Home / Otomotif / Mobil / Cara memperbaiki mobil lecet tergores

Cara memperbaiki mobil lecet tergores

Salah satu penyebab terjadinya kemacetan di Jalan Raya adalah jumlah mobil yang semakin tahun semakin banyak jumlahnya. Tentu saja kemacetan yang terjadi di Jalan Raya berpotensi membuat pengendara menjadi kurang sabar karena harus berpacu dengan waktu untuk sampai ke tempat tujuan. Padahal, kondisi ketidaksabaran pengguna justru sering menyebabkan terjadinya senggolan pada kendaraan yang pada akhirnya akan membuat cat mobil menjadi lecet tergores.

Cara memperbaiki mobil lecet tergores

Tentunya pekerjaan untuk memperbaiki cat mobil yang lacak tergores bisa dilakukan di bengkel dan hal tersebut memang sudah sangat disarankan oleh siapa saja. Apalagi, kesibukan dari setiap pengguna mobil membuat proses perbaikan mobil yang lecet tersebut harus ditangani oleh pihak lain. Disamping itu, menyerahkan pekerjaan Memperbaiki Mobil aja tergores diserahkan ke bengkel karena ketidakmampuan di dalam menangani masalah tersebut. Padahal, memperbaiki mobil lecet tergores bisa dicoba sendiri terlebih dahulu sebelum kita membawa ke bengkel. Tujuannya supaya kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk biaya perbaikan mobil lecet tergores catnya.

Cara memperbaiki mobil lecet tergores ini Tentunya Bisa Anda coba Kerjakan sendiri di rumah supaya biaya perbaikan Tidaklah terlalu banyak. Niat dan kemauan yang keras adalah salah satu syarat pertama yang harus anda miliki supaya Anda benar-benar siap untuk proses perbaikan mobil yang lecet tergores tersebut.Alat yang dibutuhkan untuk memperbaiki mobil lecet juga tidak lah mahal, sehingga Anda bisa menyiapkan nya sendiri. Hanya dibutuhkan kehati-hatian dan kerja keras saja supaya pekerjaan Anda di dalam memperbaiki mobil lecet tergores berjalan mulus. Alat yang dibutuhkan oleh anda di dalam memperbaiki mobil lecet tergores yaitu satu botol touch-up paint.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Toyota Yaris

Berikut adalah cara memperbaiki mobil lecet tergores:

  1. Tahapan pertama, silakan Anda persiapkan alat Touch Up paint dengan warna yang sama dengan warna mobil nih yang hendak Anda perbaiki karena tergores. Alat Touch Up paint ini Tentunya bisa anda beli di toko spare part otomotif atau dealer-dealer mobil.
  2. Sebelum Anda menggunakan alat Touch Up, silakan Anda bersihkan terlebih dahulu bagian permukaan cat mobil yang kena lecet tersebut. Manfaatkan kain lap yang halus atau tisu yang kondisinya bersih.
  3. Sebelum mengaplikasikan touc,oint, anda perlu melakukan pengocokan pada alat tersebut dengan durasi sekitar 1 menit.
  4. Setelah anda selesai menyiapkan alat Touch Up paint tersebut, tentunya Anda bisa melanjutkan untuk menggunakan alat tersebut. Cara menggunakan Touch Up paint ini juga tidaklah sulit, yaitu anda hanya perlu untuk mengoleskan zat tersebut pada bagian permukaan cat mobil yang lecet tergores.
    Selain mengoleskan Touch Up paint, metode yang bisa anda lakukan untuk mengaplikasikan alat tersebut adalah dengan cara menggunakan kuas pada bagian cat mobil yang tergores.
  5. Penggunaan Touch Up paint ini hanya perlu dilakukan pada bagian permukaan cat mobil yang lecet tergores. Usahakan untuk mengecat dalam kondisi yang tipis aja agar warna cat baru dari touch-up paint ini menyerupai warna yang lama.
  6. Apabila ternyata Touch Up paint yang Anda gunakan terlalu tebal, maka anda harus secepatnya membersihkan atau menghapus hasil pengecatan tersebut sebelum cat yang Anda gunakan benar-benar kering dan meresap pada bagian yang lacak tergores.
  7. Kerjakan proses pengecatan menggunakan laut apain ini pada kondisi sinar matahari yang cukup terik sehingga proses pengecatan bisa lebih cepat mengering.
    Apabila anda sudah cukup yakin bahwa hasil pengecatan yang Anda lakukan sempurna, maka silahkan anda biarkan hasil pengecatan anda sekitar 5 menit atau sampai cat tersebut benar-benar mengering.
  8. Setelah anda selesai melakukan pengecatan menggunakan touch-up paint ini, biasanya hasil yang didapat akan sedikit menonjol dibandingkan dengan bagian aslinya. Untuk melakukan perataan bagian yang menonjol tersebut, anda bisa memanfaatkan cairan waxdan juga kain yang memiliki permukaan cukup halus.
  9. Selesai dan anda akan mendapatkan permukaan cat yang tadinya lacak tergores menjadi kembali mulus serta mengkilap.
Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil F1 Dengan Memahami Tombol Fungsi

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara memperbaiki mobil ada tergores yang bisa Anda coba sendiri dengan memanfaatkan alat yang namanya Touch Up paint. Alat ini tentunya sangat mudah dijumpai di dealer-dealer ataupun di toko penjual spare part mobil. Harga mesin mesin juga bentuknya berbeda. Sebagai referensi Dasar, harga Touch Up paint memiliki harga Rp.120.000 dengan berat 100 gram. Harga tersebut dibandrol untuk Touch Up paint yang di khusus kan untuk mobil jenis BMW dan mobil Mercy. Mudah-mudahan, setelah anda menggunakan Touch Up paint, maka mobil anda yang lacak tergores tersebut bisa mulus kembali. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *