Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Memperbaiki Motor Mio Mogok Kurang dari 30 Menit

Cara Memperbaiki Motor Mio Mogok Kurang dari 30 Menit

Sepeda motor Mio bisa dikatakan sebagai sepeda motor matik generasi pertama dari Yamaha. Disamping itu, dari seluruh produsen sepeda motor matik, motor Mio juga bisa dikatakan sebagai pionirnya. Pada sepeda motor Mio generasi pertama tentunya sudah memiliki umur yang cukup lama, sehingga potensi terjadinya mogok semakin besar. Apalagi jika proses penggunaan sepeda motor Mio tidak sesuai dengan prosedur. Apabila kebetulan sepeda motor Mio anda mengalami mogok, tentunya mau tidak mau harus membawanya ke bengkel. Namun, apakah anda bisa mencoba untuk memperbaikinya sendiri? Apabila iya, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk membahas secara singkat bagaimana cara memperbaiki motor Mio mogok dalam waktu yang relatif singkat.

Cara Memperbaiki Motor Mio Mogok Kurang dari 30 Menit

Cara memperbaiki motor Mio mogok yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini akan diurutkan dari yang paling mudah dulu. Hal tersebut tentu mengacu pada SOP proses perbaikan sepeda motor. Dengan mencari permasalah yang paling mudah dulu didalam proses perbaikan motor Mio mogok, maka proses perbaikan sendiri pada sepeda motor Mio yang mogok semakin mengasikan apabila dikerjakan sendiri. Terlebih bagi yang hobi otomotif, tentunya langkah demi langkah memperbaiki sepeda motor Mio yang mogok menjadi momen untuk menambah pengalaman dibidang otomotif.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Motor Mio Mogok:

  1. Proses perbaikan paling perdana diawali dengan pengecekan level bahan bakar pada tangki bahan bakar sepeda motor Mio. Apabila level meter bahan bakar pada bagian speedometer masih bagus kondisinya, maka anda cukup melihatnya dari situ. Namun, apabila level meter bahan bakar sudah rusak, maka anda harus mengintipnya langsung kedalam tangki bahan bakar. Apabila dalam proses pengecekan awal ini didapat bahan bakar sudah habis, maka anda harus mengisinya kembali dan mencoba ulang untuk menghidupkan mesin sepeda motor Mio yang mogok.
  2. Apabila proses pengecekan awal tersebut tidak membuahkan hasil, maka kita lanjutkan dengan tahapan berikutnya. Langkah berikutnya adalah melakukan pengecekan pada bagian saluran bahan bakar dari tangki bahan bakar motor Mio menuju ke karburator atau bagian mesin.perhatikan dengan baik selang-selang penghubung, apakah ada yang terjepit, tersumbat atau mengalami keretakan. Apabila ada selang yang terjepit, maka silahkan perbaiki posisinya. Apabila ada selang yang tersumbat, silahkan lepas selang yang menuju ke karburator atau mesin supaya bahan bakar dari tangki bisa mengalir dengan lancar. Apabila ada selang yang mengalami keretakan, maka silahkan ganti dengan selang yang baru.
  3. Apabila saluran bahan bahar bekerja dengan normal, maka tahapan berikutnya adalah proses pengecekan sistem kelistrikan sepeda motor Mio. Silahkan anda coba putar kunci kontak ke posisi ON, lalu nyalakan beberapa sistem lampu dan klakson. Apabila sistem lampu sein tidak menyala dengan normal, atau suara klakson tidak keras dan lantang, maka perlu dicurigai aki mengalami kerusakan. Apabila aki sudah mulai soak atau tekor, maka ada kemungkinan motor Mio juga akan mogok. Untuk memperbaiki aki, anda bisa membaca artikel cara memperbaiki aki yang sudah pernah saya bahas pada artikel lain pada blog ini.
  4. Lalu bagaimana jika kondisi kelistrikan sepeda motor Mio normal? Langkah berikutnya adalah proses pengecekan bagian busi. Untuk memastikan kondisi busi dalam kondisi bagus, silahkan anda lepas busi, lalu sambungkan kabel pada ujung busi yang satunya. Setelah itu, tempelkan kabel tersebut pada body motor Mio (jangan diikatkan, hanya ditempelkan saja). Lanjutkan dengan cek memutar kick starter. Perhatikan kabel yang ditempelkan ke body sepeda motor Mio. Apabila ada percikan api, maka kondisi busi masih bagus. Namun, apabila tidak ada percikan api, maka busi bisa dicurigai mengalami masalah. Harap diperhatikan juga, kondisi busi yang tidak memercikan api juga bisa disebabkan oleh bagian lain, misalnya adalah pada bagian CDI. Jadi anda harus mendiagnosa dengan benar komponen yang mengalami masalah, apakah ada pada busi atau pada CDI. Anda bisa membaca tutorial cara memperbaiki CDI motor yang mati disini.
  5. Anda juga tentunya bisa mencoba untuk membersihkan karburator sepeda motor Mio. Proses membersihkan karburator sepeda motor Mio tentunya bertujuan untuk melancarkan sirkulasi dari proses pengembunan bahan bakar yang nantinya akan diumpankan ke ruang bakar. Proses membersihkan karburator memang terlihat rumit, namun sebenarnya cukup mudah dilakukan asalkan punya tekad yang kuat untuk mencobanya.
  6. Apabila beberapa tahapan diatas tidak juga bisa memperbaiki motor Mio yang mogok, maka tahapan terakhir adalah proses pengecekan pada bagian ruang bakar. ada kemungkinan pada bagian pembakaran tersebut mengalami kebocoran, terbelah atau mengalami keausan yang cukup parah. Untuk menjalankan tahapan ini cukuplah sulit. Jadi apabila kita belum memiliki keahlian pada bagian ini, lebih baik membawa motor Mio yang mogok tersebut ke bengkel resmi Yamaha.
Baca Juga:   Cara Mengatasi Knalpot Bocor Paling Benar

Dari beberapa penyebab motor Mio mengalami mogok diatas bisa kita simpulkan bahwa apabila kita berkendara dengan baik sesuai SOP, maka sepeda motor tersebut akan awet. Beberapa contoh SOP yang perlu diperhatikan dalam menggunakan sepeda motor Mio adalah berkendara dengan tidak memaksa RPM mesin, menggunakan elektrik starter dengan benar, tidak memodifikasi kelistrikan dengan beban lampu diatas beban rata-rata, dan yang lainnya.

Mudah-mudahan beberapa penjelasan diatas mengenai Cara Memperbaiki Motor Mio Mogok bisa memberikan ilmu baru bagi anda yang sedang belajar didunia otomotif, atau bisa mencoba untuk memperbaiki motor Mio sendiri sehingga anda bisa mendapatkan penghematan dari berbagai macam hal. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *