Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki TV Mobil Yang Mengalami Mati Total

Cara Memperbaiki TV Mobil Yang Mengalami Mati Total

Kehadiran TV mobil memang sangat menguntungkan bagi para pengendara nya. Hanya saja berbagai macam masalah tentu kerap dialami pada TV mobil mulai dari gangguan kecil hingga mengalami mati total. Dari latar belakang itulah pada artikel kali ini saya akan mencoba sharing Bagaimana cara memperbaiki TV mobil yang mengalami kerusakan mati total. Tentunya, munculnya TV mobil bukanlah merupakan hal yang baru lagi. Kehadiran dari TV mobil tentunya membawa berita menyenangkan bagi para setiap penumpangnya.

Cara Memperbaiki TV Mobil Yang Mengalami Mati Total

Terlebih lagi apabila mobil yang dilengkapi dengan TV mobil digunakan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh. Dengan adanya TV mobil, maka tentunya Anda beserta keluarga Bisa Mendapatkan hiburan sepanjang jalan sehingga Anda tidak akan jenuh di dalam menempuh perjalanan yang melelahkan tersebut.

Selain berguna untuk menayangkan sebuah acara televisi, TV mobil juga bisa berguna sebagai sistem audio yang mana sistem tersebut tentu dilengkapi dengan fasilitas headset, GPS, head rest monitor, sampai dengan pemutar DVD.

Dengan demikian, tentunya Setiap penumpang bisa dengan leluasa untuk menikmati berbagai macam jenis musik sepanjang jalan. Selain itu pengendara mobil juga akan mendapatkan bantuan penunjuk jalan di sepanjang perjalanan. Tentunya hal tersebut akan sangat bermanfaat manakala kita menempuh perjalanan dengan menggunakan mobil dengan jarak tempuh yang cukup lama, misalnya lebih dari 8 jam.Semakin lama durasi perjalanan yang kita tempuh, maka akan semakin lama pulang TV mobil dan sistem audionya bekerja. Padahal, sistem audio ataupun system TV mobil memiliki batas kemampuan maksimal yang bisa ditangani nya. Semakin lama anda menggunakan DP mobil, maka akan semakin cepat TV mobil tersebut mengalami kerusakan.

Ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada TV mobil, mulai dari komponen produk Elektronika yang memang sudah lemah, serta cara penggunaan yang tidak sesuai aturan atau SOP. Namun, perlu kita ketahui bersama bahwa masalah-masalah yang muncul pada TV mobil tidaklah harus diatasi atau diperbaiki di bengkel khusus. Bahkan, beberapa jenis kerusakan yang terjadi pada TV mobil bisa kita coba untuk perbaiki sendiri. Lantas, langkah-langkah apa saja yang perlu kita tempuh di dalam usaha memperbaiki TV mobil yang rusak mati total tersebut? Di bawah ini adalah cara memperbaiki TV mobil yang mengalami mati total.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

1. Tidak terbacanya perangkat USB

Akibat dari port USB yang tidak bisa membaca, maka akan muncul berbagai macam masalah pada TV mobil. Rata-rata, kerusakan di dalam bagian SP ini Bukankah kerusakan pada bagian head unit yang mengalami masalah, namun bisa juga bersumber pada penggunanya. Sebagai contoh, tidak terbacanya bagian USB ini disebabkan karena pemilihan flashdisk yang tidak kompetibel.seiring dengan perkembangan zaman, maka kita sekarang ini tidak akan kesulitan lagi di dalam menemukan flashdisk dengan ukuran yang cukup besar.

Dengan mudahnya, kita bisa menemukan flashdisk dengan kapasitas 4 GB sampai dengan 8 GB. Bahkan, dengan alasan guna menyimpan file dengan ukuran sangat besar, maka sekarang ini sudah disediakan harddisk eksternal dengan kapasitas hingga 1 TB dengan memanfaatkan koneksi USB.Tentunya, dengan kapasitas flashdisk ataupun hardisk dengan ukuran jumbo akan lebih memberikan ruang kosong yang cukup banyak sehingga Anda leluasa di dalam menyimpan banyak film maupun lagu. Penyebab lain dari tidak terbacanya USB pada tab mobil adalah karena format data yang anda miliki tidaklah didukung oleh unit TV mobil sehingga TV mobil tersebut tidak bisa memutar file yang anda miliki tersebut.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki ECU Mobil Pada Mobil Honda

2. Skip pada bagian CD

Masalah skip pada CD rata-rata disebabkan karena 2 masalah, yaitu masalah pada head unit dan masalah pada optik.Masalah internalbiasanya disebabkan oleh bagian optik yang sudah lemah di dalam proses pembacaan sudah tidak lancar lagi. CD dengan kualitas yang sudah cukup lama juga akan membuat cd mengalami sakit. Dengan kondisi seperti itu, maka bisa disimpulkan komponen optik akan kesulitan di dalam proses pembacaan isi dari keping CD atau DVD. Penyebab lain yang tidak kalah pentingnya adalah munculnya jamur pada keping CD atau DVD. Rata-rata, masalah tersebut disebabkan karena bagian tersebut terkena pancaran cahaya matahari dalam jangka waktu yang terlalu lama.

3. Rusaknya bagian head unit mobil

Proses untuk melakukan pengetesan head unit sangat perlu Anda lakukan terlebih dahulu sebelum anda akan melakukan proses instalasi head unit standar yang tentunya bisa didapatkan pada penjual produk aftermarket.Kok disini tentunya dilatarbelakangi dari pengalaman yang pernah didapat penulis di mana ketika dilakukan penggantian bagian head unit TV mobil, Penulis tidak memperhatikan spesifikasi dari TV mobil yang digunakan sehingga setelah berhasil dipasang TV mobil tersebut tidak bisa bekerja dengan normal, bahkan setelah beberapa hari TV mobil tersebut rusak mati total.

4. Kondisi blank pada TV head rest

Secara umum, bagian head rest terhubung dengan bagian head unit. Untuk proses penggabungan nya, terdapat 2 jenis kabel yaitu tabel RCA sebagai bagian dari output video dan kabel power sebagai bagian dari sumber listrik. Ketika bagian head rest monitor mengalami masalah mati total, hal tersebut bisa dikarenakan adanya sambungan dari 2 kabel tersebut yang terputus. Selain itu, jika bagian monitor masih menyala akan tetapi tidak muncul gambar, maka letak permasalahannya ada pada bagian sambungan di kabel AV atau video.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Manual Di Belokan Secara Aman

5. Matinya bagian speaker mobil

Penyebab dari matinya stiker mobil memang cukup Kompleks. Oleh sebab itu tentunya banyak bagian yang perlu mendapat perhatian. Sistem dari speaker mobil juga ada dua, yaitu sistem audio mobil yang tidak menggunakan ampli dan sistem audio yang menggunakan ampli. Untuk sistem audio yang tidak memakai power amplifier, biasanya letak kerusakan ada pada bagian sistem pengkabelan. Kadang kala, terjepitnya bagian kabel oleh pintu mobil yang bisa menimbulkan masalah, bisa juga permasalah bersumber dari tidak disoldernya kabel.

Ketika masalah yang anda dapatkan berupa suara yang tiba-tiba hilang, biasanya disebabkan oleh masalah power ampli yang kepanasan karena sistem pembuangan hawa panas yang terganggu, misalnya karena adanya bagian sirkulasi yang tertutup benda.

Proses pengukuran bagian TR dan dilanjutkan dengan komponen transistor yang berukuran kecil sejumlah 2 komponen. Bisa saja bagian output TR reg yang berubah menjadi pendek. Pastikan juga komponen resistor pembatas memiliki nilai hambatan tidak melebihi angka 5 watt untuk 3-4 ohm.

Itulah beberapa langkah yang bisa anda coba praktekan sebagai langkah mengenai Cara Memperbaiki TV Mobil Yang Mengalami Mati Total. Namun, apabila anda mengalami kesulitan dalam mempraktekannya atau anda sudah praktek namun belum berhasil, maka sangat disarankan untuk membawa masalah TV mobil anda ke bengkel spesialist audio supaya bisa ditangani oleh ahlinya. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *