Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Remot Mobil Yang Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Remot Mobil Yang Tidak Berfungsi

Apakah remot mobil yang anda miliki tidak bisa berfungsi untuk membuka pintu mobil? Apabila pintu mobil tidak bisa dibuka dengan menggunakan remot Gmail maka anda harus memastikan terlebih dahulubagian yang bermasalah Memang benar benar pada remot mobil, bukan terletak pada modul mobil dan juga bukan pada bagian sistem central lock nya. Cara mengetahuinya tentu adalah dengan menggunakan remot mobil cadangan yang anda miliki. Setelah anda yakin bahwa bagian yang rusak adalah remot mobil, maka tentunya dibutuhkan cara memperbaiki remot mobil yang tidak berfungsi tersebut supaya Anda bisa mencoba untuk memperbaiki sendiri masalah yang ada pada remot mobil yang anda miliki.

Cara Memperbaiki Remot Mobil Yang Tidak Berfungsi

Sistem yang digunakan pada remot mobil memang cukup luas. Hal tersebut dikarenakan teknologi yang digunakan pada remot mobil juga sudah tergolong cukup canggih. Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mengulas cara memperbaiki remot mobil yang tidak berfungsi namun dalam skala umum saja. Artinya, proses perbaikan remot mobil hanya masalah teknis umum yang tentunya bisa dilakukan oleh setiap pemilik mobil.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan remot mobil tidak bisa berfungsi secara normal:

1. Habisnya arus listrik yang tersimpan pada baterai remot

dalam hal ini saya punya sedikit pengalaman di mana remot mobil yang saya gunakan baterainya habis. Hal tersebut menyebabkan mobil yang saya gunakan harus dilepas akinya selama 3 hari. Penyebab saya melepas akhir selama tiga hari Karena pada saat aki dipasang pada mobil maka sirine yang ada pada mobil akan secara terus berbunyi dan lampu hazard akan menyala secara terus-menerus. Sebenarnya, permasalahannya disebabkan karena baterai remot yang arusnya sudah habis. Memang, baterai remot baru juga sudah dibelikan namun remot mobil tetap belum bisa berfungsi.

Baca Juga:   Cara memperbaiki mobil lecet tergores

Namun, setelah di coba menggunakan baterai remot mobil cadangan malah membuat remot mobil bisa berfungsi. Hal tersebut menandakan bahwa baterai remot yang baru belum tentu berisi arus listrik yang penuh, bahkan bisa saja dalam kondisi tidak normal. Lalu, Bagaimana cara mengetahui remot mobil yang rusak disebabkan karena baterai yang sudah habis? Berikut ini adalah ciri-ciri rusaknya remot mobil yang disebabkan oleh baterai habis:

  • Lampu LED yang ada pada remot mobil akan menyala dengan redup ketika tombol pada remot ditekan
  • Pada saat semua tombol ditekan lampu LED yang ada pada remot tidak akan menyala
  • Pada saat anda sudah mengganti baterai remot dengan yang baru Namun ternyata nyala lampu LED kurang terang, maka silahkan anda menyamakan nyala lampu LED dengan menggunakan remot lain.

2. Rusak atau tidak berfungsinya tombol remot mobil

Bagian tombol remot mobil yang sering mengalami kerusakan adalah tombol yang digunakan untuk membuka pintu. Tombol ini Biasanya berupa gambar gembok dalam posisi terbuka. Rusaknya tombol yang digunakan untuk membuka pintu tentunya disebabkan karena tombol inilah yang paling sering digunakan.

Guna memastikan bahwa tombol yang mengalami kerusakanadalah tombol untuk membuka pintu, maka anda bisa mencoba untuk memakai tombol yang lainnya di mana tombol tersebut jarang digunakan, semisal adalah tombol sirine atau tombol car finder. Apabila tombol tersebut berfungsi dengan baik, maka lampu LED yang ada pada remot akan menyala dengan normal.
Langkah praktis di dalam memperbaiki tombol remot yang rusak atau tidak berfungsi adalah dengan mengganti memakai tombol yang jarang untuk digunakan.

Baca Juga:   Pengalaman Cara Mengendarai Bus Mercy

Metode ini tentunya sangat efektif dibandingkan dengan mengganti mode remot Baru. Namun demikian, mengganti modul remot yang baru pun tidak ada masalah, Hal tersebut dikarenakan biaya untuk mengganti modul remot dengan yang baru Tidaklah terlalu mahal. Selain itu, ongkos pasang dari modul remot tersebut juga masih cukup murah.

Sebagai informasi saja bahwa kisaran harga remot mobil jenis universal adalah tergantung dari mereknya. Harga paling murah remot mobil adalah Rp. 300.000. Sementara itu ada juga remot mobil yang dijual dengan harga Rp. 600.000 termasuk untuk ongkos pasangnya. Tentu, kita bisa memilih remot mobil sesuai dengan dana yang dimiliki biasanya untuk membeli remot mobil ini anda bisa cari di toko variasi mobil.

Pada toko variasi tersebut tentunya kita akan ditawari dengan berbagai macam merk remot mobil dengan berbagai macam fitur yang dimilikinya. Apabila kita hanya membutuhkan fitur dasar dari sebuah remot mobil maka tentunya harga remot mobil paling murah juga sudah mencukupi.fungsi dasar yang dimiliki oleh remot mobil paling murah antara lain adalah remot untuk central lock, fungsi untuk membunyikan sirine ketika pintu dibuka secara paksa tanpa menggunakan remot dan beberapa fitur dasar dari remot mobil secara umum.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki TV Mobil Yang Mengalami Mati Total

3. Pemasangan baterai remot yang terbalik

Anda harus memperhatikan bagian kutub positif dan kutub negatif pada baterai disaat Anda hendak mengganti baterai remot mobil sendiri. Bagian kutub positif dan kutub negatif pada baterai remot mobil hampir sama secara fisik, Hal tersebut dikarenakan ukuran dari baterai remot mobil tersebut relatif lebih kecil.

Untuk meminimalisir kesalahan di dalam pemasangan baterai remot mobil, maka anda harus memperhatikan dan memastikan tanda positif dan tanda negatif pada masing-masing sisi baterai remot mobil. Biasanya baterai yang memiliki tanda minus atau negatif dipasang pada bagian yang ada PR atau pegasnya. Jangan sampai salah di dalam pemasangan baterai remot mobil karena apabila hal tersebut terjadi maka biasanya akan menyebabkan kerusakan permanen pada remot mobil atau bisa dikatakan remot mobil tersebut tidak bisa digunakan kembali.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara memperbaiki remot mobil yang tidak berfungsi dengan normal. Permasalahan-permasalahan di atas merupakan permasalahan umum yang tentunya bisa anda kerjakan sendiri tanpa membawa ke bengkel. Namun, Apabila ternyata dengan mengikuti tutorial diatas Anda belum bisa menyelesaikan masalah pada remot mobil, maka langkah baiknya anda membawanya ke bengkel supaya didiagnosa langsung oleh teknisi ahli di bidang mobil tersebut. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *