Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Mesin Mobil Pincang

Cara Memperbaiki Mesin Mobil Pincang

Bagian terpenting ini supaya bisa bekerja dengan sempurna adalah sistem pengapian dan sistem bahan bakar. Apabila dari kedua sistem tersebut salah satu yang bermasalah bisa dipastikan sistem kerja dari mesinkegiatan ikut bermasalah. Kondisi inilah yang nantinya akan membuat mesin mobil menjadi pincang. Kondisi mesin mobil yang menjadi pincang tentunya berkaitan erat dengan kondisi putaran mesin yang tidak normal, tidak halus seperti pada kondisi biasanya. Kondisi mesin mobil yang pincang tentunya akan berakibat getaran yang sangat terasa pada saat kita berkendara. Selain itu, adanya kondisi mesin mobil yang pincang akan membuat tenaga dari mesin itu sendiri akan berkurang drastis. Mungkin, yang menjadi pertanyaan di dalam diri kita adalah apa saja yang menyebabkan mesin mobil pincang dan bagaimana cara memperbaiki mesin mobil yang pincang tersebut? Pada artikel kali ini saya akan mencoba mengulas mengenai cara memperbaiki mesin mobil yang pincang berdasarkan referensi dari beberapa sumber.

Cara Memperbaiki Mesin Mobil Pincang

Berikut ini adalah beberapa tahapan yang bisa anda kerjakan di dalam usaha memperbaiki mesin mobil pincang. Tahapan-tahapan ini merupakan alur sederhana yang bisa anda kerjakan sendiri di rumah Sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan wawasan baru di dalam proses perbaikan mesin mobil secara umum.

1. Melakukan proses pengecekan kabel busi yang rusak, busi mati dengan memanfaatkan engine Balance test

Secara umum, mobil-mobil yang ada di pasaran memakai sistem 3 silinder sampai dengan 8 silinder. Untuk mendapatkan performa maksimal dari mesin mobil, maka diharuskan seluruh silinder yang ada di dalam mobil bisa bekerja dengan normal. Apabila salah satu dari silinder pada mobil terganggu kinerja nya, maka tentunya akan mengakibatkan kinerja dari mesin juga ikut terganggu dan akhirnya kestabilan mesin berubah-ubah.Dengan kondisi seperti itu apa yang dimakan Isa dipastikan mesin mobil akan pincang. Salah satu penyebab utama dari kondisi tersebut adalah komponen busi di salah satu silinder tidak bisa bekerja secara maksimal atau bahkan sudah mati, Yang tentunya mengakibatkan dalam silinder tersebut tidak bisa dilakukan proses pembakaran.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Stir Mobil Speleng

Lalu, Bagaimana cara mengecek permasalahan pada silinder mobil? Proses pengecekan bisa diawali dari busi. Untuk melakukan pengecekan pada posisi, anda bisa melakukan pembongkaran satu demi satu busi yang ada di masing-masing silinder. Silahkan anda amati kondisi busi secara visual. Perhatikan Apakah ada busi yang bagian ujungnya lebih basah dari ujung busi yang lainnya. Kondisi yang lebih basah pada ujung busi biasanya disebabkan karena campuran antara udara dengan bahan bakar tidak seimbang, lebih banyak bahan bakarnya sehingga kondisi ini akan membuat busi tidak bisa bekerja secara maksimal.

Apabila anda sudah menemukan salah satu atau lebih busi yang ujungnya basah, maka silahkan anda ganti busi tersebut, lalu silahkan Anda coba Nyalakan mesin dan rasakan Apakah mesin sudah bekerja dengan normal atau belum. Apabila didapat bahwa mesin sudah bekerja dengan normal maka permasalahan sudah selesai. Namun, apabila kondisi mesin masih pincang, maka anda bisa melangkah untuk melanjutkan proses diagnosa untuk menemukan permasalahan mesin yang pincang tersebut.

Langkah berikutnya di dalam proses pengecekan bagian silinder bisa dikatakan sedikit ekstrim. Caranya adalah dengan menghidupkan mesin mobil yang masih dalam kondisi pincang tersebut, lalu silakan Anda gunakan sarung tangan yang terbuat dari karet atau yang bisa digunakan sebagai isolator.

Langkah berikutnya silakan Anda coba perhatikan bagian mesin yang bergetar lalu anda lakukan pencabutan kabel busi dari masing-masing busi. Silahkan Anda rasakan, apakah getaran mesin mobil semakin pincang atau tidak. Apabila pada saat Anda mencabut kabel busi ternyata getaran pada mesin mobil bertambah, hal tersebut mengindikasikan bahwa bagian silinder tersebut bekerja dengan normal. Begitu juga sebaliknya, Apabila ternyata setelah anda mencabut kabel busi ternyata kondisi mesin tetap sama, maka hal tersebut berarti bahwa silinder tersebut lah yang mengalami masalah.

Anda bisa mencoba untuk melakukan pemeriksaan secara fisik pada kabel busi, Jika perlu Anda ganti kabel tersebut dengan yang baru. Silakan Anda lakukan pengecekan kembali apakah sudah normal atau belum. Apabila Setelah anda melakukan pengecekan kembali ternyata kondisi mesin sudah normal, maka anda sudah berhasil menyelesaikan pekerjaan. Namun, apabila mesin tetap kencang maka kemungkinan masalah berada pada sistem bahan bakar.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

Bagian lain yang berkaitan dengan sistem pengapian selain kabel busi dengan busi adalah coil. Bagian coil ini terpasang pada masing-masing silinder dengan jumlah 1 coil. Model ini diterapkan pada mobil Innova dan Avanza. Apabila pada tahapan diatas anda sudah menemukan letak silinder yang bermasalah, maka lakukan juga pemeriksaan pada bagian koilnya. Cara termudah yang bisa dilakukan adalah mengganti posisi koil antar silinder dan silakan Anda analisa hasilnya.

2. Sistem bahan bakar yang bermasalah pada mobil

Sekarang ini dikenal dua sistem bahan bakar pada mobil, yaitu sistem bahan bakar konvensional dan sistem bahan bakar injeksi. Sistem bahan bakar konvensional tentunya masih memakai karburator yang digunakan untuk melakukan proses pencampuran antara udara dengan bahan bakar. Sementara itu, sistem bahan bakar injeksi sudah menerapkan sistem komputerisasi di dalam pengontrolan bahan bakar yang nantinya masuk ke dalam tiap-tiap silinder. Kondisi mesin pincang yang disebabkan karena bahan bakar bermasalah rata-rata terjadi pada sistem bahan bakar injeksi. Hal tersebut disebabkan karena salah salah injector tidak bisa. Hal tersebut bisa dikarenakan injektornya yang sudah rusak atau injector mengalami sumbat oleh kotoran yang dibawa bahan bakar. Tersumbatnya injector tersebutlah yang akan menyebabkan suplai bahan bakar tidak bisa berjalan secara maksimal.

Bagaimana cara mengetahui sistem bahan bakar mengalami permasalahan?

Langkah pertama bisa kita lakukan dengan proses pelepasan satu demi satu konektor atau socket yang masuk ke dalam bagian injektor. Tujuan dari proses ini adalah guna memastikan Apakah harus yang masuk kedalam injector bekerja atau tidak.Perhatikan pada bagian silinder sudah saat Anda melepas konektor injektor. Apakah ada perubahan getaran yang terjadi pada mesin. Apabila anda sudah menemukan, maka silahkan melakukan pembongkaran pada injektor lalu bersihkan memakai cleaner injector yang berupa cairan.

Baca Juga:   Cara Belajar Mengendarai Mobil

Lalu bagaimana cara melakukan pengecekan pada sistem bahan bakar yang menggunakan karburator?

Pada sistem bahan bakar pada mobil yang menggunakan karburator penyebab dari pinjaman mesin mobil ketidaksanggupan proses pembuatan bahan bakar secara merata pada setiap silinder. Proses masuknya campuran bahan bakar ke dalam silinder dikarenakan kevakuman. Tentunya bisa dipastikan akan ada selisihdari masing-masing silinder, walaupun jumlahnya sangat kecil. Berdasarkan berbagai macam pengalaman, permasalah yang sering menimpa mobil dengan sistem konvensional disebabkan karena sistem pengapian. Sementara itu, untuk jenis mobil injeksi, penyebab dari mesin pincang bisa kedua-duanya yaitu sistem pengapian dan sistem bahan bakar.

3. Tekanan kompresi yang Mengalami penurunan

Supaya proses pembakaran terjadi dengan sempurna, maka tekanan kompresi haruslah tinggi. Kondisi dimana ring Piston mulai melemah dan mengalami keausan Di bagian dinding silinder merupakan salah satu bagian yang menyebabkan proses kompresi Mengalami penurunan. Tentunya, masing-masing mobil memiliki spesifikasi tersendiri pada bagian tekanan kompresi ini. Apabila terjadi proses penurunan kompresi yang cukup signifikan pada salah satu silinder, maka kondisi mesin pincang akan sangat terasa. Untuk mengetahui dan memastikan penurunan tekanan kompresi ini, kita bisa melakukannya dengan menggunakan alat yang namanya compression tester. Apabila pada tahapan ini ditemukan bahwa nilai kompresi memang sudah menurun drastis maka mau tidak mau anda harus mengganti bagian ring piston untuk proses perbaikan awal.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara memperbaiki mesin mobil pincang yang sebagian besar bisa anda kerjakan sendiri. Rata-rata, mesin mobil yang pincang disebabkan oleh sistem pengapian dan sistem bahan bakar. Sementara itutekanan kompresi yang mengalami penurunan disebabkan oleh ring Piston sangatlah jarang terjadi. Hal tersebut tentunya disebabkan karena komponen mesin piston memiliki tingkat keawetan dan umur yang lumayan panjang ketika digunakan. Mudah-mudahan, anda bisa menyelesaikan permasalahan mengenai mesin mobil yang pincang dari dua langkah di atas baik dari sisi pengapian maupun sistem bahan bakar. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *