Home / Hardware / Cara Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup

Cara Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup

Mari kita mempelajari Cara Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup karena kadang kala masalah monitor LCD yang layarnya meredup atau bahkan mati total bisa terjadi pada kita di saat kita bekerja menggunakan komputer. Memang, masalah monitor LCD cukup beragam, mulai dari layar blank, gambar yang tampil kelihatan acak-acakan dan yang paling parah adalah mati total.

Cara Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup

Apabila monitor LCD yang rusak tersebut masih dalam masa garansi tentunya tidak akan menjadi permasalahan yang berarti, karena kita masih bisa claim garansi monitor LCD tersebut ke distributor atau penjuan monitor. Namun, apa ajadinya jika monitor yang mati atau meredup tersebut sudah habis masa garansinya? Tentunya kita harus mencoba untuk Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup tersebut.

Satu hal yang membuat kita tambah pusing adalah dikala monitor LCD komputer rusak namun kita tidak memiliki keahlian dibidang elektronika, maka tentunya mau tidak mau kita harus membawanya ke tempat reparasi elektronika. Hanya saja karena kita memperbaiki monitor LCD di tempat servis, maka kita juga harus menyediakan biaya perbaikan monitor LCD komputer tersebut.

Untuk membantu anda didalam mempelajari Cara Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup, maka pada kesempatan kali ini inanesia.com akan mencoba berbagi ilmu cara memperbaiki monitor LCD komputer untuk anda. Anda cukup menyediakan sebagian waktu saja untuk mencoba beberapa langkah yang akan kami ulas dibawah.

Untuk mengerjakan Cara Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup dibawah ini, pastikan masa garansi dari monitor LCD yang rusak sudah habis dan anda sudah mengerti sedikit mengenai dunia elektronika. Apabila anda mencoba membongkar LCD monitor komputer yang masih dalam masa garansi maka akan membuat garansi monitor LCD hangus.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Prosesor MediaTek

Cara Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa anda coba tempuh untuk memperbaiki Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup.

  1. Tahap pertama silahkan anda kenali power suply dari LCD monitor yang anda gunakan, apakah menggunakan eksternal adaptor atau internal adaptor. Apabila menggunakan eksternal adaptor, silahkan anda cek apakah indikator power pada LCD monitor menyala. Apabila yang rusak adalah bagian ekternal adaptornya, maka tentunya kita tidak perlu direpotkan untuk membongkar LCD monitornya.
  2. Bagaimana jika lampu indikator pada LCD monitor nyala? Kita bisa menelusi dan harus memastikan kondisi kabel penghubung tidak kendor atau terputus. Silahkan anda gunakan voltmeter untuk memastikan tegangan listrik masuk sampai ujung konektor power suply. Besarnya tegangan power suply eksternal adaptor LCD monitor rata-rata 12 volt. Namaun bisa saja berbeda. Anda cukup melihat besarnya tegangan pada body eksternal adaptor LCD monitor komputer.
  3. Cek juga konektor dari eksternal power suply ke LCD monitor. Pastikan bisa terpasang dengan kuat dan tidak kendor serta longgar. Lakukan hal yang sama pada pemasangan kabel VGA. Satu hal umum dan sering dianggap sepele adalah pada pemasangan konektor sumber listrik ke LCD monitor. Padahal bagian utama dari penyalaan LCD monitor terletak dari sumber listrik. Apabila ada bagian kabel dari eksternal adaptor yang terputus, maka tentunya LCD monitor tidak akan bisa beroperasi.
  4. Apabila setelah kita cek seluruh sistem pengkabel dan kelistrikan bagian dari eksternal adapator LCD monitor dalam kondisi bagus, maka kita bisa melanjutkan untuk membuka casing monitor LCD. Pada beberapa model LCD monitor komputer, kita harus membuka sekrup penguncinya terlebih dahulu. Namun demikian, ada juga casing LCD monitor yang hanya menggunakan pengait saja guna menyatukan casing LCD monitor.
Baca Juga:   3 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Paling Mudah

Cara Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup pada bagian komponen eketronikanya

  1. Langkah pertama, silahkan anda cek bagian regulator dan pastikan kondisi dalam kondisi bagus, kapasitor tidak ada menggelembung/bocor. Pastikan pula tidak ada jalur PCB yang rusak atau putus.
  2. Jika pada pemeriksaan secara fisik ditemukan kapasitor yang rusak (menggelembung atau bocor), silahkan anda ganti kapasitor dengan yang baru dengan spesifikasi yang sama. Pada proses pemasangannya, jangan sampai kebalik kutubnya, baik kutub negatif maupun kutub positif.
  3. Jika anda menemukan adanya jalur pada PCB yang putus atau hangus, silahkan anda perbaikinya dengan cara menyambungnya kembali. Putus atau rusaknya jalur PCB pada regulator LCD monitor dikarenakan adanya panas yang berlebihan.
  4. Apabila pada pengecekan sederhana diatas tidak membuahkan hasil, maka anda perlu melakukan pemeriksaan komponen lebih lanjut dan lebih detail. Untuk melakukan pengecekan komponen elektronika lebih detail, maka anda harus memiliki skill elektronika yang lebih dalam. Anda bisa mengecek komponen IC regulator dan inverter, transistor, resistor dan komponen-komponen lainnya. Biasanya bagian yang bisa dijadikan acuan baik rusaknya komponen terletak pada tegangan keluaran pada masing-masing komponen.
  5. Bagaimana cara mengatasi LCD monitor komputer yang blank, akan tetapi lampu indikator power pada LCD monitor masih menyala? Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa cek bagian konektor pada motherboard LCD, siapa tau ada kerusakan, adanya bagian yang terputus atau adanya korosi pada konektor. Rata-rata, LCD monitor yang blank diakibatkan karena konektifitas bagian kabel pada motherboard LCD yang tidak bagus, baik longgar maupun terputus. Anda juga bisa mencoba untuk membersihkan bagian kabel fleksibel pada motherboard LCD monitor tersebut.
  6. Rata-rata, kabel fleksibel LCD monitor yang berkualitas jelek akan membuat beberapa kerusakan ringan, semisal LCD monitor yang blank, gambar bergetar/goyang dan lainnya. Untuk itulah anda harus mengecek dan memastikan pemasangan kabel dan konektor pada LCD monitor dalam kondisi kuat dan kokoh.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon E500

Cara Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup diatas memang hanya berlaku untuk kasus kerusakan ringan saja. Untuk kerusakan yang berat seperti LCD pecah dan retak cukup sulit untuk diperbaiki dengan teknik sederhana diatas. Kita harus membawanya ke tempat reparasi elektronika.

Berhati-hatilah didalam memperbaiki LCD monitor karena pada saat anda mengecek komponen-komponen elektronika didalamnya, masih ada aliran listrik yang bisa saja menyengat anda jika tidak hati-hati didalam mengerjakannya. Akhir kata, selamat mencoba, semoga berhasil dan sukses. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Utama RAM

Fungsi Utama RAM Yang Perlu Dipahami Oleh Setiap Pemakai Komputer

Sebelum kita membahas fungsi utama RAM, perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa RAM adalah salah …

One comment

  1. Menitor menyala tapi gambarnya warna putih semua…
    Apakah penyebabnya dan apakah bisa diperbaiki…???
    Tolong berikan solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *