Home / Hardware / Cara Memperbaiki VGA Komputer Dari Berbagai Kerusakan

Cara Memperbaiki VGA Komputer Dari Berbagai Kerusakan

Berbagai macam Cara Memperbaiki VGA Komputer perlu dikuasai oleh pengguna komputer agar memiliki kemampuan teknis didalam mengatasi berbagai macam permasalahan seputar kartu VGA komputer. VGA card yang mempunyai kepanjangan Video Graphic Accelerator adalah salah satu komponen didalam komputer yang berguna untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog gambar yang bisa ditampilkan oleh monitor komputer. Salah satu komponen komputer yang sangat berpengaruh kedalam tampilan grafis komputer adalah VGA. Oleh sebab itulah para gamer sangat menggantungkan kualitas grafis  gambar game ke komponen VGA ini.

Cara Memperbaiki VGA Komputer

Namun, karena tidak tahuan mengenai teknik VGA membuat mereka banyak mengeluh tentang berbagai macam kerusakan yang dialami oleh kartu VGA. Bisa juga, karena rasa ketidak tahuan dan dibarengi dengan rasa malas membuat para gamer lebih memilih membeli kartu VGA baru dibandingkan dengan memperbaiki VGA komputer yang rusak. Padahal dengan mengetahui Cara Memperbaiki VGA Komputer, kita bisa berhemat dan teknik perbaikan VGA komputer juga tidaklah terlalu sulit.

Memang banyak yang memiliki pertanyaan, apakah VGA yang rusak dapat diperbaiki? Jawabannya tentu bisa. Syaratnya adalah mengetahui dan mengerti seluk beluk dan memahami berbagai macam penyebab serti tanda-tanda kartu VGA yang bermasalah serta rusak. Untuk membantu anda didalam memahami Cara Memperbaiki VGA Komputer, maka pada kesempatan kali ini inanesia.com akan mencoba berbagi ilmu mengenai Cara Memperbaiki VGA Komputer sehingga anda memiliki ketrampilan didalam memperbaiki VGA komputer.

Sebelumnya, marilah kita simak terlebih dahulu mengenai berbagai jenis kerusakan yang bisa dijumpai di kartu VGA komputer.

  1. Kerusakan kartu VGA card yang Artifak
  2. Karusakan kartu VGA card yang tak terdeteksi komputer
  3. Karusakan kartu VGA yang bergaris
  4. Kerusakan kartu VGA dimana gambarnya pecah
  5. Kerusakan kartu VGA yang artifacts
  6. Keruskan RAM VGA yang artifacts
  7. Kerusakan bagian Bus pada kartu VGA yang artifacts
  8. Kerusakan Tinted Screen
  9. Kerusakan pada VGA jenis DVI yang korupt

Secara umum, itulah berbagai macam jenis kerusakan yang paling sering dialami oleh kartu VGA. Jenis kerusakan tersebut tentunya disebabkan oleh banyak hal dan biasanya gejala kerusakan dari kartu VGA akan muncul secara tiba-tiba, baik pada saat digunakan maupun ketika baru pertama kali dinyalakan.

Baca Juga:   Fungsi Tombol Mouse Yang Jarang Diketahui

Baiklah, langsung saja kita masuk ke bahasan Cara Memperbaiki VGA Komputer yang perlu anda pahami bersama. Usahakan untuk mempelajari seluruh bagian Cara Memperbaiki VGA Komputer ini agar ilmu dan pengetahuan anda dibidang komponen VGA ini semakin meningkat dan tentunya ada lancar dan mudah didalam memperbaiki VGA yang rusak.

Cara Memperbaiki VGA Komputer dengan masalah GPU artifacts dan kepanasan

GPU memiliki kepanjangan Graphic Processing Unit adalah pusat dari kartu VGA. Istilah GPU ini sama dengan prosesor pada komputer. GPU dalam kartu VGA berguna mengolah seluruh data dan bit yang nantinya akan menampilkan gambar. Apabila GPU ini maengalami kerusakan atau tidak bisa berfungsi secara full, maka hasil gambar yang akan ditampilkan tidak akan jelas sekali. Gambar yang ditampilkan hanya berupa kotak-kotak yang memiliki warna tertentu saja. Biasanya akan muncul warna-warna aneh dan nantinya akan error blue screen pada layar monitor dan dilanjutkan dengan komputer akan restart sendiri. Masalah ini juga bisa diakibatkan oleh GPU yang suhunya terlalu panas.

Cara memperbaiki kartu VGA yang GPUnya kepanasan dan artifacts:

  1. Silahkan anda buka casing komputer anda
  2. Langkah berikutnya lepas karti VGA yang bermasalah
  3. Lepaskan juga seluruh komponen yang terpasang pada motherbaord, termasuk adalah bagian heatsink dan kipas
  4. Tahap berikutnya, persiapkan sebuah tatakan untuk open dengan dilapisi menggunakan aluminium foil
  5. Silahkan set oven untuk suhu panas 190 derajat dengan perkiraan sekitar 3 menitan
  6. Silahkan anda masukan GPU pada VGA serta komponen kapasitor dengan posisi menghadap ke atas
  7. Silahkan anda tunggu sekitar 8 sampai 9 menit. Ingat jangan sampai melebih waktu tersebut, karena bisa membahayakan GPU VGA itu sendiri
  8. Jika sudah selesai, silahkan anda keringkan kartu VGA secara perlahan
  9. Langkah terakhir, silahkan anda pasang kembali kartu VGA tersebut termasuk komponen yang sebelumnya ada lepas.

Tutorial diatas perlu dilakukan jika kondisi VGA mengalami kerusakan yang cukup parah. Jika kerusakan kartu VGA tidak terlalu parah, maka anda bisa melakukan pengecekan pada bagian kipasnya, apakah masih berfungsi atau tidak. Apabila kipas pada kartu VGA tidak berfungsi, maka anda bisa menggantinya dengan kipas baru. Akan lebih baik jika anda menggantinya lengkap dengan heatsink fannya sekalian.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Speaker Komputer Dengan Cepat

Cara Memperbaiki VGA Komputer dengan gejala warnya berubah / RAM pada VGA artifacts

Masalah ini mirip dengan kasus pada GPU artifacts. Bagian yang berbeda terletak pada komponennya, dimana bagian RAM pada kartu VGA tidak bisa bekerja secara sempurna. Disamping itu, ada juga chipset kartu VGA yang sudah tidak bisa bekerja secara maksimal. Akibat dari kondisi tersebut membuat warna yang ditampilkan tidak asli dengan warna yang sebenarnya.

Cara Memperbaiki VGA Komputer dengan kasus diatas adalah dengan melakukan penggantian pada bagian chipset kartu VGA. Jalan lain adalah dengan melakukan teknik undervolting pada kartu VGA namun harus dilakukan dengan sangat hati-hati, karena ketika gagal melakukan teknik ini akan menyebabkan error yang lebih parah pada kartu VGA.

Cara Memperbaiki VGA Komputer dengan kasus layar bergaris / DVI corruption

Masalah ini hanya terjadi bagi anda yang menggunakan VGA card dengan port DVI untuk menghubungkan komputer ke monitor. Tanda dari permasalahan ini adalah timbulnya garis vertikal dan horisontal pada layar monitor.

Cara Memperbaiki VGA Komputer dengan kasus layar bergaris:

  1. Langkah pertama, silahkan lakukan update pada software driver kartu VGA
  2. Tingkat refresh rate silahkan anda turunkan (berlaku untuk monitor CRT)
  3. Silahkan anda manfaatkan fitur Reduced blanking
  4. Silahkan anda coba ganti kabel data kartu VGA DVI yang menuju ke monitor
  5. Pilihkan kabel VGA DVI yang lebih pendek dari yang sebelumnya

Cara Memperbaiki VGA Komputer dengan kasus gambar yang tidak jelas / Tinted Screen

Yang dimaksud dengan tinted screen adalah kondisi pada saat warna monitor berubah menjadi tidak cerah bahkan berubah warna tidak sesuai dengan aslinya. Masalah tinted screen memang bisa diakbiatkan oleh monitor yang bermasalah, namun bisa juga disebabkan oleh kartu VGA yang rusak dan bermasalah. Langkah pertama didalam memberbaiki kartu VGA yang tinted screen atau gambarnya tidak jelas adalah dengan mencoba kartu VGA dengan monitor lain. Jika warnanya masih kacau dan tidak sesuai, maka bisa dipastikan kartu VGA nya yang rusak. Namun jika gambarnya berubah jadi normal, maka monitor komputer yang mengalami kerusakan. Anda juga bisa mencoba membersihkan konektor pada kabel data monitor dan melakukan setting pada bagian brighness dan kontrass pada monitor komputer.

Baca Juga:   Inilai 8 Tips Jitu Memilih Modem GSM Yang Bagus

Cara Memperbaiki VGA Komputer secara umum

Apabila semua langkah yang dijabarkan diatas tidak juga membuahkan hasil, maka anda bisa mencoba untuk mempraktekan cara berikut ini. Cara ini bisa anda coba pada kartu VGA yang mengalami mati total atau mengalami masalah VGA artifacts seperti yang sudah dibahas pada bagian didepan.

Cara Memperbaiki VGA Komputer secara umum pada bagian dibawah ini:

  1. Silahkan anda copot kartu VGA dari slot pada motherboard
  2. Copot juga heatsink fan dan kipas pada kartu VGA
  3. Silahkan anda bersihkan seluruh bagian yang bisa terjangkau dengan menggunakan kain yang halus atau kuas kecil.

Silahkan anda cek thermal paste yang ada pada chipset kartu VGA. Jika kondisi thermal paste sudah kering, maka silahkan ganti dengan yang baru. Fungsi dari thermal paste adalah untuk mempermudah proses transfer panas dari chipset kartu VGA ke heatsink fan agar kartu VGA tidak kepanasan, yang nantinya kartu VGA bisa bekerja normal kembali.

Langkah selanjutnya, silahkan anda pasang seluruh komponen pada komputer ke motherboard sesuai dengan prosesur. Setelah itu silahkan anda coba hidupkan komputer dan lihat kinerjanya, apakah kartu VGA tersebut bisa bekerja dengan baik atau tidak.

Apabila dengan Cara Memperbaiki VGA Komputer diatas tidak ada perubahan, maka anda bisa mencoba memanaskan dengan menggunakan oven seperti yang sudah dijelaskan pada bagian diatas. Namun, sebelum anda memanaskan menggunakan oven, silahkan anda lakukan pembersihan kartu VGA tersebut menggunaan air yang sudah dicampur dengan sabun atau detergen seperti sunlight atau rinso.

Setelah itu, silahkan anda lakukan pengeringan memakai pengering rambut atau kipas angin, setelah itu baru anda panaskan menggunakan oven seperti pada penjelasan diatas.

Itulah beberapa Cara Memperbaiki VGA Komputer secara umum yang bisa anda coba praktek untuk memperbaiki VGA card anda yang mengalami kerusakan. Mudah-mudahan penjelasan singkat diatas bisa anda jadikan referensi didalam memperbaiki kartu VGA sehingga anda bisa tetap beraktifitas dengan komputer tanpa harus kehilangan waktu karena komputer yang kartu VGA nya error atau rusak.

Artikel menarik lainnya

Cara Kerja Sistem Komputer Paling Lengkap

Cara Kerja Sistem Komputer Paling Lengkap

Proses pengelolaan data yang memakai komputer sebagai salah satu media sering disebut dengan istilah electronic …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *