Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Memperbaiki Kunci Kontak Motor Secara Umum

Cara Memperbaiki Kunci Kontak Motor Secara Umum

Cara memperbaiki kunci kontak motor wajib diketahui oleh setiap pengguna sepeda motor sehingga resiko sepeda motor macet dijalan bisa diminimalisir. Ketika kunci kontak sepeda motor mengalami kerusakan, maka ada beberapa sistem pada sepeda motor yang mengalami gangguan serta masalah. Salah satu contohnya adalah pada saat kita menyalakan mesin sepeda motor dengan memutar kunci kontak ke posisi “ON” yang mana kadangkala lampu indikator pada speedometer tidak menyala. Walaupun indikator yang ada pada speedometer sepeda motor menyala, apabila kita mencoba menyalakan mesin sepeda motor menggunakan kick starter kadangkala bisa menyala dengan normal. Kondisi tersebut tentunya berbeda-beda menyesuikan jenis kerusakan yang terjadi pada kunci kontak sepeda motor.

Cara Memperbaiki Kunci Kontak Motor

Penyebab dari kunci kontak motor mengalami kerusakan

Tentunya kita perlu mempelajari berbagai macam penyebab dari kunci kontak motor mengalami kerusakan sehingga nantinya kita bisa berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga kondisi kunci kontak sepeda motor supaya tetap dalam kondisi yang baik.

  1. Penyebab yang pertama adalah menggunakan gantungan kunci motor yang terlalu besar dan berat. Gantungan yang terlalu besar dan berat pada kunci kontak sepeda motor tentunya akan menyebabkan beban kerja dari rumah kunci sepeda motor bertambah berat. Lambat laun tentunya bagian dalam dari kunci kontak sepeda motor akan rusak apabila menahan beban yang terlalu berat.
  2. Penyebab kunci kontak sepeda motor mengalami kerusakan yang kedua adalah ketika kita terlalu memaksakan untuk memutar kunci kontak . kadangkala, pada beberapa kondisi kunci kontak sepeda motor kita miliki terlalu sulit untuk diputar. Hal tersebut wajar terjadipada beberapa jenis merk sepeda motor.
  3. Kunci kontak sepeda motor juga bisa mengalami kerusakan apabila digunakan untuk menyalakan sepeda motor selain yang menggunakan kunci kontak tersebut. Perlu kita ketahui bersama bahwa produsen kunci kontak sepeda motor akan membuat seluruh produksinya berbeda walaupun secara fisik memiliki bentuk yang mirip. Jadi,model dasar yang dimiliki oleh setiap kunci kontak sepeda motor pastinya berbeda. Apabila anda memaksakan untuk membuka kunci kontak sepeda motor yang bukan aslinya, maka akan menyebabkan rumah kunci dan kunci dari sepeda motor tersebut rusak.
  4. Seringnya kunci kontak motor terkena debu dan hujan juga akan dengan mudah membuat kondisi kunci kontak menjadi cepat berkarat apabila tidak segera di bersihkan dan dikeringkan. Apabila kunci kontak motor sudah berkarat tentunya akan menyebabkan anak kunci kontak tersebut akan sulit dimasukan kedalam rumahan kunci kontak.
Baca Juga:   Cara memperbaiki motor injeksi yang mati

Cara memperbaiki kunci kontak motor secara umum

Setelah kita memahami beberapa penyebab dari kerusakan kunci kontak sepeda motor, maka langkah selanjutnya adalah bahasan mengenai cara memperbaiki kunci kontak motor secara umum. Maksud dari proses perbaikan kunci kontak sepeda motor secara umum adalah teknik ini bisa diterapkan pada sebagian besar kunci kontak sepeda motor.

  1. Tahapan pertama di dalam proses memperbaiki kunci kontak motor adalah dengan melepas bandul yang ada pada kunci sepeda motor. Apabila anda merasa takut akan kehilangan kunci kontak tersebut, maka anda bisa menambahkan gantungan kunci yang dapat di ikatkan ke kaca spion.
  2. Walaupun bentuknya mirip, jangan sampai anda menggunakan kunci kontak sepeda motor untuk menyalakan mesin sepeda motor yang bukan pasangan dari kunci kontak tersebut. Hal tersebut hanya akan membuat rumah kunci yang menempel pada sepeda motor sekaligus kuncinya mengalami kerusakan. Apabila sudah rusak, maka walaupun sepeda motor dalam kondisi “ON” tetap saja akan membuat kunci kontak mudah jatuh.
  3. Anda bisa menggunakan thinner untuk membersihkan kunci kontak motor yang memiliki karat akibat dari seringnya kena debu maupun hujan.
  4. Apabila kunci kontak sepeda motor sudah terlanjur rusak, maka anda bisa mencoba untuk membuat duplikat dari kunci kontak di jasa pembuatan kunci kontak sepeda motor yang banyak anda temukan di area perkotaan.
  5. Untuk memperlancar dan memperhalus proses memasukkan anak kunci kontak ke dalam rumah kunci, anda bisa sedikit mengoleskan pelumas pada anak kunci tersebut. Setelah anak kunci kontak sepeda motor sudah di lumasi dengan merata, maka anda bisa mencoba untuk memasukkan ke dalam rumah kunci kontak dan dilanjutkan dengan proses menyalakan dan mematikan beberapa kali untuk melakukan pengetesan pada kualitas kunci kontak sepeda motor tersebut. Apabila diperlukan, Anda juga bisa menambahkan pelumas pada rumah kunci supaya proses pergerakan kunci kontak motor semakin mudah dan halus.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Bendik Motor Rusak Secara Akurat

Demikianlah tutorial mengenai cara memperbaiki kunci kontak motor yang rusak secara umum sehingga anda bisa memanfaatkan tutorial ini untuk memperbaiki kunci kontak sepeda motor yang rusak pada beberapa merk sepeda motor. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga anda sukses didalam proses perbaikan kunci kontak sepeda motor yang rusak.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *