Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Master Rem Mobil

Cara Memperbaiki Master Rem Mobil

Topik bahasan yang akan saya angkat pada artikel kali ini adalah bagaimana cara memperbaiki master rem mobil yang bermasalah. Istilah untuk master rem mobil hampir sama dengan istilah untuk poster rem. Permasalahan yang sering muncul pada master rem mobil adalah kebocoran yang terjadi pada bagian tersebut. Namun, apakah anda sudah mengetahui apa sebenarnya fungsi dari master rem mobil tersebut? Master rem mobil berfungsi sebagai sebuah alat yang memakai perbedaan antara tekanan atmosfer dengan mesin vacuum guna mendapatkan sebuah tenaga yang sangat kuat sebagai alat pendorong yang sangat proporsional yang nantinya digunakan untuk mengoperasikan proses pengereman yang berasal dari tenaga penekanan pedal ke kanvas rem pada roda mobil.

Cara Memperbaiki Master Rem Mobil

Seiring dengan umur mobil dan juga frekuensi pemakaian yang dilakukan pada rem menyebabkan terjadinya beberapa masalah. Masalah yang sering dialami pada rem mobil adalah adanya kebocoran pada bagian master rem atau servo. Kondisi kebocoran yang terjadi pada master rem biasanya akan menyebabkan kondisi mobil menjadi susah untuk langsam. Gejala paling sering yang muncul akibat dari kebocoran master rem adalah munculnya suara mendesis yang berasal dari udara yang berasal dari master rem pada saat rem digunakan.

Baca Juga:   Beginilah Cara Memperbaiki Accu Kering Mobil Dengan Mudah

Karena begitu pentingnya fungsi rem pada sebuah mobil maka tentunya apabila master rem mengalami kebocoran maka secepatnya harus diperbaiki. Kondisi master rem yang bermasalah tentunya akan sangat mempengaruhi daya pengereman sehingga apabila master rem yang bocor dibiarkan berlarut-larut ditakutkan akan terjadi kecelakaan karena sistem pengereman yang bermasalah.

Cara memperbaiki rem mobil sebenarnya bisa dicoba sendiri terlebih dahulu sebelum anda membawa mobil ke bengkel. Tentunya hal tersebut bertujuan supaya kita bisa lebih memahami sistem pengereman pada mobil sekaligus supaya kita bisa melakukan penghematan pada proses perawatan dan perbaikan mobil.

Berikut ini adalah cara memperbaiki master rem mobil beserta penyebabnya:

Sebelumnya perlu kita pelajari bersama bahwa di dalam master rem atau servo terdapat sejumlah seal karet. Karena itulah ada kemungkinan bahwa bagian seal karet tersebut yang berada di dalam master rem mengalami kebocoran.karet yang ada di dalam master rem merupakan komponen yang sangat rentan dengan kerusakan. Oleh sebab itulah maka sel karet didalam master rem memang benar-benar membutuhkan perawatan ekstra supaya lebih awet dan tentunya untuk menjaga supaya sistem pengereman menjadi lebih aman.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Honda Freed

1. Karet atau seal karet di dalam master rem atau servo bocor

Apabila komponen karet atau seal booster rem mengalami kebocoran, maka anda harus menggantinya dengan seal karet master rem yang baru. Bentuk kerusakan dari seal master rem rata-rata dikarenakan kondisi sobek. Apabila anda ingin memastikan bahwa kerusakan master rem berasal dari seal karet master rem, maka tentunya anda harus melakukan proses pembongkaran pada master rem.

2. Bagian belakang pada seal servo

Apabila pada bagian seal servo bagian belakang bocor, biasanya akan ditandai dengan keluarnya suara mendesis yang berasal dari bagian tersebut. Untuk proses perbaikan, kita perlu melakukan pembongkaran. Hal tersebut disebabkan karena bagian seal tersebut dipasang pada bagian dalam master rem.

3. Kerusakan yang terdapat di bagian sambungan antara rumah master rem bagian belakang dan bagian depan

Kebocoran yang terjadi pada sambungan antara rumah master rem bagian belakang dan bagian depan tentunya akan menyebabkan gangguan pada sistem rem secara keseluruhan. Kebocoran pada sambungan tersebut rata-rata disebabkan pada saat master rem dibuka, proses pemasangan kembali tidak tepat atau pas.pada sambungan antara rumah master rem juga terdapat karet servo yang dijepit oleh bagian-bagian tersebut.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Tape Mobil Avanza Dengan Memanfaatkan Sekring Audio

4. Longgarnya dudukan pada master rem atau selang servo

Secara umum bagian karet yang terpasang dengan longgar di bagian tersebut akan menyebabkan dan menimbulkan masalah kebocoran. Pada bagian tersebut, komponen seal yang ada sangat mudah sekali untuk dilepas dan diganti. Hal tersebut disebabkan karena kita tidak perlu melakukan pembongkaran pada bagian master rem atau servo. Pada pekerjaan ini, kita cukup melakukan pencongkelan bagian penahan guna mengetahui adanya kebocoran. Pada saat anda membuka bagian master rem, kemudian pedal rem anda injak, maka secara otomatis udara bocor akan keluar.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara memperbaiki master rem mobil secara sederhana dan bisa anda coba sendiri di rumah sebelum membawanya ke bengkel langganan anda. Mudah-mudahan, artikel ini bisa berguna untuk anda jadikan sebuah referensi dasar mengenai cara memperbaiki rem mobil sehingga pengetahuan anda di dalam sistem pengereman mobil bisa bertambah. Mohon maaf atas segala kekeliruan dan kekurangan dari artikel ini dan terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *