Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Memperbaiki Speedometer Motor Karisma

Cara Memperbaiki Speedometer Motor Karisma

Speedometer pada sepeda motor Karisma adalah salah satu instrumen berkendara yang cukup penting. Dengan adanya spedometer, maka kita bisa mengetahui kecepatan dari sepeda motor Karisma yang sedang kita naiki. Seiring dengan lamanya penggunaan sepeda motor Karisma sekaligus jarak tempuh dari sepeda motor tersebut, maka sangat dimungkinkan spedometer motor Karisma mengalami masalah. Masalah speedometer pada motor Karisma bukanlah perkara yang sulit untuk ditangani. Untuk membantu anda di dalam mengatasi permasalahan pada speedometer sepeda motor Karisma, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi pengetahuan mengenai cara memperbaiki speedometer motor Karisma.

Cara Memperbaiki Speedometer Motor Karisma

Hal pertama yang harus kita ketahui terlebih dahulu sebagai awalan di dalam proses memperbaiki speedometer motor Karisma adalah dengan memastikan letak kerusakan pada spidometer motor Karisma tersebut. Dengan mengetahui posisi kerusakan yang menyebabkan speedometer motor Karisma tidak bergerak, maka kita bisa dengan mudah memperbaikinya dengan cara menggantinya dengan part baru ataupun mengakali part yang rusak tersebut supaya bisa berfungsi kembali.

Cara mengetahui bagian yang rusak pada speedometer:

  1. Langkah awal di dalam melakukan pengecekan bagian mana yang rusak pada speedometer motor Karisma tersebut, maka silakan anda putar roda depan dan perhatikan jarum dari speedometer motor Karisma. Apabila speedometer motor Karisma tetap diam saja pada saat kita memutar roda ban depan, maka kita bisa melanjutkan untuk melakukan pengecekan pada bagian yang lain.
  2. Bagian selanjutnya yang perlu kita cek adalah pada bagian kabel penghubung antara tromol roda ban depan sepeda motor Karisma. Untuk melakukan pengecekan pada bagian kabel speedometer motor Karisma, maka langkah awal adalah proses melepas kabel speedometer motor Karisma dari tromol sepeda motor Karisma. Setelah anda berhasil melepas kabel speedometer motor Karisma, silahkan anda cek kondisi serabut kawat yang ada di dalam kabel. Jika perlu, silahkan anda tarik keluar isi dari kabel speedometer motor Karisma tersebut. Siapa tahu bagian dalam dari kabel speedometer motor Karisma anda sudah putus.
  3. Untuk mempermudah proses penggantian kabel speedometer motor Karisma tanpa harus membuka bagian totok sepeda motor Karisma adalah dengan cara melakukan mengganti bagian dalam kabel speedometer sepeda motor Karisma secara langsung tanpa melepas bungkus kabel tersebut. Dengan memahami konsep atau metode penggantian kabel/kawat speedometer motor Karisma tersebut, maka suatu saat nanti anda juga akan lebih pahal didalam memperbaiki kabel speedometer motor Karisma.
  4. Speedometer yang tidak bergerak juga bisa dikibatkan oleh gear/gir speedometer yang sudah aus. Letak dari gear/gir speedometer ada didalam tromol roda depan motor Karisma. Untuk memastikan kondisi gear/gir speedometer motor Karisma, silahkan anda cek apakah gigi-gigi pada gear/gir speedometer tersebut masih bagus atau banyak yang patah.
  5. Apabila cara memperbaiki speedometer motor Karisma diatas tidak berefek, maka anda bisa melakukan pengecekan berikutnya pada bagian panel speedometer sepeda motor Karisma. Sepeda motor Karisma ini sebenarnya masuk ke dalam kategori sepeda motor dengan harga yang sangat terjangkau, walaupun memiliki harga yang cukup tinggi.kerusakan pada speedometer motor Karisma biasanya terjadi karena adanya kegiatan lembur ataupun ronda menjaga berbagai macam peralatan sekolah..
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

​Beberapa hal penting tentang apabila cara memperbaiki speedometer motor Karisma:

  1. Gunakan selalu part original, bukan kw maupun bonus yang sering diberikan kepada pelanggan yang sering membeli part tertentu dalam jumlah yang banyak.
  2. Pada saat memasang kabel speedometer motor Karisma, berikan pelumas yang bersih pada bagian dalam/kawatnya. Gunakan pelumas kawat yang khusus untuk pelumas kawat, bukan pelumas bekas yang berasal dari oli mesin bekas
  3. Jangan gunakan part kompetible (part kabel speedometer untuk sepeda motor lain tapi bisa digunakan pada sepeda motor Karisma), karena walaupun bisa digunakan biasanya umur penggunaannya tidak awet.
  4. Apabila banyak gigi-gigi gear/gir speedometer yang patah/aus, maka silahkan diganti dengan yang baru, supaya kabel speedometer bisa diputar dengan sempurna, sehingga putaran tersebut bisa disalurkan ke bagian jarum speedometer
  5. Berikan pelumas pada bagian gear/gir speedometer yang berada pada bagian dalam tromol roda depan.

Demikianlah ulasan mengenai cara memperbaiki speedometer motor Karisma yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan tutorial singkat mengenai cara mereparasi speedometer sepeda motor Karisma diatas bisa anda aplikasikan sehingga anda bisa menambah ketrampilan dibidang otomotif sekaligus melakukan penghematan karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk servis ke bengkel. Terima kasih.

Baca Juga:   Cara Mengecat Body Motor Dengan Kompresor

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

9 Komentar

  1. Salam Kenal, saya Asep jg disini 😀 .
    Saya hanya ingin share, kalau speedometer karisma itu elektronik bukan mekanik. Jadi ga pake kabel seperti biasa tapi berupa kabel listrik yang mengirimkan sinyal (pulsa) listrik yang dihasilkan oleh sensor yang di tempel di bagian transmisi. Jadi bila speedometer tidak bekerja kemungkinan sebabnya adalah:
    1. Kabel nya putus, kalau ketawan ya sambung aja 😀
    2. sensor ditransmisi rusak, periksa
    3.speedometer rusak

    semoga membantu

    • Salam kenal juga mas asep. Terima kasih atas tambahan dan sharing ilmunya. Semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung inanesia.com lainnya. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blog sederhana ini.

    • Spidometer saya ketika kontak on jarum bergerak tp ketika bwt jln kok gak bergerak y jarum nya.yg saya tanyakan kira kira kerusakanya pd bagian mana y ?
      terima kasih atas perhatianya

      • Coba lakukan pemeriksaan pada bagian kabel yang menuju ke bagian roda mas, siapa tau ada yang putus atau bermasalah, semoga bisa membantu dan terima kasih atas kunjungannya

  2. Klau yg rusak bagian digital bensin gmn ya…awalnya bagian dgital itu ngluntung sblh knn… bisa gk d perbaiki

  3. screen untuk indikator bensin pada motor kharisma apakah bisa diperbaiki atau diganti dengan material lain

    terima kasih
    kris

  4. Speedometer karisma digital mas,tdk pakai kabel,itu pakainya sensor yg terhubung di transmisi,letaknya sblh kiri,ada 3 kabel,

  5. Letak pasti sensen spidometer karisma di mana ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *