Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Pelampung Bensin Mobil

Cara Memperbaiki Pelampung Bensin Mobil

Apakah anda pernah merasa tertipu dengan indikator bensin yang ada di dasbor mobil anda? Hal tersebut tentunya diakibatkan karena kondisi sistem indikator bensin mengalami permasalahan. Permasalahan tersebut bisa terjadi pada indikator bensin itu sendiri, dan juga bisa terjadi pada bagian pelampung bensin yang ada di dalam tangki bensin di mobil. Untuk bisa memperbaiki permasalahan yang ada pada pelampung bensin, Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai cara memperbaiki pelampung bensin mobil yang ada di dalam tangki bahan bakar mobil.

Cara Memperbaiki Pelampung Bensin Mobil

Tahapan pertama di dalam cara memperbaiki pelampung bensin mobil adalah dengan melakukan proses pengecekan pada beberapa bagian. Langkah termudah di dalam mengetahui rusak tidaknya bagian indikator sekaligus pelampung bensin mobil adalah dengan cara melakukan pengecekan sekaligus pembongkaran pada bagian indikator bensin sekaligus membuka soket yang menghubungkan dari indikator level bensin mobil ke bagian pelampung bensin yang ada pada tangki bensin. Tahapan berikutnya, silakan Anda posisikan kunci kontak mobil pada kondisi menyala atau on. Setelah itu, silakan Anda hubungkan ke 2 kabel yang ada pada soket pelampung menggunakan seutas kabel, lalu perhatikan pada bagian indikator level mobil yang ada pada dasbor. Apakah ada pergerakan atau tidak.

Apabila pada indikator bensin yang ada di dasbor tidak bergerak, maka ada kemungkinan bagian yang mengalami kerusakan pada di Kabel penghubung antara indikator bensin dengan pelampung. Selain itu, kemungkinan rusaknya indikator bensin yang melekat pada bagian speedometer juga ada. Sementara itu, apabila pada proses pengecekan ini ditemukan bahwa indikator level bensin bergerak HP maka bisa disimpulkan bahwa letak kerusakan terjadi pada bagian pelampung bensin pada mobil anda.

Baca Juga:   Cara memperbaiki power steering mobil paling mudah

Cara memperbaiki pelampung bensin mobil

Apabila anda sudah dapat menyimpulkan bahwa letak kerusakan terjadi pada bagian pelampung bensin mobil, maka tahapan berikutnya adalah mencoba untuk memperbaiki bagian pelampung tersebut.

Membuka Bagian pelampung

Langkah pertama untuk memperbaiki bagian pelampung bensin mobil tentunya adalah dengan membuka bagian pelampung bensin mobil yang ada di tangki bahan bakar mobil. Silakan Anda cermati dan amati apakah ada bagian yang patah, rusak atau bermasalah pada bagian pelampung tersebut. Kunci kontak masih dalam posisi nyala, silakan Anda gerak-gerakan pelampung bensin tersebut kebagian atas dan bawah sambil anda perhatikan Apakah indikator bensin yang ada pada dasbor ikut bergerak. Apabila belum ada perubahan pada indikator bensin, silakan Anda lakukan pengencangan pada beberapa bagian pelampung bensin pada mobil anda.

Cek bagian kabel dari indikotor sampai pelampung

Lakukan juga beberapa pengecekan pada kabel kabel penghubung dari indikator bensin sampai ke bagian pelampung bensin. Pastikan bahwa tidak ada kabel yang terputus atau bermasalah. Anda bisa melakukan pengecekan Kabel penghubung dari indikator bensin ke pelampung bensin pada mobil menggunakan multimeter.

Baca Juga:   Beginilah Cara Memperbaiki Accu Kering Mobil Dengan Mudah

Ganti pelampung bensin dengan yang baru

Apabila pada tahapan ini tetap tidak ditemukan perubahan hasil, dimana indikator bensin pada dasbor mobil tetap diam, maka tahapan terakhir yang bisa anda lakukan adalah mengganti Pelampung bensin mobil dengan yang baru. Silakan Anda beli pelampung bensin mobil sesuai dengan tipe mobil yang Anda gunakan. Jelaskan Anda pasang kembali setelah anda mendapatkannya.

Hati-hati dalam proses pemasangan kembali pelampung bensin pada mobil, lakukan dengan cermat dan jangan sampai tangki bensin mengalami kebocoran pada proses pemasangan pelampung bensin mobil.

Indikator bensin yang mengalami kerusakan

Harap diingat bahwa tutorial di atas hanya bisa diterapkan ketika bagian yang bermasalah pada indikator mobil adalah di bagian pelampung bensin mobil, bukan di indikator bensin mobil itu sendiri. Apabila kerusakan terletak pada indikator bensin mobil, maka bagian yang harus ditangani dan diperbaiki adalah pada bagian indikator bensin mobil itu sendiri. Untuk bisa memperbaiki indikator bensin mobil, tentunya Anda harus membuka bagian speedometer mobil yang mana bagian tersebut juga berdekatan dengan indikator bensin mobil. Beberapa perlakuan dan teknik memperbaiki indikator bensin mobil juga harus dikuasai supaya Anda benar-benar bisa melakukan perbaikan pada indikator bensin mobil.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Dasbor Mobil Secara Umum

Letak kerusakan yang sering terjadi pada indikator bensin mobil pada bagian koil yang terhubung langsung ke jarum indikator mobil. Apabila Anda ingin memperbaiki koil indikator bensin mobil, maka tentunya Anda harus melakukan penggulungan ulang pada koil tersebut. Tentunya ilmu elektronika dibutuhkan untuk bisa menyelesaikan pekerjaan ini. Apabila Anda masih bingung untuk melakukan penggulungan ulang pada coil indikator bensin mobil, maka anda bisa membawanya ke bengkel yang terpercaya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara memperbaiki pelampung bensin mobil yang mana pelampung bensin pada mobil tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap naik turunnya indikator bensin pada dasbor speedometer mobil. Apabila kondisi pelampung pada tangki mobil normal, maka tentunya indikator bensin mobil juga akan menunjukkan pada posisi yang normal, sehingga Anda bisa mendapatkan informasi akurat dari level bahan bakar bensin yang ada di dalam tangki mobil anda. Dengan informasi tersebut Anda bisa menentukan keputusan apakah perlu melakukan pengisian ulang bahan bakar atau menunggu sampai level bahan bakar yang ada di tangki menurun kembali. Terima kasih atas kunjungan anda, Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan berguna untuk pengunjung sekalian.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

2 Komentar

  1. Mohon informasi bengkel yang bisa memperbaiki indikator bahan bakar mobil drg 2002

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *