Home / Hardware / Cara Memperbaiki Speaker Komputer Dengan Cepat

Cara Memperbaiki Speaker Komputer Dengan Cepat

Jika suatu saat ketika kita sedang mendengarkan musik pada komputer tiba-tiba speaker mati, maka tentunya kita lekas mencari Cara Memperbaiki Speaker Komputer Dengan Cepat agar secepatnya juga kita bisa mendengarkan alunan musik kesayangan kita kembali. Tentunya, ketika speaker komputer kita mati, kita tidak perlu panik. Kita bisa mencoba untuk memperbaiki speaker komputer sendiri sebelum membawa ke teknisi atau bahkan membeli speaker komputer yang baru.

Cara Memperbaiki Speaker Komputer

Pada posting artikel kali ini, saya akan mencoba menjabarkan Cara Memperbaiki Speaker Komputer Dengan Cepat secara singkat. Tutorial yang akan saya bahas masih bersifat umum. Namun walaupun demikian, tetap saja Cara Memperbaiki Speaker Komputer ini cukup efektif untuk diterapkan. Disamping itu, kadang kala masalah speaker komputer yang tidak bunyi sebenarnya hanya disebabkan oleh permasalahan yang kecil saja yang tentunya bisa kita coba perbaiki sendiri.

Cara Memperbaiki Speaker Komputer Dengan Cepat

Berikut ini adalah cara umum yang biasa dilakukan oleh pengguna komputer dalam rangka Memperbaiki Speaker Komputer Dengan Cepat dan tepat.

1. Speaker komputer tidak berbunyi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa speaker aktif yang anda gunakan sudah tersambung ke jaringan listrik. Setelah yakin bahwa koneksi listrik ke speaker aktif dalam kondisi baik, langkah selanjutnya adalah memastikan kartu suara atau sound card sudah terinstall drivernya dengan benar dan kompetibel. Apabila sebelumnya anda sudah menginstall software driver sound card, maka anda bisa melakukan install ulang software driver sound card komputer dengan software driver yang terupdate dan terbaru.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Prosesor Intel Dan AMD

Tahapan selanjutnya, silahkan anda lakukan pengaturan volume baik pada speaker aktif maupun pada komputer. Untuk mengatur volume pada komputer, lakukan dengan langkah klik start menu, lalu pilih control panel, selanjutnya pilih menu printer and other device. Pada jendela berikutnya, silahkan anda klik menu sound, lalu pilih menu speech and audio devices dan lanjutkan dengan memilih menu advanced volume control.

Silahkan anda lakukan setting pada bagian status master volume dan pastikan tidak dalam kondisi mute. Apabila kebetulan dalam kondisi mute, silahkan anda buang tanda ceklist mute tersebut. Akhiri dengan klik tombol Apply dan OK.

2. speaker komputer tidak keluar powernya

Cara memperbaikinya adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian kabel power dan juga kabel penghubung yang lainnya. Pastikan bahwa semua kabel sudah tertancap dan terpasang dengan benar dan kuat. Kadang kala, kabel yang terpasang dengan longgar menyebabkan suara speaker tidak keluar powernya.

3. power speaker nyala namun tidak mengeluarkan bunyi

Cara Memperbaiki Speaker Komputer masalah ini adalah dengan mengecek bagian jack speaker yang masuk ke komputer dan pastikan sudah terpasang dengan benar. Pada umumnya, port untuk jack speaker memiliki warna hijau muda dan berada pada bagian tengah diantara port lainnya pada sound card. Pastikan bahwa jack yang menuju ke sub woofer juga sudah terpasang dengan benar dan kuat.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Printer

Untuk membantu anda agar bisa memastikan sound card dan speaker komputer bekerja dengan normal, maka anda bisa melakukan proses pengecekan sound. Cara yang perlu dilakukan juga cukup mudah, yaitu anda cukup memasang sebuah headphone sesuai dengan port speaker yang sudah disediakan pada sound card. Apabila terdengar suara pada headphone, maka itu artinya speaker anda yang tidak berbunyi tersebut yang mengalami kerusakan atau gangguan.

Pengecekan pada notebook juga hampir sama dengan cara di atas. Anda perlu memasang headphone ke bagian headphone output pada notebook. Setelah itu silahkan play sebuah lagu dan dengarkan suaranya. Apabila headphone anda berbunyi maka ada kemungkinan speaker anda sudah rusak atau anda salah dalam memasang kabel-kabel menuju ke speaker aktif.

4. lakukan pemeriksaan pada bagian default playback

Tahapan ini bisa dilakukan dengan cukup mudah, yaitu silahkan anda masuk ke menu control panel, lalu pilih menu sound panel. Jika anda menggunakan OS windows XP, anda bisa memilih menu “Sound and Audio Devices”. Sementara  itu, jika anda menggunakan Windows Vista dan Windows 7, anda bisa memilih menu Sound. Silahkan anda pastikan bagian Playback device sudah bekerja dengan benar dan baik.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon IP2770

5. langkah terakhir, silahkan anda cek bagian software driver audio

Untuk melakukan tahap ini, anda bisa akses control panel, lalu lanjutkan dengan memilih menu Device manager. Setelah itu, silahkan anda lakukan pemeriksaan pada bagian Sound, video and game controller. Apabila software driver sound belum terinstall dengan benar, maka akan ditandai dengan tanda “X” pada bagian atasnya. Bisa juga ada tanda seru “!” apabila kondisi driver sound card tidak kompetibel yang menyebabkan sound card gagal untuk bekerja.

Sekian bahasan singkat mengenai Cara Memperbaiki Speaker Komputer Dengan Cepat yang bisa saya bagikan untuk anda pada kesempatan kali ini. Semoga saja artikel singkat mengenai cara memperbaiki speaker komputer yang rusak bisa membantu anda didalam mengatasi speaker komputer yang bermasalah. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Utama RAM

Fungsi Utama RAM Yang Perlu Dipahami Oleh Setiap Pemakai Komputer

Sebelum kita membahas fungsi utama RAM, perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa RAM adalah salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *