Home / Otomotif / Mobil / Cara memperbaiki pintu mobil dari berbagai kerusakan

Cara memperbaiki pintu mobil dari berbagai kerusakan

Kerusakan yang sering terjadi pada pintu mobil tentunya disebabkan oleh banyak faktor. Guna membantu anda di dalam memperbaiki berbagai macam kerusakan yang terjadi pada pintu mobil, pada kesempatan yang baik ini saya akan mengulas Bagaimana cara memperbaiki pintu mobil dari berbagai macam kerusakan yang berpotensi dialami oleh anda. Pintu mobil memiliki fungsi yang sangat vital dimana pintu mobil haruslah bisa berfungsi dengan sempurna. Dengan adanya pintu mobil, maka keamanan dan kenyamanan penumpang yang ada di dalam mobil akan terjaga.

Cara memperbaiki pintu mobil dari berbagai kerusakan

Selain itu, pintu mobil juga merupakan bagian yang digunakan sebagai tempat masuk dan keluarnya penumpang mobil. Pintu mobil yang baik dan berfungsi normal tentunya memiliki ciri kunci dan bagian hendel bisa berfungsi dengan baik. Selain itu bagian kaca jendela juga harus bisa bekerja dengan normal Hp di itu bisa naik dan bisa turun dengan menggunakan engkel maupun dengan menggunakan tombol apabila pintu mobil tersebut sudah mendukung electric window. Tentunya kita akan dibuat repot dan cukup tidak nyaman Apabila ada salah satu bagian pada pintu mobil yang mengalami kerusakan dan tidak bekerja dengan normal. Apalagi pintu mobil yang sudah tidak simetris tentunya akan membuat kita merasa geram.

Beberapa bagian pada pintu mobil bisa saja mengalami kerusakan. Kerusakan pada pintu mobil juga bisa disebabkan karena kelalaian anda, dan kerusakan kerusakan yang terjadi pada pintu mobil bisa merambat ke bagian pintu mobil yang lainnya. Lalu, kerusakan pintu mobil apa saja yang sering menjadi masalah bagi para pemilik mobil? Untuk bahasan lengkapnya Silakan anda Simak bagian di bawah ini

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Body Mobil Penyok Dengan Cepat

Beberapa contoh jenis kerusakan pintu mobil yang sering terjadi:

  1. Karena sudah cukup berusia, karet pintu berubah menjadi keras
  2. Sulitnya pintu tertutup yang disebabkan karena rusaknya bagian pengait
  3. Bagian Lis pintu yang sudah mengalami kerusakan
  4. Tidak simetris nya garis pintu dengan body mobil
  5. Tidak bisa tertutup rapat pintu mobil

Selain berbagai macam permasalahan pada pintu mobil di atas, masalah-masalah pintu mobil dibawah ini juga kerap melanda Para pemilik mobil. Di bawah ini adalah beberapa contoh kasus permasalahan pintu mobil dan bagaimana cara kita mengatasinya serta apa saja penyebab yang bisa menimbulkan masalah tersebut.

1. Turunnya pintu mobil ke arah bawah

Rusaknya pintu mobil yang turun ke arah bawah biasanya disebabkan oleh bagian engsel pintu mobil yang sudah mulai mengalami aus yang mana hal tersebut akan membuat presisi dari pintu mobil akan semakin berkurang.Disamping itu, bagian engsel pintu pada mobil yang keropos juga turut serta menyumbangkan masalah turunnya bagian pintu mobil. Kondisi engsel mobil yang mulai keropos akan menyebabkan posisi dudukan engsel pada pintu mobil berubah atau bergeser.

Selain itu, Baut Baut pengikat engsel pintu mobil yang sudah mulai mengalami aus juga turut serta menyumbangkan pergeseran pintu mobil. Permasalahan lain adalah pada saat pintu mobil sudah dalam kondisi terkunci, namun kita merasakan bahwa pintu mobil belum tertutup secara sempurna. Kondisi ini disebabkan karena posisi setelan kunci yang sudah mengalami pergeseran. Untuk mengatasi semua permasalahan tersebut, anda perlu melakukan penyetelan ulang pada seluruh bagian yang bermasalah HP mulai dari Baut Baut pengikat engsel pintu mobil HP pemasangan engsel baru pada pintu mobil sekaligus penyetelan posisi kunci pintu mobil.

Baca Juga:   Bagaimana Cara Mengendarai Mobil Matic

2. Patahnya bagian kunci pintu mobil atau bagian handle pintu mobil

Permasalahan patahnya bagian hendel dan kunci pada pintu mobil bisa diatasi dengan cara mengganti hendel dan kunci pintu mobil yang baru. Namun, apabila bagian handel dan kunci pintu mobil hanya terlepas, maka anda bisa melakukan perbaikan dengan cara mengencangkan kembali bagian yang terlepas. Untuk mengerjakan hal ini, tentunya Anda harus melakukan pembukaan pada bagian door trim.masalah ini disebabkan karena bagian pengikat besi yang menjadi penghubung di dalam pintu terlepas.

3. Tidak bisa turun dan naik bagian jendela mobil

Permasalahan berikutnya yang sering melanda pada pintu mobil adalah bagian kaca jendela yang tidak bisa dinaikkan atau diturunkan. Kadangkala, kaca mobil bisa naik dan turun namun dalam posisi miring. Masalah ini dikarenakan jalur mekanisme atau rel dari kaca jendela pada pintu mobil terlepas dari posisinya. Langkah-langkah yang bisa kita tempuh untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah kita harus mengecek pada bagian di dalam pintu mobil, lalu mengembalikan posisi jalur mekanisme atau rel kaca ke posisi awal atau posisi sebelumnya.

4. Pintu mobil yang tidak bisa tertutup rapat

Permasalahan lain yang bisa menimpa pintu mobil selain kondisi jendela kaca mobil yang tidak bisa naik turun adalah kondisi dimana pintu mobil tidak bisa ditutup secara rapat. Permasalahan pintu mobil yang tidak bisa ditutup dengan rapat disebabkan oleh masalah karet pintu mobil yang sudah lawas dan tentunya dalam kondisi getas.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil CVT atau Mobil Matic

Tentunya masalah masalah pintu mobil yang tidak bisa tertutup rapat dialami oleh mobil-mobil yang umurnya sudah cukup lama. Solusi yang paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti bagian karet pintu mobil dengan yang baru. Ukuran pintu mobil tentunya berbeda-beda, sehingga panjang karet yang dibutuhkan untuk menggantinya juga berbeda.in secara umum HP ukuran pintu mobil depan biasanya memiliki panjang sekitar 4 meter.

Karena proses pemasangan karet pintu mobil yang cukup rumit, alangkah baiknya jika anda mempercayakan proses penggantian karet pintu mobil ke bengkel spesialis sehingga proses pemasangan karet menjadi lebih rapi.Disamping itu permasalahan-permasalahan yang lain mengenai pintu mobil tentunya juga mereka kuasai sehingga mereka akan bisa membantu anda di dalam proses penyetelan bagian engsel pintu mobil yang bermasalah, proses perbaikan pintu mobil yang sudah tidak simetris lagi dengan body mobil sekaligus memperbaiki bagian karet pintu mobil yang sudah getas atau lawas.

Sekian beberapa informasi mengenai cara memperbaiki pintu mobil dari berbagai macam kerusakan yang bisa menimpa mobil anda. Mudah-mudahan tutorial singkat mengenai cara mengatasi berbagai macam kerusakan pada pintu mobil kali ini bisa bermanfaat dan berguna untuk anda, sehingga kondisi pintu mobil anda yang bermasalah bisa normal kembali. Selamat mencoba dan semoga sukses di dalam proses perbaikan pintu mobil. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *