Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Stir Mobil Speleng

Cara Memperbaiki Stir Mobil Speleng

Mungkin dari sekian Banyak pengendara mobil pernah memiliki pengalaman di saat mengendarai mobil pada kecepatan sedang maupun kecepatan tinggi, pada saat melakukan pengereman malah terjadi speleng di mana kondisi setir bisa memutar ke kanan atau memutar ke kiri nggak terkontrol. Bisa saja, pada saat berkendara di kecepatan tinggi mengakibatkan terjadinya slip pada kemudian. Apabila anda kebetulan mengalami permasalahan tersebut maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing pengalaman mengenai cara memperbaiki stir mobil speleng.

Cara Memperbaiki Stir Mobil Speleng

Kondisi setir mobil yang speleng tentunya amat sangat membahayakan siapa pun, baik yang berada di luar mobil maupun yang berada di dalam mobil. Resiko terjadinya tabrakan tentunya sangat mungkin apabila kondisi setir mobil speleng dan rem tidak berfungsi dengan normal. Selain itu, apabila mobil digunakan pada kecepatan tinggi Maka tentunya potensi terjadinya mobil terbalik juga cukup besar.

Apabila kebetulan tiba-tiba anda berada dalam kondisi seperti itu tentunya anda tidak perlu Terlalu panik, tetap jaga kondisi Anda supaya selalu tenang. Lakukan proses pengereman dengan perlahan-lahan, jangan sampai Anda melakukan proses pengereman secara mendadak yang mana hal tersebut bisa mengakibatkan mobil yang anda kendarai terbalik.

Di bawah ini adalah cara memperbaiki stir mobil speleng yang terjadi pada saat anda melakukan pengereman Mari kita simak secara seksama, kemudian kita Praktekkan.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil

Cara Memperbaiki Stir Mobil Speleng

1. Langkah pertama, silakan Anda dongkrak bagian ban mobil

Ketika anda mengalami permasalahan di mana setir mobil anda mengalami speleng di tengah jalan, maka silahkan anda Kendari terus mobil anda dengan perlahan saja sampai rumah. Setelah itu, silakan Anda lakukan proses pemeriksaan awal dengan melakukan pengecekan di bagian roda, apakah ada bagian rem yang lengket ataupunadanya roda yang kurang maksimal didalam berputar.

Anda perlu mendongkrak seluruh ban mobil dan lakukan pengecekan dengan cara memutar secara manual masing-masing roda. Apabila ada roda yang lengket atau kurang maksimal didalam berputar, maka tentunya kondisi ini bisa membuat proses pengereman kurang maksimal dimana Kondisi tersebut mengakibatkan vakum angin rem tidak bisa kembali seperti semula dan tentunya akan membuat komponen rem habis sebelah.

2. Langkah kedua, silakan Anda bersihkan bagian rem

Setelah anda melakukan pengecekan dan pemeriksaan bagian rem serta roda dan tidak mendapatkan masalah, maka bagian selanjutnya adalah dengan membuka roda bagian depan sebagai tahap awal. Setelah itu, silahkan anda lakukan Pengecekan di bagian kanvas rem, apakah terdapat bagian yang bisa menghalangi proses pengereman. Apabila terdapat sesuatu yang bisa menyalip di bagian kampas rem, maka silahkan anda lakukan pembersihan.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Ertiga Matic Dengan Memahami Fungsi Overdrive

Proses pembersihan kanvas rem itu juga bisa dilakukan dengan memakai bensin supaya seluruh kotoran pada bagian kampas rem bisa bersih dengan merata. Apabila mobil yang anda miliki sudah memakai sistem pengereman disc brake, maka Anda bisa melakukan penyemprotan dan proses penyiraman bensin di bagian kampas rem. Namun, apabila mobil yang Anda gunakan masih menggunakan sistem pengereman tromol, maka tentunya anda dapat membuka bagian rumah tromol lalu melakukan pembersihan dengan memakai bensin hingga benar-benar bersih.

3. Langkah ketiga, cek kondisi kanvas rem mobil

Tahapan ketiga yang bisa anda kerjakan adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian kanvas rem. Silakan perhatikan Apakah terdapat kanvas rem yang sudah aus atau bahkan habis. Apabila kondisi kanvas rem sudah habis maka tentunya kemampuan sistem pengereman akan berkurang dan bisa mengakibatkan setir mobil speleng apabila kanvas rem yang habis hanya terjadi pada sebelah saja.

4. Langkah keempat, periksa bagian sistem pengereman

Ketika anda melakukan pengecekan kanvas rem dan tidak menemukan satupun kanvas rem yang sudah tipis ataupun awal, maka tahapan berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan di bagian piston rem mobil yang Anda gunakan. Sistem pengereman akan bermasalah manakala bagian piston rem mengalami kemacetan atau tidak bisa berfungsi dengan baik. Piston rem mobil yang bocor juga tentunya akan menyebabkan sistem pengereman akan terganggu secara keseluruhan dan tentunya bisa membuat stir mobil menjadi speleng. Untuk melakukan perbaikan pada sistem pengereman ini maka anda harus mencari teman karena prosesnya tidak bisa diperbaiki sendiri.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Honda Mobilio

Tahapan yang bisa dikerjakan adalah, 1 orang di posisi untuk menginjak rem dengan cara mengocok pedal rem, sementara itu 1 orang lagi melakukan pemeriksaan apakah bagian piston rem pada roda berfungsi dengan baik atau tidak. Silahkan anda lakukan proses pengecekan secara keseluruhan pada bagian roda mobil sehingga tidak ada yang terlewat. Apabila terjadi kebocoran pada piston rem mobil, maka minyak rem akan merembes atau keluar. Lakukan penggantian piston rem apabila kondisinya memang sudah mengalami kebocoran.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara memperbaiki stir mobil speleng akibat dari sistem pengereman yang bermasalah. Semoga saja artikel ini bisa anda jadikan sebagai panduan dan referensi singkat di dalam proses perbaikan stir mobil speleng sehingga mobil anda kembali sehat dan bisa lebih nyaman untuk digunakan. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *