Home / Hardware / Cara Memperbaiki Komputer No Signal Paling Manjur

Cara Memperbaiki Komputer No Signal Paling Manjur

Hai semua…kali ini saya akan mencoba sharing mengenai Cara Memperbaiki Komputer No Signal yang pernah saya alami sendiri. Masalah no signal pada monitor komputer memang sering terjadi lantaran berbagai macam sebab. Untuk itulah anda harus mengetahui sumber permasalah dari komputer tersebut dan diharapkan anda bisa mengatasinya sendiri tanpa harus membawa komputer ketempat servis.

Cara Memperbaiki Komputer No Signal

Cara Memperbaiki Komputer No Signal tentunya sangat dibutuhkan sebagai bagian dari dari usaha anda untuk menghemat waktu apabila anda mengalaminya. Bahkan, apabila dalam kondisi darurat, pengetahuan mengenai Cara Memperbaiki Komputer No Signal juga sangat dibutuhkan sebagai tindakan awal perbaikan komputer sehingga anda tidak akan kehilangan banyak waktu produktif anda.

Cara Memperbaiki Komputer No Signal paling jitu

Baiklah, berikut ini adalah beberapa Cara Memperbaiki Komputer No Signal paling jitu, paling manjur dan paling cepat yang bisa anda coba terlebih dahulu sebelum membawanya ke tempat servis atau bengkel.

1. lakukan pengecekan kabel monitor

Kabel monitor komputer terdiri dari 2 bagian, yaitu kabel power dan kabel data. Silahkan anda cek ke 2 kabel tersebut. Pastikan kabel power bisa berfungsi dengan baik. Tandaya adalah indikator power pada monitor menyala baik pada kondisi standby ataupun aktif. Setelah anda memastikan kabel power dalam kondisi baik, lanjutkan dengan mengecek kabel data dari VGA ke monitor. Patikan tidak ada bagian pin yang patah atau bagian yang terputus.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer 3D

2. copot bagian kabel power pada harddisk

Sudah melakukan tahap pertama dan tidak ada masalah? Lanjutkan tahapan yang kedua, yaitu silahkan anda copot kabel power yang menuju ke harddisk. Memang langkah ini tidak masuk akal, namun perlu dicoba. Hal tersebut tentunya berdasarkan pengalaman yang pernah ditemui oleh penulis. Pada saat kabel power pada harddisk dilepas dan komputer dinyalakan, komputer yang awalnya no signal bisa kembali menyala dan bisa masuk ke setting BIOS. Jika sudah berhasil, silahkan anda matikan komputer, pasang kembali kabel power harddisk lalu coba nyalakan lagi. Ada kemungkinan penyebabnya adalah tegangan yang masuk ke harddisk yang berasal dari power suply tidak stabil, sehingga motherboard sengaja mematikan sistem kerja dari komputer untuk mengamankan komponen-komponen yang lain dari kerusakan.

3. lakukan pengecekan pada kartu VGA

Apabila langkah diatas tidak juga berhasil, silahkan anda cek VGA komputer. Apabila komputer anda menggunakan VGA card jenis Ad On, silahkan anda lepas terlebih dahulu dan gunakan VGA card yang Onboard. Begitu juga sebaliknya. Anda bisa mencoba menggunakan kartu VGA jenis Ad On apabila sebelumnya anda menggunakan VGA card yang jenis Onboard. Selain itu, anda juga bisa mencoba untuk membersihkan konektor VGA card jenis Ad On, karena kadang kala konektor VGA card Ad On yang kotor menyebabkan VGA card tidak bisa bekerja.

Baca Juga:   3 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Paling Mudah

4. Lakukan pengecekan pada RAM

Untuk mengecek kondisi RAM pada komputer, silahkan anda cabut RAM pada komputer, lalu bersihkan konektor RAM yang berwarna kuning tersebut menggunakan penghapus pensil yang bersih. Tidak lupa, bersihkan juga slot RAM yang ada pada motherboard menggunakan kuas yang halus. atau kompresor apabila anda memilikinya.

5. lakukan clear CMOS

Ketika anda melakukan kesalahan setting pada BIOS, komputer memilih untuk mematikan diri guna melindungi komponen dari kerusakan. Kondisi paling banyak terjadi pada anda yang sering melakukan overclock melalui setting BIOS. Cara mengatasi Komputer No Signal karena kondisi kesalahan setting BIOS tersebut adalah dengan cara clear CMOS. Cara paling mudah untuk clear CMOS adalah dengan melepas baterai CMOS yang ada pada motherboard. Bisa juga anda manfaatkan jumper clear CMOS pada motherboard. Dengan melakukan clear CMOS, maka setting BIOS akan dikembalikan ke setting default.

6. lakukan pengecekan pada prosesor

Prosesor yangtidak bekerja bisa jadi menjadi penyebab komputer no signal. Walaupun jarang terjadi, pemasangan prosesor yang tidak pas atau kendor akan membuat prosesor tidak “hidup”. Bisa jadi juga ada noda yang menempel pada pin prosesor sehingga prosesor tidak bisa bekerja. Anda perlu melakukan pengecekan pada prosesor secara fisik guna mengetahui letak permasalahannya. Apabila anda termasuk orang yang berani, silahkan anda coba lepas heatsink fan pada prosesor, lalu silahkan pegang body prosesor dan nyalakan selama beberapa detik. Apabila body prosesor suhunya naik dengan cepat, maka prosesor dalam kondisi bagus. Namun, apabila suhu prosesor tidak naik walaupun komputer sudah dinyalakan, maka ada kemungkinan prosesor sudah rusak.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Mati Total Secara Lengkap

7. lakukan flash BIOS dengan versi terbaru

BIOS rusak memang sangat jarang terjadi, karena sifatnya yang read only. Walaupun demikian, ada saja kemungkinan BIOS mengalami kerusakan. Apabila BIOS motherboard rusak, maka sebelum anda membeli motherboard baru, anda bisa mencoba flash BIOS terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan BIOS versi terbaru pada website resmi pembuat motherboardnya.

8. mengganti motherboard dengan yang baru

Solusi paling akhir dan paling jitu mengenai Cara Memperbaiki Komputer No Signal adalah mengganti motherboard yang setipe dengan yang baru. Cara ini tentunya bisa dikatakan 99% berhasil dengan catatan kondisi komponen komputer yang lain dalam kondisi bagus.

Sekian penjabaran singkat mengenai Cara Memperbaiki Komputer No Signal yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan tutorial ini bisa berguna untuk anda yang sedang memperdalam masalah teknik dalam bidang komputer. Selamat mencoba dan terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi utama prosesor

Fungsi Utama Prosesor Secara Umum Pada Beberapa Perangkat

Kata prosesor tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung di dunia ini. Hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *