Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Kopling Mobil Yang Selip, Bergetar Dan Berbunyi

Cara Memperbaiki Kopling Mobil Yang Selip, Bergetar Dan Berbunyi

Bagian di dalam mobil yang berfungsi untuk menghentikan serta menyalurkan tenaga yang berasal dari mesin kepada sistem transmisi adalah kopling. Kopling memiliki sistem kerja yaitu ketika dilakukan penginjakan pada pedal kopling, mekkah bagian kampas kopling akan terlepas dari bagian sistem transmisi atau disebut dengan release.ketika release ini memberikan waktu untuk pengendara guna melakukan pemindahan sistem transmisi pada posisi gear yang dikehendaki.

Cara Memperbaiki Kopling Mobil

Selanjutnya, pada saat pegang kopling dilepas dari injakan akan membuat transmisi memperoleh tenaga kembali yang berasal dari mesin. Baik pada mobil matic maupun mobil manual semuanya memiliki komponen kopling. Letak pembeda nya adalah pada jenis mobil transmisi manual proses pengaturan posisi gear dilakukan oleh pengendara, sementara itu pada jenis mobil matic proses pengaturan posisi gear dilakukan otomatis oleh mesin, tentunya menyesuaikan dengan kecepatan mobil yang sedang berjalan.

Karena proses pengaturan posisi kopling dilakukan secara manual, maka tentunya mobil dengan menggunakan transmisi manual akan memiliki potensi kerusakan yang lebih cepat. Hal tersebut tentunya diakibatkan adanya kemungkinan ketidak sesuaian antara mesin dengan posisi kopling, termasuk aktif tidaknya kopling pada saat mobil digunakan. Ketika kopling sudah mulai rusak, tentunya kegiatan berkendara mobil menjadi tidak nyaman untuk berkendara di jalan yang menanjak ataupun pada saat hendak menyalip kendaraan lain.dari latar belakang itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba sedikit mengulas jenis-jenis kerusakan yang sering terjadi pada kopling mobil.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Honda Brio

Jenis kerusakan pada kopling mobil dan cara memperbaikinya:

1. Selip kopling pada mobil

Penyebab terjadinya kopling tergelincir atau selip kopling adalah dikarenakan bagian permukaan dari plat kopling sudah mulai aus, di samping juga bisa disebabkan oleh oli yang masuk ke dalam bagian kopling yang mana hal tersebut menjadi penyebab berkurangnya koefisien gesek pada plat kopling. Kondisi ini tentunya menimbulkan transportasi menjadi tidak sempurna, dan juga menyebabkan konsumsi bahan bakar minyak pada mobil menjadi lebih boros berkurang drastis.

Ciri-ciri kopling pada mobil mengalami selip:

  1. Kecepatan dari mobil tidak bisa maksimal
  2. Akselerasi mobil menjadi lambat walaupun suara gas sudah meraung-raung
  3. Meskipun suaranya sudah meraung-raung, pada saat mobil berada di tanjakan terasa tenaganya sangat berkurang
  4. Terciumnya bau seperti ada bagian karet yang terbakar
  5. Cepat memanasnya kondisi suhu mesin mobil

Cara memperbaiki kopling mobil yang mengalami sleep adalah dengan terlebih dahulu melakukan diagnosa penyebab dari selip kopling itu sendiri. Apabila ditemukan bahwa selip kopling disebabkan karena plat kopling yang sudah aus maka hal tersebut menandakan bahwa anda harus mengganti kampas kopling dengan yang baru. Apabila terdapat yang sudah longgar, maka silakan anda setel kembali.demikian juga ketika anda menemukan masalah selip kopling terjadi karena per kopling yang sudah lemah, maka silakan anda kencangkan per kopling atau ganti yang baru apabila diperlukan. Untuk lebih yakinnya tentu anda harus berkonsultasi dengan bengkel langganan supaya anda tidak salah dalam mendiagnosa penyebab dari selipnya kopling pada mobil

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Mobil Mogok Sulit Untuk Distarter

2. Pada saat kita melepas pedal kopling terasa bergetar

Apabila anda mengalami masalah di mana pada saat hendak melepas pedal kopling ternyata mobil terasa bergetar, maka beberapa bagian komponen mulai dari plat kopling, roda gila dan matahari dalam kondisi tidak rata. Kondisi tersebut merupakan penyebab proses penyaluran tenaga yang berasal dari mesin ke bagian transmisi tidak halus atau tidak mulus, sehingga tentu akan menyebabkan gesekan atau getaran yang kasar di saat pedal kopling dilepas oleh kaki anda. Untuk mengatasi hal tersebut bisa anda lakukan dengan cara meratakan kembali komponen roda gila serta melakukan penggantian pada komponen kopling yang mengalami masalah tersebut.

3. Munculnya bunyi gemertak

Kondisi plat kopling yang sudah tidak normal lagi bisa menyebabkan munculnya bunyi gemertak pada saat gear dipindahkan. Selain itu, kondisi plat kopling yang tidak bisa kembali ke tempat semula juga menjadi bagian yang menyebabkan munculnya bunyi gemertak.gejala lain yang biasanya timbul adalah gigi sulit dipindahkan, pada saat berhasil dipindahkan akan terdengar suara gemertak. Apabila anda mengalami kondisi ini maka tentunya proses penggantian beberapa komponen pada kopling perlu dilakukan karena sudah mengalami kerusakan, keausan dan juga keretakan. Silahkan anda bawa mobil ke bengkel yang sudah menjadi langganan.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Body Mobil Penyok Dengan Cepat

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara memperbaiki kopling mobil yang mengalami selip, bergetar dan berbunyi. Mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi rujukan anda yang sedang berusaha mencari letak permasalahan yang terjadi pada kopling mobil anda. Apabila anda menemukan kesulitan silahkan anda bawa mobil ke bengkel supada bisa dilakukan diagnosa oleh teknisi yang lebih ahli. Terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *