Home / Hardware / Cara Memperbaiki Monitor Komputer Yang Mati Total

Cara Memperbaiki Monitor Komputer Yang Mati Total

Cara Memperbaiki Monitor Komputer Yang Mati Total ini dibuat dengan tujuan agar para pengguna komputer bisa mencoba memperbaiki monitor kkomputer yang tiba-tiba rusak pada saat digunakan. Kerusakan dari monitor komputer yag mati total memang tidak bisa diprediksi. Kadang monitor yang baru beli pun mengalami kerusakan tersebut. Tentunya sangat disayangkan ketika monitor komputer yang kita gunakan rusak mati total, lalu kita ganti dengan yang baru. Hal tersebut tentunya merupakan sebuah pemborosan. Apabila monitor yang kita gunakan masih dalam masa garansi, maka biaya perbaikannya bisa ditanggung oleh service center, namun bagi monitor komputer yang sudah lewat masa garansinya, maka apabila hendak diperbaiki kita harus merogok kocek guna membiayai perbaikan monitor tersebut.

Cara Memperbaiki Monitor Komputer Yang Mati Total

Kerusakan monitor komputer, terutama monitor LCD memang banyak sekali macamnya, bukan hanya sekedar mati total saja. Komponen elektronika yang rusak tentunya menjadi sumber kerusakan pada monitor komputer. Apabila ada komponen elektronika yang mengalami kerusakan, maka akan mengakibatkan kerja sirkuit/rangkaian didalamnya terganggu didalam bekerja. Kerusakan pada komponen tertentu yang akan menyebabkan layar monitor komputer menjadi mati total. Apabila kerusakan monitor komputer berupa mati total pada jenis monitor LCD, memang ada 2 kemungkinan, yaitu monitor LCD tidak bisa diperbaiki dan kemungkinan monitor LCD bisa diusahakan untuk diperbaiki. Bisa tidaknya monitor komputer jenis LCD tergantung pada lokasi kerusakan komponennya.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon E500

Ada baiknya kita mengenal bagian-bagian dari monitor komputer jenis LCD dan fungsinya yang biasanya mengalami kerusakan. Pengetahuan mengenai hal tersebut tentunya sangat berguna untuk membantu kita didalam proses mendiagnosa sekaligus proses memperbaikinya.

Bagian monitor LCD dan fungsinya:

  1. Bagian yang berguna untuk mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC, dinamakan bagian Regulator utama
  2. Bagian yang berguna guna menaikan besarnya tegangan DC yang berasal dari regulator utama dinamakan inverter backlight
  3. Bagian yang berguna untuk mengontrol sistem disebut panel LCD.
  4. Bagian yang berguna untuk menaikan tingkat ketajaman baik pada sisi brighness maupun kontrass dinamakan lampu backlight
  5. Bagian yang berguna sebagai papan induk tempat tersambungnya seluruh bagian dari monitor LCD atau bisa disebut sebagai otaknya sistem, dinamakan motherboard
  6. Dan beberapa komponen pendukung monitor LCD lainnya yang tentunya bisa kita temukan pada saat kita membuka casing monitor LCD.

Ketika kita sudah memahami seluruh bagian yang ada pada monitor komputer jenis LCD, maka kita tentunya akan lebih mudah didalam mendiagnosa lokasi kerusakan berdasarkan jenis kerusakan yang muncul, salah satunya adalah jenis kerusakan dimana monitor komputer jenis LCD mati total. Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas mengenai Cara Memperbaiki Monitor Komputer Yang Mati Total dengan cara yang cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja, asalnya sudah ada dasar dibidang elektronika.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Penggunaan Komputer

Cara Memperbaiki Monitor Komputer Yang Mati Total

  1. Tahapan pertama, silahkan anda cabut kabel power yang masih terpasang pada stop kontak dinding rumah anda
  2. Bersihkan seluruh bagian bodi monitor komputer LCD dari debu dan kotoran lainnya.
  3. Lanjutkan dengan membuka bagian cover atau bagian casing monitor LCD belakang. Setelah sebelumnya ada membersihkan debu yang banyak menempel, maka pada saat anda membuka cover belakang monitor LCD, kondisi bagian dalam monitor tetap terjaga kebersihannya
  4. Untuk tahapan teknis pertama, bagian yang perlu dicek adalah pada bagian regulator utama. Anda harus melepas seluruh kabel yang terkoneksi atau terhubung pada bagian regulator utama tersebut guna meminimalisir kerusakan pada motherboard apabila ada bagian yang mengalami konsleting. Silahkan anda ukur tegangan keluaran dari bagian regulator utama tersebut, apakah tegangan keluar dengan normal atau sudah drop. Besarnya tegangan keluaran pada bagian ini tertunya berbeda antara monitor komputer jenis LCD yang satu dengan yang lainnya. Besarnya tegangan pada regulator utama biasanya sudah tertulis jelas pada bagian output tegangan.
  5. Apabila anda yakin kondisi regulator utama masih bekerja dengan baik, tahap berikutnya adalah proses pengecekan pada bagian inverter backlight. Silahkan anda ukur besarnya tergangan keluaran untuk bagian transistor fet dan bagian blok IC. Besarnya tegangan pada bagian tersebut adalah 5 volt sampai 12 volt.
  6. Tahapan berikutnya adalah proses pengecekan apda bagian panel LCD. Walaupun panel LCD jarang sekali yang mengalami kerusakan, tidak ada salahnya melakukan pengecekan pada bagian tersebut.
  7. Setiap kita melakukan perubahan pada beberapa bagian diatas, lanjutkan dengan proses pengujian, apakah kerusakan monitor komputer LCD sudah teratasi atau belum. Pada beberapa pengalaman, kerusakan monitor komputer LCD yang mati total biasanya terjadi pada bagian fuse di inverter backlight. Namun, tidak menutup kemungkinan komponen yang lain yang mengalami kerusakan, karena yang namanya komponen elektronika tentunya ada potensi mengalami kerusakan.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Printer

Demikianlah tutorial singkat mengenai Cara Memperbaiki Monitor Komputer Yang Mati Total. Harapan penulis setelah anda membaca dan mempelajari tutorial diatas, anda bisa mendapatkan pengetahuan baru serta bisa mencoba mengaplikasikan pada saat monitor komputer jenis LCD yang anda miliki mengalami kerusakan. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama …

2 Komentar

  1. kalo monitor kena petir dan mati biasanya bagian yang kena apa ya gan???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *