Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Mobil Mogok Sulit Untuk Distarter

Cara Memperbaiki Mobil Mogok Sulit Untuk Distarter

Bahasan artikel tentang otomotif Pada kesempatan kali ini adalah tentang cara memperbaiki mobil mogok yang sulit untuk dihidupkan atau distarter. Penyebab mobil mogok memang cukup banyak, namun fokus bahasan Pada kesempatan kali ini hanyalah pada bagian dimana mobil sulit untuk dihidupkan atau distarter. Beberapa masalah yang bisa membuat mobil mogok adalah pada bagian sistem pengapian, pada bagian sistem kelistrikan, termasuk di dalamnya adalah pada sistem injeksi. Seluruh bagian tersebut tentunya ikut berperan serta di dalam proses menghidupkan mesin mobil.

Cara Memperbaiki Mobil Mogok Sulit Untuk Distarter

Khusus mengenai cara memperbaiki mobil mogok sulit untuk distater adalah fokus dimana mobil sulit dihidupkan mesinnya karena masalah starter ini. Maksudnya adalah, fungsi dari tombol Starter, yaitu pada saat kita melakukan pemutaran kunci kontak mobil, mesin mobil akan dicoba untuk dihidupkan dengan menggunakan sistem setarter yang ada. Hanya saja, karena adanya Salah satu bagian dari sistem stater tersebut tidak bekerja dengan normal, maka tentunya mobil akan mengalami mogok.

Berikut ini adalah cara memperbaiki mobil mogok sulit untuk distarter:

  • Penyebab pertama dari sulitnya mobil untuk distarter terletak pada kemungkinan aki yang sudah soak. Selain itu, sistem pengecasan pada mobil sudah tidak bisa bekerja dengan normal. Ketika sistem pengecasan atau pengisian aki sudah tidak normal lagi, ketika mobil digunakan dalam jangka waktu lama, kemudian parkir agak lama, maka begitu mesin mobil distarter akan sulit untuk hidup.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Body Mobil Penyok Dengan Cepat

Tahapan awal di dalam memperbaiki masalah aki soak yaitu dengan cara melakukan penjumeran aki. Selain itu, penggantian aki juga merupakan alternatif yang cukup bagus untuk mengatasi masalah ini. Terutama pada jenis mobil matic, karena pada jenis mobil ini ketika aki sudah terkuras habis tenaganya maka harus dilakukan jumper aki. Berbeda dengan jenis mobil dengan menggunakan transmisi manual yang mana mobil masih bisa diusahakan untuk dihidupkan mesinnya dengan cara didorong.

  • Penyebab kedua dari mobil mogok dikarenakan kondisi motor starter yang sudah mengalami kerusakan. Penyebab motor starter rusak rata-rata dikarenakan kondisi carbon brush atau arang stater sudah menipis atau habis,kerusakan yang terjadi pada switch solenoid, slipnya gear pinion, kondisi yang sudah aus pada bagian ring gear pada roda gila.

Untuk bisa menghidupkan mesin mobil ketika mengalami masalah pada bagian motor starter ini adalah dengan mendorong mobil sampai mesin hidup. Namun cara ini merupakan cara sementara ketika mobil anda mogok di tengah jalan. Sebisa mungkin,Anda bisa melakukan perbaikan secara keseluruhan pada bagian motor starter ini. Apabila anda tidak begitu familiar dengan proses perbaikan motor starter, maka sebaiknya anda membawa mobil ke bengkel langganan.

  • Penyebab ketiga adalah Security system ada mobil yang menghalangi mesin mobil untuk distarter atau dihidupkan. Rata-rata kasus seperti ini disebabkan karena Kondisi baterai pada remote yang sudah mulai Lemah atau bahkan sudah habis sama sekali. Solusi jitu untuk mengatasi masalah ini Tentunya adalah dengan mencoba mengganti baterai remote yang sudah habis tersebut menggunakan baterai remote yang masih baru.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Lampu Mobil Yang Nyalanya Redup Sebelah

Selain mengganti baterai remote dengan yang baru, biasanya ada cara untuk melakukan start mesin mobil ketika batre remot sudah melemah atau habis. Untuk bisa mengetahui cara tersebut, anda bisa membuka buku manual mobil anda. Pengalaman ini bisa anda temukan bagi yang menggunakan mobil jenis Xenia atau Avanza. Dan tidak menutup kemungkinan juga bisa ditemukan pada jenis mobil yang lain.

  1. Penyebab ke empat dari Mobil tidak bisa dihidupkan atau mogok dikarenakan kondisi mesin yang overheat. Kondisi mesin yang terlalu panas atau overheat tentunya sangat berpotensi membuat mesin mobil sulit untuk distarter. Rata-rata kondisi ini terjadi pada saat mobil terjebak dalam keadaan macet di jalan yang mana mobil berjalan sangat pelan namun kondisi mesin tetap dalam kondisi hidup terus.

Selain itu, kondisi mesin overheat yang dipaksakan untuk hidup tentunya sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup mesin mobil itu sendiri. Efek yang paling sering terjadi ketika mesin mobil dalam keadaan overheat tetap dipaksakan untuk hidup Apa itu oli mesin akan terbakar atau habis karena mengering. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan overheat mesin? Overheat mesin merupakan sebuah kondisi dimana suhu mesin mobil naik secara berlebihan melebihi ambang kewajaran.

Baca Juga:   cara memperbaiki bumper mobil yang penyok

Apabila mobil anda mengalami mogok akibat mesin yang overheat ini dan mesin sudah tidak mau di hidupkan kembali, maka tentunya Anda harus menderek mobil ke bengkel. Harapannya kondisi mesin yang overheat ini belum sampai menyebabkan oli yang ada di dalam mesin ikut terbakar. Karena apabila kondisi oli di dalam mesin sudah mengering tentunya akan membuat mesin mobil mengalami kerusakan dan sudah pasti akan dilakukan proses pembongkaran atau sering disebut dengan istilah turun mesin. Biaya untuk proses perbaikan turun mesin mobil tentunya sangat tinggi sehingga Anda harus siap merokok kocek dalam-dalam.

Sekian pembahasan singkat mengenai cara memperbaiki mobil mogok yang sulit untuk dihidupkan atau distarter karena beberapa hal. Mudah-mudahan, apabila kebetulan di jalan Anda menemukan masalah ini, anda sudah tidak perlu bingung-bingung lagi di dalam mengatasi permasalahan di mana mesin mobil anda mogok dan sulit untuk di starter. Terima kasih dan semoga kegiatan berkendara Anda semakin nyaman dan aman tanpa ada masalah yang berarti.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *