Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil Mengalami Macet

Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil Mengalami Macet

Tutorial mengenai cara memperbaiki rem cakram mobil yang mengalami macet tentunya dilatarbelakangi karena banyaknya kasus di mana rem cakram pada mobil tidak berfungsi dengan baik. Kondisi tersebut tentunya disebabkan oleh karena kurangnya proses perawatan yang dilakukan pada mobil yang anda miliki. Memang, perawatan yang kurang pada sebuah mobil bisa menyebabkan berbagai macam jenis permasalahan, baik permasalahan yang tergolong ringan maupun yang tergolong berat. Kondisi sistem pengereman yang sudah bermasalah tentunya sangat berbahaya apabila digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Kita harus cepat-cepat melakukan perbaikan pada sistem rem cakram mobil supaya sistem pengereman pada mobil bisa kembali normal dan tentunya kita bisa nyaman kembali dalam proses berkendara.

Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil Mengalami Macet

Sebuah mobil yang memiliki masalah di dalam sistem pengereman tentunya sangat berbahaya apabila dipakai berjalan dengan kecepatan yang cukup tinggi.in bisa kita bayangkan, apabila pada saat kita berkendara dengan kecepatan tinggi, namun tiba-tiba rem pada mobil blong. Tentunya kita akan dibuat kesulitan di dalam mengurangi kecepatan Laju mobil kita.

Proses perawatan dan pengecekan yang tidak dilakukan secara rutin oleh pemilik mobil akan memunculkan banyak kendala. Ketika sebuah mobil sudah menempuh jarak lebih dari 50.000 km, mobil tersebut akan mulai muncul banyak kerusakan disana-sini. Padahal, setelah mobil menempuh jarak tersebut beberapa pengguna justru sudah mulai mengurangi aktivitas pengecekan dan servis secara rutin. Salah satu permasalahan yang terjadi pada saat mobil sudah mencapai jarak tempuh di atas 50.000 km adalah rem cakram yang sudah mengalami keausan.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

Proses perbaikan rem cakram mobil tentunya bisa diusahakan untuk dikerjakan sendiri, sebelum kita membawanya ke bengkel guna mendapatkan perbaikan yang lebih serius. Apabila kita mampu di dalam proses perbaikan sistem rem cakram pada mobil, maka tentunya banyak keuntungan yang didapat, mulai dari keahlian kita yang semakin meningkat sampai dengan proses penghematan dana di dalam perbaikan kerusakan pada rem cakram mobil.

Bagaimana cara memperbaiki rem cakram mobil yang mengalami macet?

Imbas yang paling terasa ketika rem cakram mobil mengalami macet adalah rasa yang sangat kurang nyaman pada saat berkendara. Selain itu tentu kampas rem pada masing-masing roda akan dengan cepat habis, padahal Kadangkala kita sudah menggantinya dengan kampas rem yang baru. Dari latar belakang itu, pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas apa saja penyebab dari rem cakram yang macet sekaligus bagaimana cara memperbaiki rem cakram mobil yang mengalami masa tersebut.

Penyebab rem cakram mobil yang mengalami macet:

1. Berkaratnya bagian piston

Permasalahan serius tentunya bisa muncul manakala kita tidak bisa melakukan proses perawatan berkala pada bagian rem cakram mobil. Salah satu contoh yang sering timbul pada permasalahan rem cakram mobil adalah robeknya bagian karet penutup pada piston. Masalah tersebut nantinya akan merembet dan akan membuat bagian piston rem berkarat dan lengket.

Dalam kondisi tersebut, tentunya akan membuat piston rem tidak bisa kembali pada posisi awal karena lengketnya bagian tersebut. Dengan kondisi seperti itu akan membuat mobil terasa direm secara terus menerus karena bagian piston akan terus melakukan dorongan pada kampas rem.

Baca Juga:   Cara memperbaiki mobil lecet tergores

Solusi yang bisa ditempuh tumbuhnya dengan cara melakukan proses pengecekan secara berkala pada bagian piston ini. Untuk mengatasi berkaratnya bagian piston di rem cakram mobil kita tidak bisa memperbaikinya sendiri. Kita harus membawa mobil ke bengkel supaya permasalahan pada bagian rem cakram mobil bisa ditangani oleh ahlinya.

2. Macetnya bagian pen kaliper rem

Pen kaliper rem cakram adalah salah satu komponen yang perlu dilakukan pengecekan di tahap berikutnya. Kegunaan dari bagian pen kaliper rem cakram adalah sebagai tempat dudukan rumah piston agar dapat bekerja baik maju maupun mundur disaat bagian pedal rem mobil di injak.Apabila komponen pen kaliper ini mengalami macet, maka efeknya sentuh sama dengan pada saat kondisi piston rem mengalami macet.

Bagian rumah piston tidak bisa kembali pada posisi awal pada saat proses pengereman dilakukan. Kondisi pen kaliper rem akan tertekan secara terus-menerus. Kondisi ini tentunya akan membuat mobil terasa selalu di rem. Solusi yang bisa ditempuh untuk mengatasi pen kaliper rem yang macet ini Tentunya adalah dengan melakukan proses pengecekan secara rutin. Apabila kondisi Min kaliper rem yang macet sudah tidak bisa diatasi sendiri, maka tentunya lebih baik anda bawa ke bengkel untuk ditangani oleh teknisi yang handal.

Lalu, Bagaimana proses pengecekan bagian pen kaliper dan piston rem sendiri tanpa melibatkan pihak bengkel?

Untuk bisa melakukan pengecekan bagian piston peserta pen kaliper rem, bisa diawali dengan cara melepaskan bagian kanvas rem, kemudian memasang kembali namun tidak dengan kanvas rem. Pada tahap berikutnya, Anda bisa meminta bantuan kepada saudara atau teman guna menginjak pedal rem dengan perlahan-lahan sampai bagian piston rem keluar. Tahap berikutnya,  piston rem tersebut silahkan didorong dengan menggunakan obeng. Apabila pada saat piston rem didorong piston tersebut tidak bisa kembali ke posisi semula, maka bisa disimpulkan bahwa bagian piston rem tersebut yang bermasalah.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Water Pump Mobil Serta Fungsi Dan Masalahnya

Proses pengecekan pada bagian pen kaliper rem adalah dengan cara menggerakan bagian rumah piston ke arah depan maupun belakang. Apabila pada proses pengecekan tersebut ternyatakomponen pen kaliper rem tidak bisa bergerak dengan bebas, maka bisa disimpulkan bahwa bagian tersebut sudah rusak atau bermasalah. Tentu anda bisa menggantinya dengan komponen pen kaliper rem yang baru atau kalau sanggup diperbaiki, silahkan untuk dicoba.

Itulah dua jenis penyebab rem cakram pada mobil yang mengalami kemacetan. Sebenarnya, masih ada beberapa jenis kerusakan pada rem cakram mobil sehingga mengakibatkan rem cakram menjadi macet apabila sedang digunakan. Mudah-mudahan, tanpa pergi ke bengkel Anda bisa memperbaiki masalah rem cakram mobil yang macet tersebut. Akhir kata, semoga artikel mengenai cara memperbaiki rem cakram mobil yang macet tersebut bisa berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *