Home / Hardware / Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Drop dan Mati

Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Drop dan Mati

Mari kita belajar Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Drop dan Mati supaya pada saat power suply komputer kita mengalami masalah, kita bisa mencoba untuk melakukan troubleshooting dari masalah power suply tersebut. Dengan demikian, permasalahan power suply pada komputer kita segera bisa teratasi.

Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Drop dan Mati

Bisa dikatakan, hampir seluruh bidang pekerjaan sekarang membutuhkan komputer untuk menyelesaikannya. Tentunya tidak bisa dibayangkan apa jadinya jika komputer yang digunakan kita setiap hari mengalami masalah, terutama bagian power suplynya.

Salah satu permasalahan yang sering dialami power suply komputer adalah drop atau mati. Jika hal tersebut terjadi pada komputer anda, maka ada baiknya anda mencoba untuk memperbaikinya terlebih dahulu, siapa tau bisa berhasil.

Tanda-tanda dan penyebab power suply komputer bermasalah atau rusak

Baiklah, sebelum kita berbicara mengenai Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Drop dan Mati, lebih baik kita mempelajari tentang tanda-tanda dan hal yang bisa menyebabkan power suply komputer rusak atau bermasalah.

  1. Pada saat tombol power komputer ditekan, komputer tidak mau hidup. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk menyalakan komputer, kita harus menekan tombol power yang ada dibagian depan casing komputer. Apabila setelah kita menekan tombol power komputer, tidak ada respon apapun pada komputer, bisa jadi power suply komputer bermasalah.
  2. Adanya sejumlah kabel atau soket kabel yang tidak terpasang dengan sempurna. Hal tersebut juga akan dengan mudah membuat power suply tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk itulah perlu adanya pengecekan secara teliti pemasangan kabel dan soket kabel sebelum anda menyalakan komputer.
  3. Komputer anda melakukan proses booting dengan waktu yang tidak normal? Bahkan kadang kala komputer restart secara tiba-tiba. Jika hal tersebut terjadi pada komputer anda, bisa jadi hal tersebut menjadi tanda power suply bermasalah. Ada juga beberapa komputer yang mengeluarkan suara beep secara terus menerus yang menandakan power suply bermasalah atau rusak.
  4. Suhu panas yang terlalu ekstrim yang berasal dari kipas komputer sangat mempengaruhi kinerja dari power suply. Pada beberapa kasus suhu yang terlalu ekstrim akan membuat power suply tidak bisa bekerja dengan normal dan akan berpengaruh pada sistem kerja komputer secara keseluruhan, misalnya komputer reboot sendiri atau bisa juga komputer tidak mau booting.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Yang Mati Sendiri

Setelah kita mengetahui secara detail ciri-ciri dan penyebab dari power suply yang rusak atau drop serta permasalah yang lain, maka selanjutnya kita pelajari tahapan demi tahapan Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Drop dan Mati tersebut. Satu hal yang perlu diketahui bersama, proses perbaikan dari power suply adalah hal yang cukup sulit bagi anda yang belum paham dengan dasar-dasar elektronika. Jalan yang bisa ditempuh apabila anda memiliki keinginan kuat untuk mereparasi power suply komputer adalah dengan membawanya ke tempat servis elektronika. Namun hal tersebut tentunya membutuhkan biaya yang cukup tinggi.

Untuk mengakali hal tersebut agar kita tidak repot-repot men servis power suply, kita bisa membelinya dengan yang baru. Harga power suply dipasaran juga tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan men servis power suply di bengkel elektronika. Secara umum, harga power suply 400 watt sampai dengan 500 watt sekitar 200 ribu sampai dengan 300 ribu.

Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Drop dan Mati dengan mengganti baru

Baiklah, berikut ini adalah langkah-langkah Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Drop dan Mati dengan cara mengganti yang baru.

  1. Langkah pertama, anda harus melepas seluruh konektor listrik yang menuju ke komputer. Gunakanlah sarung tangan apabila dibutuhkan.
  2. Selanjutnya, silahkan anda buka menutup casing dan lepas seluruh kabel power dari power suply yang menuju ke berbagai macam komponen komputer, mulai dari harddisk, CD/DVD ROM, floppy disk drive, motherboard dan ke komponen lainnya.
  3. Langkah berikutnya, silahkan anda lepas baut power suply yang berguna untuk mengunci ke casing komputer. Biasanya jumlahnya ada 4. Setelah terlepas semuanya, angkat power suply dari casing komputer.
  4. Dalam melepas power suply dari casing komputer, lakukan dengan sangat hati-hati karena didalam komputer banyak terdapat kabel-kabel yang “berseliweran”, jangan sampai mengganggu pengkabelan yang lain.
  5. Silahkan anda pasang power suply baru ke casing komputer, lalu lanjutkan dengan memasang baut pengunci ke casing komputer. Anda harus memastikan bahwa pemasangan power suply sudah sesuai dengan pemasangan power suply yang lawas.
  6. Setelah power suply terpasang dengan kuat di casing komputer, lanjutkan dengan memasang konektor kabel power ke beberapa komponen komputer, seperti harddisk, CD/DVD ROM, motherboard dan komponen yang lainnya.
  7. Sebelum anda mencoba menyalakan komputer dengan power suply baru, silahkan anda cek ulang pemasangan konektor power suply ke komponen komputer. Jangan lupa rapikan pemasangan kabel-kabel yang menuju ke berbagai komponen komputer agar sirkulasi udara didalam komputer tetap terjaga.
  8. Silahkan anda nyalakan komputer dengan menekan tombol power yang ada pada komputer. Jika pemasangan anda benar, maka komputer akan langsung menyala dengan normal.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson L210

Cukup mudah bukan Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Drop dan Mati sendiri tanpa harus membawanya ke tempat servis? Dengan mengikuti beberapa langkah sederhana diatas, anda sudah bisa menjadi teknisi komputer dan nantinya bisa mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang komputer tersebut ke bagian lainnya. Mudah-mudahan tulisan diatas bisa bermanfaat bagi pengunjung sekalian. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Cara Kerja Sistem Komputer Paling Lengkap

Cara Kerja Sistem Komputer Paling Lengkap

Proses pengelolaan data yang memakai komputer sebagai salah satu media sering disebut dengan istilah electronic …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *