Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara memperbaiki motor injeksi yang mati

Cara memperbaiki motor injeksi yang mati

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sepeda motor jaman sekarang ini sudah menggunakan teknologi injeksi dimana teknologi injeksi tersebut merupakan teknologi yang ramah lingkungan sekaligus mampu meminimalisir penggunaan bahan bakar pada sepeda motor. Teknologi motor injeksi tentunya sudah cukup canggih dimana controller dari beberapa bagian pada sepeda motor injeksi tersebut menggunakan sistem elektronika. Namun hanya perlu kita ketahui bersama bahwa sistem elektronika pada sepeda motor jenis injeksi tentunya rentan dengan kerusakan. Apa jadinya jika sepeda motor injeksi kita mogok di tengah jalan, namun kita belum mengetahui bagaimana cara memperbaiki motor injeksi yang mati tersebut.

Cara memperbaiki motor injeksi yang mati

Hampir seluruh produsen sepeda motor terkemuka sudah menerapkan teknologi injeksi ini. Namun demikian, dari keseluruhan produsen sepeda motor jenis injeksi tidak ada yang kebal dengan kerusakan. Oleh sebab itu alangkah baiknya apabila kita mempelajari cara memperbaiki injeksi motor Honda dan juga mempelajari injeksi dari sepeda motor merk Yamaha yaitu salah satunya adalah vixion. Dengan mempelajari cara memperbaiki injeksi motor tersebut maka tentunya kita bisa mengatasi secara sementara apabila kebetulan sepeda motor yang kita gunakan mogok di tengah jalan.

Cara memperbaiki injeksi motor yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini merupakan cara sederhana dan umum yang bisa diterapkan pada seluruh merek sepeda motor baik merek Honda maupun Yamaha. Kesamaan di dalam cara memperbaiki injektor motor disebabkan karena sistem kerja dari sepeda motor injeksi juga hampir sama. Secara umum, sepeda motor injeksi sudah meniadakan karburator yang berguna sebagai bagian pencampur antara bahan bakar dengan udara. Pada sepeda motor injeksi, proses pencampuran antara bahan bakar dengan udara langsung terjadi di dalam mesin.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Byson

Karena perbedaan sistem kerja dari motor injeksi tersebutlah maka perlu kiranya kita memahami bagaimana cara memperbaiki motor injeksi yang mati. Minimal, setelah anda membaca artikel ini, nantinya anda sudah memiliki bekal pengetahuan mengenai cara memperbaiki motor injeksi yang mati tersebut apabila kebetulan di tengah jalan mengalaminya.

Cara memperbaiki motor injeksi yang mati

  1. Cara memperbaiki injeksi motor yang pertama adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian baterai atau aki sepeda motor. Bagian ini merupakan bagian yang cukup kita pada sistem kerja sepeda motor injeksi, karena aki pada sepeda motor injeksi berguna untuk menyalakan pompa bensin. Apabila kondisi aki sudah tidak bagus lagi, maka tentunya proses kerja dari pompa bahan bakar akan terganggu sehingga tentu sistem kerja keseluruhan dari sepeda motor injeksi tersebut.
  2. Untuk mengetahui apakah kondisi aki masih bagus atau sudah soak terlihat dari beberapa instrumen pada sepeda motor injeksi. Sebagai contoh, aki motor injeksi yang sudah aus atau soak apabila digunakan untuk menyalakan klakson tidak akan mengeluarkan bunyi secara maksimal. Bahkan, kadang kala suara yang dibangkitkan dari klakson sepeda motor tersebut sangat pelan. Apabila kebetulan pada proses pengecekan aki motor injeksi ini ditemukan masalah pada aki tersebut, maka anda bisa mencoba memperbaiki aki dengan cara yang bisa dilihat pada artikel disini atau disini. (cara memperbaiki aki sepeda motor yang rusak)
  3. Apabila pada proses pengecekan aki ternyata tidak ditemukan masalah, maka pada tahap berikutnya adalah proses pengecekan pompa bahan bakar. Bagian pompa bahan bakar ini tentunya sangat vital peranannya karena bertugas untuk menghantarkan bahan bakar yang berasal dari tangki sepeda motor menuju ke tempat pembakaran di mesin sepeda motor. Bagaimana cara mengetahui apakah pompa bahan bakar masih dalam kondisi bagus atau sudah rusak? Caranya cukup sederhana, yaitu anda cukup memutar kunci kontak ke posisi “ON”. Apabila terdengar suara yang berasal dari dekat tangki bahan bakar maka berarti bahwa pompa bahan bakar masih dalam kondisi bagus. Begitu juga sebaliknya, apabila setelah anda memutar kunci kontak sepeda motor ke posisi “ON” namun tidak terdengar suara apapun, yang maka pompa bahan bakar perlu dicurigai sudah bermasalah.
  4. Apabila pompa bahan bakar sudah rusak atau sudah mati, maka tentunya sepeda motor tidak akan bisa dihidupkan karena suplai bahan bakar dari tangki sepeda motor menuju ke tempat pembakaran terhambat. Apabila pompa bahan bakar pada sepeda motor injeksi mengalami kerusakan, maka kita perlu mengganti dengan yang baru supaya sepeda motor tersebut bisa dihidupkan kembali.
  5. Apabila setelah dilakukan pengecekan pada bagian aki maupun pompa bahan bakar ternyata tidak ditemukan masalah, maka bagian terakhir yang perlu kita curiga yang mengalami kerusakan adalah pada bagian busi. Busi pada sepeda motor injeksi juga memiliki fungsi yang sama dengan sepeda motor yang menggunakan karburator.
  6. Untuk melakukan pengecekan apakah busi dalam kondisi baik atau sudah rusak adalah dengan cara melepas busi dari dudukan blok mesin, lalu menyambungkan seutas kabel pada bagian ujung besi tersebut. Tahapan berikutnya, silahkan anda tampilkan kabel tersebut ke bodi sepeda motor sambil bagian kick starter sepeda motor ditekan. Apabila timbul bunga api, maka kondisi dari busi sepeda motor injeksi masih dalam kondisi bagus. Begitu juga sebaliknya, apabila pada kabel yang ditempelkan di bagian body sepeda motor tidak memunculkan percikan bunga api walaupun kick starter sudah beberapa kali ditekan, maka kondisi busi sudah rusak.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Motor Mio Mogok Kurang dari 30 Menit

Itulah beberapa urutan mengenai cara memperbaiki motor injeksi yang mati yang temennya bisa anda terapkan pada berbagai macam jenis sepeda motor, mulai dari Honda, Yamaha sampai dengan motor Suzuki. Setidaknya, setelah anda membaca tutorial diatas, maka anda sudah memiliki gambaran bagaimana memperbaiki tahap awal kerusakan yang terjadi pada sepeda motor injeksi, misalnya mesinnya mati. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *