Home / Elektronika / Cara Memperbaiki Motor Kipas Angin Yang Berputar Pelan

Cara Memperbaiki Motor Kipas Angin Yang Berputar Pelan

Dengan adanya kipas angin, maka perputaran angin bisa dipercepat, sehingga hembusan udara disekelilingnya bisa lebih cepat, dan tentunya akan membuat suhu udara lebih dingin. Kipas angin tentunya sangat bagus digunakan dan difungsikan pada saat kondisi udara cukup panas, walaupun tidak mempu mengubah suhu udara, namun setidaknya bisa mendinginkan ruangan. Lalu apa jadinya jika disaat kondisi udara sedang panas, tiba-tiba kipas angin kita rusak dengan ditandai kipas angin yang berputar pelan. Tentunya suhu ruangan tidak jadi dingin dan kita tentunya tetap kepanasan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka kita perlu cara memperbaiki motor kipas angin yang berputar pelan, karena biasanya bagian dari kipas angin yang menyebabkan adalah bagian motornya.

Cara Memperbaiki Motor Kipas Angin Yang Berputar Pelan

Ciri-ciri kipas angin yang rusak pada bagian motor kipas

Untuk memastikan terlebih dahulu bahwa kipas angin yang perputar pelan ada pada bagian motor kipas, maka tentunya kita harus mengetahui apa saja ciri-cirinya. Berikut ini adalah ciri-ciri kipas angin yang rusak pada bagian motornya:

  1. Pada saat dinyalakan kipas angin berputar sangat pelan atau pelan, walaupun kadang jika dibiarkan akan cepat dengan sendirinya. Proses menunggu putaran kipas angin menjadi cepat membutuhkan waktu yang tidak pasti.
  2. Pada saat kipas angin berputar pelan, biasanya juga terdengan bunyi dengungan pada bagian belakang kipas angin (bagian motor kipas angin)

Penyebab motor kipas angin berputar pelan

Untuk menghindari supaya kipas angin tetap awet dan tidak mengalami masalah pada bagian motornya, maka perlu kita ketahui penyebab motor kipas angin terganggu, sehingga nanti kita tetap menjaga kipas angin lebih awet. Beberapa penyebab motor pada kipas angin bermasalah adalah:

Baca Juga:   Fungsi Tombol Kalkulator Untuk MC, MR, MS, M+ dan M-
  1. Bagian motor kipas angin terlalu kering sehingga motor kipas angin sulit berputar. Penyebab motor kipas angin kering biasanya karena kipas angin digunakan dalam waktu terlalu lama, tanpa ada jeda istirahat sehingga bagian motor kipas angin menjadi terlalu panas, yang berakibat motor kipas angin menjadi kering
  2. Bagian antara motor kipas angin dengan as/sumbu baling-baling kipas angin kotor akibat terlalu banyak debu yang menempel. Biasanya banyaknya debu yang menempel akibat dari seringnya kipas angin digunakan pada area terbuka dengan konsentrasi debu cukup tinggi.
  3. Bagian antara motor kipas angin dengan as/sumbu lengket oleh pelumas. Hal ini biasanya timbul karena penggunaan pelumas bekas untuk melumasi bagian motor kipas angin tersebut.
  4. Bagian lilitan atau spull kipas angin yang sudah rusak atau terbakar. Terbakarnya lilitan atau spull pada motor kipas angin biasanya disebabkan oleh pengunaan kipas angin secara terus menerus tanpa istirahat sehingga menyebabkan spull pada motor listrik overheat yang pada akhirnya lilitan didalamnya terbakar.

Dari beberapa informasi penyebab motor kipas angin berputar pelan tersebut, maka bisa kita usahakan untuk menjaga supaya kipas angin yang kita gunakan tetap dalam kondisi awet, misalnya adalah pengaturan waktu nyala kipas angin jangan terlalu lama, penentuan lokasi penggunaan kipas angin, dan hal hal lain yang membuat kipas angin kita semakin awet.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Listrik Campuran Sederhana

Cara Memperbaiki Motor Kipas Angin Yang Berputar Pelan

Apabila kipas angin yang kita gunakan sudah terlanjur rusak pada bagian motornya, maka kita bisa mencoba untuk memperbaiki sendiri sebelum membawanya ke tempat reparasi kipas angin. Apabila kita tengok kembali penyebab motor kipas angin bermasalah, maka tentunya ada beberapa penyebab kerusakan motor kipas angin yang bisa kita usahakan untuk diperbaiki sendiri.

Berikut ini adalah cara memperbaiki motor kipas angin yang rusak berputar pelan:

  1. Tahapan pertama tentunya kita pastikan terlebih dahulu bahwa kabel power kipas angin sudah terlepas dari jaringan listrik.
  2. Lepaskan bagian rumah motor kipas angin yang ada dibagian belakang. Biasanya, setalah anda membuka rumah motor kipas angin, maka anda bisa langsung melihat bagian motor kipas angin bagian belakang. Pada tahapan ini, anda cukup membersihkan seluruh bagian dalam rumah motor kipas angin. Pastikan debu dan minyak yang lengket bersih dari bagian ini. Setelah selesai, silahkan anda tutup kembali bagian rumah motor kipas angin.
  3. Tahapan berikutnya, buka penutup rumah kipas angin pada bagian depan.
  4. Setelah terbuka, silahkan anda lepas baling-baling kipas angin. Cara melepas baling-baling kipas angin adalah dengan cara menariknya kedepan.
  5. Setelah baling-baling kipas angin berhasil anda lepas, anda akan menemukan bagian ujung dari motor kipas angin.
  6. Bersihkan bagian permukaan sumbu/as pada motor kipas angin dari debu dan muga minyak yang mungkin saja menempel.
  7. Dari point nomor 5, silakan anda berikan pelumas pada as/sumbu kipas angin secara merata
  8. Pastikan anda menggunakan pelumas baru dan berkualitas. Gunakan juga pelumas yang khusus untuk motor listrik, jangan menggunakan oli bekas mesin, karena jenis oli ini kotor dan mudah membuah bagian motor kipas angin menjadi lengket.
  9. Apabila jenis kerusakan berasal dari lilitan atau kumparan motor kipas angin yang terbakar, maka proses perbaikannya lebih rumit, karena anda harus melilit kembali motor listrik dengan kawat tembaga yang baru. Untuk lebih simpelnya, anda bisa membelinya di toko elektronika apabila anda tidak mau repot membuat lilitan motor kipas angin senidir.
  10. Setelah anda menyelesaikan beberapa tahapan diatas, sebelum anda menutup rumah kipas angin, silahkan anda uji coba putarana kipas angin terlebih dahulu. Apabila putaran kipas angin sudah kembali normal, maka anda bisa memasang kembali penutup rumah baling-baling kipas angin. Namun, apabila kipas angin masih berputar pelan, maka anda bisa mengulangi kembali beberapa tahapan diatas.
Baca Juga:   Cara Menyambung Genset Ke Listrik Rumah Supaya Bisa Menyala Otomatis

Demikian bahasan singkat mengenai Cara Memperbaiki Motor Kipas Angin Yang Berputar Pelan sehingga anda bisa berusaha untuk memperbaiki kipas angin sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel elektronika. Tanpa membawa kipas angin yang yang berputar pelan/rusak ke bengkel, maka kita juga bisa berhemat dari segi pembiayaan. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *