Home / Otomotif / Mobil / Cara memperbaiki power steering mobil paling mudah

Cara memperbaiki power steering mobil paling mudah

Fasilitas power steering pada mobil sangat berperan penting di dalam proses penguasaan Laju kendaraan. Dengan adanya fitur power steering tentunya akan membuat kita lebih mudah di dalam menyetir mobil dan juga lebih ringan dan enteng di dalam memutar setir mobil. Tentunya, karena fasilitas power steering pada sebuah mobil sangatlah penting, maka tentunya kita harus selalu menjaga supaya fasilitas power steering pada mobil selalu bisa bekerja dalam kondisi normal dan maksimal serta tidak mudah mengalami kerusakan. Kondisi power steering yang sudah aus tentunya akan menyebabkan proses pengendalian dan pengarahan laju dan pergerakan mobil menjadi tidak maksimal serta tentunya proses pemutaran setir mobil akan menjadi lebih berat dan tentunya cukup sulit untuk dilakukan.

Cara memperbaiki power steering mobil paling mudah

Perawatan pada bagian power steering mobil yang tidak dikerjakan sesuai dengan prosedur akan membuat menjadi lebih cepat rusak. Komponen-komponen pada power steering yang lama tidak diperhatikan akan menyebabkan komponen yang bersangkutan akan lebih cepat melemah dan pada akhirnya akan mengalami kerusakan. Kerusakan-kerusakan itulah yang nantinya akan membuat seluruh sistem dari power stering terganggu dan pada akhirnya anda akan mengalami kesulitan di dalam mengendalikan laju mobil yang anda kendarai.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Mobil Mogok Sulit Untuk Distarter

Dari latar belakang itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba berbagi tips mengenai cara memperbaiki power steering mobil paling muda yang tentunya Bisa Anda coba sendiri terlebih dahulu. Seandainya nanti pada pelaksanaan pengerjaan perbaikan power steering mengalami masalah, maka anda tentunya bisa membawa mobil ke bengkel.

Cara memperbaiki power steering mobil paling mudah:

Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki power steering mobil yang tentunya Bisa Anda coba terlebih dahulu supaya Anda bisa berhemat, tidak perlu merogoh saku terlalu dalam untuk proses perbaikan power steering di bengkel.

1. Power steering yang mengalami kebocoran

Bocornya bagian pada komponen power steering akan membuat minyak di dalam sistem power steering mengalami pengurangan, bahkan apabila hal tersebut dibiarkan akan membuat minyak di dalamnya habis. Apabila hal tersebut terjadi, maka tentunya tekanan pada mesin mobil akan menurun Sehingga proses pemutaran setir akan menjadi terasa lebih berat. Selain itu juga akan memunculkan suara berdengung.

Penyebab utama dari masalah tersebut biasanya diakibatkan oleh adanya komponen yang sudah pecah atau mengalami aus. Untuk memperbaiki masalah ini, anda bisa melakukan perbaikan pada bagian komponen Yang mengalami keausan serta melanjutkan dengan melakukan penggantian minyak power steering dengan yang baru. Sementara itu, Apabila ada salah satu komponen yang mengalami pecah, maka anda bisa melakukan penggantian pada keseluruhan sistem power steering dengan yang masih baru.

Baca Juga:   Cara memperbaiki mobil lecet tergores

2. Seal mengalami kerusakan

Adanya Seal yang sudah rusak akan membuat cairan power steering mengalami kebocoran. Adanya tekanan yang diterima oleh sel secara terus-menerus, pelan-pelan akan membuat kondisinya menjadi melemah dan pada akhirnya sel tersebut akan robek. Indikasi yang bisa dirasakan pada saat saya mengalami kerusakan adalah beratnya bagian setir apabila diputar.

Selain itu, munculnya kebocoran minyak di bagian bawah mesin, serta bagian permukaan Rack yang berisi cairan minyak pelumas. Solusi untuk mengatasi masalah dimana Seal mengalami kerusakan adalah dengan melakukan penggantian pada semua seal yang rusak tersebut.

3. Jebolnya Seal pada pompa

Kondisi Seal pada pompa juga tentunya bisa jebol. Jadi tidak hanya bagian seal utama saja yang sering mengalami kebocoran. Indikasi jebolnya seal pada pompa mirip dengan kerusakan pada Seal utama. Proses pemutaran setir akan menjadi lebih berat dan minyak power steering akan dengan cepat berkurang, bahkan habis.

Untuk memastikan bahwa Seal pada pompa sudah jebol adalah dengan cara mengamati bagian pompa itu sendiri. Jika bagian permukaan pompa terdapat cairan minyak, berarti bahwa seal pompa memang sudah jebol. Proses perbaikannya tentu dilakukan dengan jalan melakukan penggantian komponen seal yang jebol dengan yang baru.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic Yang Rusak Atau Macet

4. Adanya selang yang terjepit atau tertekuk

Komponen yang bertugas untuk menyalurkan cairan minyak Pada sistem power steering adalah selang. Kondisi dimana seseorang mengalami masalah, mulai dari kondisinya yang sudah getas, tertekuk atau terjepit akan membuat sirkulasi minyak di dalam sistem mengalami masalah.Untuk memastikannya, silahkan anda amati pada bagian ujung selang, apakah di situ terdapat minyak atau tidak. Kondisi selang yang sudah getas atau mengalami kerusakan haruslah cepat cepat diperbaiki supaya kerusakan pada power steering tidak merambat pada bagian yang lainnya.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara memperbaiki power steering mobil paling mudah dan cepat yang bisa Anda coba Kerjakan sendiri. Mudah-mudahan, informasi yang sederhana ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda di dalam sistem power steering mobil sehingga kegiatan berkendara anda tetap nyaman dilakukan. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *