombol power komputer di tekan, komputer benar-benar tidak mau menyala. Salah satu tanda komputer mengalami masalah mati total adalah tidak adanya arus listrik yang masuk ke komputer, tidak ada lampu indikator yang menyala dan kipas/fan yang ada didalam CPU juga tidak ada yang bisa berputar.

Cara Memperbaiki Komputer Mati Total Secara Lengkap

Diperlukan pengetahuan khusus mengenai troubleshooting hardware komputer untuk bisa mengatasi dan memperbaiki Memperbaiki Komputer Mati Total tersebut. Minimal anda bisa menebak dimana letak kerusakan komponen komputer yang mengalami masalah.

Cara Memperbaiki Komputer Mati Total

Untuk membantu anda didalam memahami Cara Memperbaiki Komputer Mati Total, berikut ini akan saya jabarkan beberapa point mengenai solusi yang bisa ditempuh.

  1. langkah pertama yang perlu anda tempuh adalah memastikan bahwa aliran listrik PLN benar-benar ada dan bisa masuk ke sistem komputer. Pastikan bahwa aliran listrik PLN sedang tidak mengalami pemadaman listrik. Anda bisa mencoba menyalakan lampu dirumah untuk memastikan bahwa listrik PLN tidak sedang padam.
  2. Pastikan bahwa soket power listrik yang berada pada power suply dalam kondisi bagus sehingga listrik bisa masuk kedalam power suply. Untuk memastikan soket power listrik dalam kondisi bagus, anda bisa menggunakan tes pen atau multitester untuk mengeceknya.
  3. Lakukan pemeriksaan pada kondisi kabel power suply. Cara mengecek apakah kondisi kabel power suply bisa menggunakan multitester (Ohm meter). Cara lainnya adalah dengan meminjam kabel power pada komputer lain (cara yang paling mudah tentunya). Jika pada saat menggunakan kabel power power suply komputer yang mati total bisa bekerja kembali dengan baik, maka kabel power yang lama sudah bermasalah. Apabila kabel power power suply rusak/putus, maka silahkan ganti saja dengan kabel power power suply yang baru.
  4. Apabila ketiga langkah diatas tidak membuahkan hasil, maka proses pengecekan selanjutnya adalah pada bagian power suply. Sebuah power suply yang rusak bisa diketahui dari tidak bekerjanya kipas yang berada pada power suply itu sendiri. Selain itu, pada bagian motherboard juga tidak ada aliran arus listrik yang masuk.
    apabila anda paham dengan dunia elektronika, maka anda tentunya bisa mengecek bagian dalam dari power suply. Pengecekan bisa dimulai dari pengecekan bagian alur PCB pada power suply, cek terhadap adanya keretakan pada jalur PCB.
    Lakukan pengecekan pula bagian komponen-komponen elektronika yang terpasang secara fisik. Cek terhadap adanya kemungkinan adanya komponen yang terbakar atau menggelembung.
    Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada masing-masing komponen yang dicurigai mengalami kerusakan tersebut menggunakan multimeter. Setelah anda temukan komponen yang rusak tersebut, silahkan ganti komponen tersebut.
    Jika pada saat pengecekan bagian power suply anda belum yakin akan komponen yang rusak, namun anda yakin bahwa unit power suply mengalami merusakan, maka ada baiknya anda mencoba dulu dengan power suply komputer lain sebelum menggantinya dengan unit power suply yang baru.
    Ketika anda sudah yakin bahwa power suply komputer anda mengalami kerusakan, maka lebih baik anda mengganti saja unit power suply tersebut dari pada memperbaikinya dengan membawa ke tempat servis. Hal tersebut dikarenakan biaya perbaikan power suply jatuhnya akan lebih tinggi dibandingkan dengan membeli unit power suply baru.
  5. Belum berhasil juga? Sudah saatnya kita melakukan pengecekan pada bagian output dari power suply menuju ke bagian motherboard. Bagian output dari power suply menuju ke motherboard terdiri dari 24 pin dan 4 pin. Silahkan anda cek secara detail kabel-kabel yang menuju ke motherboard, pastikan tidak ada yang longgar apalagi terputus. Pastikan seluruh soket power dari power suply ke motherboard terpasang dengan kuat.
  6. Komputer masih mati dan belum ada tanda-tanda keberhasilan dalam proses perbaikan? Saatnya menuju ke bagian prosesor. Ketika anda sudah menjalankan beberapa tahap diatas namun belum membuahkan hasil, maka komponen berikutnya yang perlu dicurigai mengalami masalah adalah prosesor. Dalam banyak kasus, prosesor mati akan membuat komputer ikut mati secara total. Silahkan anda lakukan pengecekan secara fisik, perhatikan apakah ada perubahan warna “gosong” pada prosesor. Perhatikan pula pin dari prosesor, siapa tau ada yang bengkok sehingga prosesor tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.
  7. Bagian terakhir pada tutorial Cara Memperbaiki Komputer Mati Total adalah dengan melakukan pemeriksaan pada bagian motherboard. Silahkan anda lakukan pengecekan pada jalur motherboard. Kadangkala karena pengaruh panas, ada jalur PCB yang mengalami keretakan, bahkan putus sehingga bisa dipastikan motherboard tidak akan bisa bekerja. Perhatikan pula komponen-komponen elektronika yang ada, baik dari segi warna maupun bentuk fisiknya. Biasanya karena pengaruh panas, komponen elektronika akan “gosong” dan juga kadang akan menggelembung. Jalan termudah didalam memperbaiki motherboard yang bermasalah adalah dengan menggantinya dengan yang baru.
Baca Juga:   Kekurangan Dan Kelebihan Komputer

Demikianlah tutorial mengenai Cara Memperbaiki Komputer Mati Total yang bisa inanesia.com ulas pada kesempatan kali ini. Semoga informasi singkat ini bisa anda jadikan panduan didalam proses perbaikan komputer yang sedang mengalami masalah. Terima kasih dan selamat mencoba.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi utama prosesor

Fungsi Utama Prosesor Secara Umum Pada Beberapa Perangkat

Kata prosesor tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung di dunia ini. Hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *