Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Radiator Mobil Bocor

Cara Memperbaiki Radiator Mobil Bocor

Cara memperbaiki radiator mobil bocor bukanlah perkara yang sulit untuk dikerjakan. Bahkan, ketika anda tidak memiliki keahlian di bidang otomotif, anda tetap bisa mencoba untuk memperbaiki radiator mobil karena memang pekerjaan tersebut bukanlah pekerjaan yang rumit untuk dilakukan . Sebagai bahan bantuan untuk anda di dalam referensi mengenai cara memperbaiki radiator mobil, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk menjabarkan bagaimana tutorial memperbaiki radiator mobil bocor dengan baik dan benar tanpa harus membawa mobil anda ke bengkel .

Cara Memperbaiki Radiator Mobil Bocor

Radiator yang bocor rata-rata disebabkan oleh umur yang memang sudah cukup lama. Selain itu , radiator bocor juga bisa diakibatkan karena tertabrak atau terkena benturan benda yang cukup keras . untuk jenis radiator itu sendiri, dibedakan menjadi dua macam . Pada mobil zaman sekarang , pastinya anda sudah mengetahui salah satu jenis radiator tersebut, yaitu radiator yang terbuat dari aluminium untuk bagian upper tank dan bahan plastik pada bagian lower tank .kemudian, untuk jenis radiator yang kedua adalah dengan memakai bahan yang keseluruhannya terbuat dari logam baik bagian lower tank ataupun upper tanknya.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Manual Di Belokan Secara Aman

Lalu, apakah ada cara untuk memperbaiki radiator mobil bocor dengan mudah dan aman? Tentunya ada dan pada kesempatan kali ini kami akan jabarkan spesial untuk anda. Namun , sebelum kita memasuki bagaimana cara memperbaiki radiator mobil yang bocor, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu bagian demi bagian yang terdapat pada radiator mobil . Pada umumnya, radiator pada mobil sudah dikelompokkan menjadi tiga bagian. Apa saja bagian-bagian dari radiator mobil? Berikut adalah ulasannya.

Bagian-Bagian Radiator Mobil:

1. Bagian Upper Tank

Bagian yang berada pada posisi atas di radiator mobil disebut dengan nama upper tank. Selang radiator yang berguna untuk menyalurkan air dengan suhu panas mesin terdapat pada bagian upper tank ini. Tutup radiator juga terdapat pada bagian upper tank ini. Selain pada bagian upper tank, tutup radiator juga kadangkala ada di bagian tabung reservoir. Contoh mobil yang mengaplikasikan tutup radiator ditempatkan pada bagian reservoir adalah mobil-mobil eropa dan mobil fortuner.

2. Bagian Saluran Untuk Membuang Hawa Panas

Bagian yang berguna untuk melepaskan panas pada air radiator adalah saluran pembuangan panas ini. Saluran ini memiliki ukuran yang cukup kecil. Proses pelepasan panas pada air radiator dibantu oleh tiupan angin yang berasal dari kipas radiator.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Water Pump Mobil Serta Fungsi Dan Masalahnya

3. Bagian Lower Tank

Bagian lower tank berada pada posisi di bagian bawah radiator. Pada bagian lower tank ini juga disediakan lobang yang digunakan sebagai saluran air yang mengarah ke bagian mesin setelah air tersebut didinginkan suhunya oleh bagian radiator. Di bagian lower tank ini juga disediakan lobang sebagai saluran yang digunakan untuk pembuang air radiator.

Setelah kita memahami bagian demi bagian serta fungsi dari masing-masing bagian radiator tersebut, sekarang kita lanjutkan bagaimana cara memperbaiki radiator mobil yang bocor:

Cara Memperbaiki Radiator Mobil Bocor:

Pada bagian atas sudah diterangkan masing-masing part utama dari radiator. Artikel berikutnya akan kita bahas mengenai bagaimana cara memperbaiki radiator mobil yang bocor. Pada proses memperbaiki radiator mobil yang kotor ini apa langkah dan metode yang digunakan tentunya disesuaikan dengan jenis radiator yang digunakan, apakah radiator tersebut menggunakan bahan logam atau menggunakan bahan plastik.

Pada proses perbaikan radiator yang terbuat dari bahan plastik di bagian upper tank dan di bagian lower tank tergantung dari tingkat kebocoran yang ada. Apabila di bagian upper tank radiator mengalami kebocoran yang cukup kecil atau bahkan hanya terjadi retak sedikit yang terjadi pada bagian sambungan upper tank dengan radiator, maka proses memperbaiki nya adalah dengan melakukan pengeleman menggunakan jenis lem araldite.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Kopling Mobil Yang Selip, Bergetar Dan Berbunyi

Selain itu, ada juga beberapa pengguna mobil yang memilih untuk melakukan penggantian pada komponen upper tank dengan cara merubah bagian upper tank tersebutdengan memakai radiator berbahan logam. Apabila anda memiliki keinginan untuk mengerjakan hal tersebut, maka lebih baik anda membawa mobil ke bengkel dimana anda sering melakukan servis ac atau radiator.

Selanjutnya, jika anda memiliki keinginan untuk melakukan penggantian radiator yang telah mengalami kebocoran, maka anda wajib untuk melakukan pertimbangan lagi.salah satu pertimbangan ketika kita hendak mengganti radiator yang bocor adalah keadaan sirip-sirip pendingin yang ada di radiator sudah banyak yang rusak atau ada bagian lubang yang mengalami kebocoran. Contohnya pada saat terjadi tabrakan atau insiden.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki radiator mobil yang bocor dengan mudah dan aman. Mudah-mudahan artikel singkat pada kesempatan kali ini bisa memberikan tambahan materi dan referensi bagi anda apa yang terutama yang memiliki hobi melakukan otak-atik pada mobil yang dimilikinya. Terima kasih dan selamat mencoba semoga berhasil .

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati Dan Langkah Mengatasinya

Dapat dikatakan bahwa Lampu merupakan komponen yang sangat vital di dalam mobil, terutama pada saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *