Home / Tips dan Trik / Cara Memperbaiki Komputer Yang Lemot Dan Lambat

Cara Memperbaiki Komputer Yang Lemot Dan Lambat

Cara Memperbaiki Komputer Yang Lemot Dan Lambat adalah salah satu hal yang perlu dikuasai oleh pengguna komputer supaya ketika menemukan masalah tersebut, setiap pengguna bisa mencoba untuk mengatasinya sendiri tanpa harus membawanya ke tempat servis. Dengan bermodalkan pengetahuan dasar mengenai ilmu komputer, anda sebagai pengguna bisa mencoba beberapa hal agar komputer yang anda gunakan bisa ngebut kembali. Akibat komputer yang kinerjanya lambat akan membuat banyak pekerjaan menjadi terhambat.

Cara Memperbaiki Komputer Yang Lemot Dan Lambat

Ada banyak penyebab yang menjadi biangnya komputer lemot. Berikut ini akan inanesia.com jabarkan untuk anda sebagian. Silahkan anda simak satu demi satu dan anda coba terapkan dikomputer anda. Cara Memperbaiki Komputer Yang Lemot Dan Lambat yang akan saya bahas ini merupakan bagian paling umum dimana sudah terbukti ampuh memperbaiki kinerja komputer.

Cara Memperbaiki Komputer Yang Lemot Dan Lambat

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa anda coba aplikasikan pada komputer anda agar bisa ngebut kembali.

1. Membersihkan file temporary yang ukurannya sudah besar

Pada saat kita menggunakan komputer untuk berinternetan, maka secara otomatis beberapa data akan tersimpan didalam folder temporary. Seiring dengan waktu penggunaan, maka ukuran dari folder temporary juga akan membesar dan membesar, yang akibatnya kinerja komputer akan menjadi pelan atau lemot. Ada cara yang sangat mudah didalam membersihkan file temporary tersebut, yaitu dengan cara memanfaatkan software dengan nama “Ccleaner”.

Baca Juga:   Cara Menampilkan Mozilla Firefox Di Desktop

Software Ccleaner adalah software yang sangat powerfull untuk urusan bersih-bersih file komputer. Untuk mendownloadnya, anda bisa mengunjungi alamat http://www.piriform.com/ccleaner/download/standard. Setelah anda berhasil mendownloadnya, anda bisa melanjutkan proses instalasi seperti biasa. Untuk menjalankan software Ccleaner tersebut juga cukup mudah, yaitu dengan cara membuka software Ccleaner, pilih menu Analyze, lalu silahkan anda tunggu beberapa saat sampai proses analisa selesai. Untuk membersihkan file yang sudah teridentifikasi, silahkan anda klik tombol “Run Cleaner”.

2. Jumlah software aplikasi yang terinstall terlalu banyak

Kadangkala, walaupun tidak diperlukan kita hobi sekali didalam menginstall software dan program aplikasi kedalam komputer kita, yang akan membuat software-software semakin menumpuk. Saking banyaknya program aplikasi yang terinstall dikomputer akan membuat komputer terlalu banyak meload program aplikasi pada saat komputer dinyalakan. Dengan begitu pastinya akan membuat komputer berjalan lebih pelan dari biasanya.

Cara Memperbaiki Komputer Yang Lemot Dan Lambat akibat masalah diatas tidaklah terlalu rumit, salah satunya adalah dengan mendisable program aplikasi yang tidak digunakan. Silahkan anda manfaatkan software Ccleaner. Buka software ccleaner, lalu pilih tab Tool, pilih menu Startup, lalu silahkan anda disable beberapa software yang sekiranya tidak penting untuk anda.

Selain cara diatas, anda juga bisa langsung membuang atau menghapus program aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Dengan begitu, maka selain komputernya kembali ngebut, space harddisk juga akan bertambah lega. Cara menghapus program aplikasi bisa dilakukan dengan cara klik start menu, pilih menu control panel, lalu pilih menu uninstall program. Dari jendela yang muncul, silahkan anda pilih program aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi, lalu klik menu uninstall.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Menjadi Tinggi

3. Spesfikasi komputer yang lebih rendah dari yang dibutuhkan software

Beberapa software aplikasi standart tentunya bisa mulus dijalankan dikarenakan spesifikasi komputer yang sudah cukup tinggi. Namun, ketika anda menjalankan game 3D, maka bisa jadi komputer anda mengalami “lag” atau berubah menjadi lambat. Apabila hal tersebut terjadi, maka spesifikasi komputer anda kurang cukup tinggi untuk memainkan game tersebut. Anda bisa melihat kebutuhan spesifikasi game pada bagian CD/DVD yang disertakan.

Perkembangan hardware memang tidak secepat perkembangan software. Apabila software bisa update 1 bulan sekali, maka hardware membutuhkan waktu yang lebih lama. Oleh sebab itu, spesifikasi komputer yang jadul sudah sangat umum terjadi sekarang ini. Untuk lebih amannya, anda bisa mengupgrade komputer dengan prosesor core 2 duo dan RAM minimal 4 GB. Disamping itu, apabila anda gemar germain game 3D, maka anda bisa mengupgrade kartu VGA dengan spesifikasi yang cukup tinggi sehingga gamenya bisa berjalan lebih lancar.

4. Bagian komputer yang mengalami kerusakan

Kerusakan pada bagian hardware tertentu pada komputer juga bisa membuat kinerja melambat. Sebagai contoh kerusakan pada harddisk. Komponen komputer yang satu ini adalah komponen yang sangat sensitif dan rentan sekali rusak. Listrik yang tidak stabil akan sangat mempengaruhi kinerja dan harddisk sekaligus mempengaruhi umur dari harddisk itu sendiri. Contoh kerusakan bad sector pada harddisk sangat berpengaruh terhadap performa komputer. Apabila sebuah harddisk sudah terkena bad sector, maka kinerja komputer akan sangat lemot dan pelan. Solusi paling jitu untuk Memperbaiki Komputer Yang Lemot Dan Lambat dari kasus ini adalah dengan mengganti harddisk baru.

Baca Juga:   3 Cara Mempercepat Shutdown Windows 7 Paling Jitu

5. Komputer terkena virus

Virus komputer juga sangat mempengaruhi kinerja dari komputer. Virus akan selalu berjalan secara background dan terus menerus sehingga akan banyak menggunakan sumber daya komputer. Akibatnya performa dari komputer akan mengalami penurunan. Solusi yang bisa ditempuh adalah dengan rutin meng update antivirus dengan database terbaru serta melakukan full scanning pada komputer untuk membersihkan virus yang sudah terlanjur masuk.

Demikianlah beberapa Cara Memperbaiki Komputer Yang Lemot Dan Lambat yang bisa anda kerjakan sendiri tanpa harus membawa komputer ke tempat servis. Dengan mengetahui teknik diatas, maka anda bisa lebih menghemat waktu didalam kegiatan maintenance komputer karena bisa mengatur waktu sendiri kapan harus dilakukan proses-proses tertentu untuk memaksimalkan kinerja komputer. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Sekarang ini, smartphone yang sangat digandrungi dan diminati oleh para pengguna gadget adalah smartphone yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *