Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Tape Mobil Avanza Dengan Memanfaatkan Sekring Audio

Cara Memperbaiki Tape Mobil Avanza Dengan Memanfaatkan Sekring Audio

Cara Memperbaiki Tape Mobil Avanza ini diperuntukan untuk anda pemilik mobil Avanza yang sistem audionya mengalami masalah. Contoh permasalahan yang kadang terjadi pada mobil Avanza adalah sistem audio yang tidak bisa mati atau hidup. Sebenarnya untuk mengecek permasalahan tersebut bisa anda tangani dengan memanfaatkan sekring audio pada mobil. Hanya saja, pada mobil Avanza ini tidak ada bagian yang tertulis sekring audio, namun hanya memakai istilah lain.

Cara Memperbaiki Tape Mobil Avanza Dengan Memanfaatkan Sekring Audio

Dari latar belakang tersebut dan membantu anda dalam memahami Cara Memperbaiki Tape Mobil Avanza, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahasnya untuk anda. Bahasan kali ini akan lebih fokus membahas letak dari sekring tape mobil mobil Avanza yang belum banyak diketahui oleh banyak pengguna mobil dari Toyota tersebut.

Rata-rata, pada kebanyakan mobil pada umumnya, sekring audio mobil bisa dengan mudah dikenali. Biasanya letak sekring audio atau tape mobil bisa dikenali dengan model diberikan tutup fusebox. Kebanyakan masyarakat indonesia mengenai dengan istilah tutup sekring. Beberapa sekring yang biasanya terdapat pada mobil Avanza adalah  sekring CIG/Audio, Sekring Audio, Sekring AUD. Rata-rata, bagian tersebut juga diberikan label dengan tulisan sekring radio pada bagian fusebox atau rumah sekringnya.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Ertiga Matic Dengan Memahami Fungsi Overdrive

Pada mobil Avanza, sekring audio dibedakan menjadi 3 bagian. Tentunya masing-masing sekring tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Apa saja sekring audio yang ada pada mobil Avanza tersebut? Berikut ini adalah penjelasannya.

Daftar sekring pada mobil Avanza yang berkaitan dengan sistem audio:

1. Back up sekring

Untuk melakukan proses backup memori pada sistem audio digunakan sekring backup. Apabila bagian sekring bacup terputus atau bermasalah, maka tape mobil pada mobil Avanza tidak bisa hidup.

2. Acc Sekring

Fungsi dari sekring ACC adalah untuk menyalakan tape mobil pada saat kunci kontak mobil diputar atau diposisikan ke ACC. Selain itu, proses tersebut juga diindikasikan dengan jam yang ada di dashboard ikut menyala. Apabila komponen sekring ACC ini mengalami masalah atau putus, maka akan menyebabkan jam yang ada didashboard mobil tidak mau menyala. Selain itu, sistem audio atau tape mobil juga tidak akan bisa dihidupkan.

3. Tail Sekring

Sekring lampu kota sering disebut juga dengan sekring tail. Degan demikian, sekring tail berfungsi untuk menyalakan lampu kota pada mobil Avanza. Selain itu, ternyata sekring tail juga berfungsi guna menyalakan semua lampu jenis LED yang terdapat pada bagian panel depan di tape mobil.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil Mengalami Macet

Lalu, dimana letak dari masing-masing sekring tersebut? Untuk lokasi backup sekring dan tail sekring terdapat pada bagian fusebix atau sering disebut dengan rumah sekring yang lokasinya ada pada ruang mesin. Sementara itu, lokasi ACC sekring terpasang di rumah sekring yang lokasinya ada di dekat posisi pedal gas. Bisa juga terdapat pada bagian belakang tuas yang digunakan untuk membuka bagian kap mesin depan.

Sementara itu, lokasi dari sekring lampu berada pada satu ruangan lampu didalam mobil Avanza dan lokasi menjadi satu dengan bagian sekring untuk lampu rem. Untuk nama sekringnya disebut dengan istilah lampu stop. Lokasi dari sekring itu juga masih didalam rumah sekring yang ada didalam ruang mesin. Posisi dari sekring STOP ini berada pada posisi ke lima dari back up sekring. Sementara itu, untuk ukurannya, sekrint STOP memiliki kekuatan arus 10 Ampere dan memiliki warna merah.

Dengan mengetahui posisi dari masing-masing sekring dan fungsinya, maka kita bisa mendiagnosa letak kerusakan pada tape mobil Avanza. Semoga saja artikel singkat kali ini mengenai Cara Memperbaiki Tape Mobil Avanza Dengan Memanfaatkan Sekring Audio bisa berguna dan bermanfaat bagi pengunjung sekalian dan anda bisa dengan mudah memperbaiki tape mobil Avanza yang mengalami kerusakan. Terima kasih dan semoga berhasil.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Honda Jazz Matic RS

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *