Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Lampu Mobil Yang Nyalanya Redup Sebelah

Cara Memperbaiki Lampu Mobil Yang Nyalanya Redup Sebelah

Cara memperbaiki lampu mobil yang nyalanya redup sebelah perlu dilakukan untuk proses perbaikan kondisi lampu besar mobil yang sistem kelistrikan nya sedang mengalami masalah. Kondisi di mana lampu mobil yang nyalanya redup sebelah tentu bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Kondisi antara mobil yang satu dengan mobil yang lain tentunya memiliki perbedaan. Lampu mobil yang nyalanya redup sebelah juga bisa terjadi pada lampu besar sebelah kanan dan bisa juga terjadi pada lampu besar sebelah kiri.

Cara Memperbaiki Lampu Mobil Yang Nyalanya Redup Sebelah

Sebelum kita membahas bagaimana cara memperbaiki lampu mobil yang nyalanya redup sebelah, alangkah baiknya apabila kita memahami terlebih dahulu faktor-faktor yang bisa menyebabkan lampu mobil nyalanya redup sebelah. Berikut ini adalah pembahasannya.

  1. Adanya bagian yang longgar pada headlamp rumah sekring. Kondisi sekring headlamp yang longgar bisa menyebabkan adanya pengurangan arus listrik yang masuk menuju ke bagian lampu utama atau lampu besar, sehingga akibatnya adalah lampu utama menyala namun tidak terang.
  2. Melelehnya bagian socket di bohlam lampu utama. Biasanya, jenis bohlam yang digunakan adalah bohlam H4
  3. Rusaknya bagian saklar kombinasiuntuk memilih lampu jauh atau lampu dekat. Ada kemungkinan juga, saklar pada lampu besar juga akan membuat lampu menyala dengan redup
  4. Putusnya bagian sekring headlamp
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Mobil Mogok Sulit Untuk Distarter

Sekring lampu utama putus menyebabkan nyala lampu menjadi redup sebelah

beberapa jenis mobil bermerek Toyota kadangkala mengalami masalah dimana nyala lampu depan redup sebelah. Kondisi ini disebabkan oleh adanya sekring headlamp yang putus atau bermasalah. Apabila lampu yang menyala redup sebelah kirim, maka sikring headlamp yang putus adalah bagian sebelah kiri. Begitu juga sebaliknya, apabila lampu besar yang menyala redup sebelah kanan, maka sekring headlamp yang putus adalah sebelah kanan.

Permasalahan yang menyebabkan putusnya sekring headlamp memang tidak serta merta bersumber akibat dari terjadinya konslet atau short di bagian sistem kelistrikan mobil anda. Namun, rata-rata permasalahan yang menyebabkan sekring headlamp mengalami putus adalah karena umur dari bohlam H4 yang sudah cukup tua. Selain itu, bagian sekring lampu yang longgar juga menjadi salah satu penyebab cepatnya sekring headlamp putus.

Indikator lain yang dapat dilihat dari instrumen dasbor mobil pada saat sekring headlamp bagian depan mengalami putus yaitu ketika kita menyalakan lampu bagian depan yang ada di posisi bawah atau sering dikenal dengan lampu dekat yaitu instrumen indikator lampu yang ada pada dasbor mobil atau lebih dikenal dengan sebutan indikator high beam ikut menyala, namun kelihatannya menyala dengan redup.

Cara memperbaiki lampu mobil yang nyalanya redup sebelah

Guna memperbaiki kondisi nyala lampu depan yang nyalanya redup sebelah adalah dengan cara melakukan penggantian pada komponen sekring lampu mobil yang mengalami putus tersebut. Untuk melakukan proses penggantian bagian sekring lampu mobil yang putus tersebut tentunya bisa dilakukan dengan mengambil sekring cadangan yang biasanya sudah dipersiapkan di rumah. Namun, apabila anda tidak memiliki atau menyimpan sekring headlamp cadangan tersebut hp mau tidak mau tentunya anda harus membeli di bengkel.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil Mengalami Macet

Posisi dari sekring cadangan atau spare yaitu terletak pada box sekring. Silahkan anda pahami posisi sekring cadangan tersebut dengan membaca informasi yang terdapat pada tutup box sekering di mobil anda.

Hal-hal yang menyebabkan kondisi lampu depan mobilmenyala redup sebelah adalah sebagai berikut:

Pada saat lampu jarak dekat dinyalakan, pada lampu depan sebelah kiri akan dialiri arus listrik yang menuju ke bagian ground lewat tombol atau saklar kombinasi. Dengan demikian, lampu depan sebelah kiri untuk jarak dekat bisa menyala dengan terang.

Sementara itu, pada lampu jarak jauh sebelah kiri ternyata juga akan dialiri arus listrik yang mana arus listrik tersebut akan mengalir menuju pada bagian film andy bohlam H4 untuk lampu jarak jauh di bagian sebelah kanan kemudian bergerak lagi menuju filamen lampu H4 jarak dekat sebelah kanan, lalu masuk ke ground, tombol atau saklar kombinasi.

Apabila kita simak secara sederhana, lampu bagian depan akan menyala redup ketika dua bagian elemen pada lampu H4 baik pada bagian bawah maupun bagian atas menyala secara bersamaan untuk lampu bagian depan.hal yang sama juga terjadi pada lampu depan bagian kiri, dimana pada bagian elemen lampu jarak jauh ternyata juga akan menyala namun dalam kondisi redup.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Honda Brio

Sekian informasi dan bahasan singkat mengenai cara memperbaiki lampu mobil yang nyalanya redup sebelah. Alangkah baiknya untuk memperbaiki kondisi lampu yang rusak seperti ini karena lampu merupakan salah satu faktor penting penunjang keselamatan berkendara di malam hari. Apabila nyala lampu depan pada mobil anda terlihat terang, maka tentunya aktivitas anda di dalam berkendara mobil akan semakin nyaman dan juga akan membuat pengendara lain mudah untuk melihat posisi mobil anda sehingga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. Akhir kata, terima kasih atas kunjungan anda dan selamat mencoba memperbaiki lampu mobil bagian depan yang menyala namun redup sebelah.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

4 Komentar

  1. Apakah lampu lawas juga bisa menyebabkan meredupnya lampu gan?

  2. lampu sein saya yg sebelah nyalanya redup, apanya ya mas? apa sama dengan lampu redup tadi, alias sekringnya putus?

    • Kalo menurut saya jika lampu sein yang redup sebelah bisa disebabkan karena relay yang sudah bermasalah, namun untuk kepastiannya memang harus di cek dibengkel dengan memakai alat ukur. Selain kondisi relay, kondisi bohlam lampu juga tentunya turut mempengaruhi kondisi tersebut. Terima kasih atas kunjungannya mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *