Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Water Pump Mobil Serta Fungsi Dan Masalahnya

Cara Memperbaiki Water Pump Mobil Serta Fungsi Dan Masalahnya

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas Bagaimana cara memperbaiki water pump mobil serta fungsi dan masalah yang sering timbul pada water pump mobil tersebut. Water pump pada mobil berguna untuk melakukan pendinginan bagian mesin mobil. Sirkulasi air radiator pada mobil haruslah berjalan dengan baik. Bagian di dalam mesin mobil yang berfungsi guna mengatur sirkulasi pada air radiator yaitu sebuah pompa yang lebih familiar di telinga pengguna mobil dengan istilah pompa air mesin mobil atau di dalam istilah otomotif nya disebut dengan istilah water pump mesin.

Cara Memperbaiki Water Pump Mobil Serta Fungsi Dan Masalahnya

Dengan perputaran mesin pada mobil, water pump mobil juga akan ikut berputar. Prinsip kerja dasar dari water pump mobil adalah seperti itu. Bagian dari mesin dihubungkan oleh sebuah belt yang bersumber dari poros mesin atau dikenal dengan istilah puli crankshaft.Apabila terjadi masalah di mana drive belt putus, maka perputaran dari water pump mobil akan.. Masalah tersebut tentunya akan menimbulkan efek dimana Air radiator tidak bisa mengalir dan pada akhirnya akan membuat overheating pada bagian mesin karena tidak bisa mendapatkan pendinginan dari Sirkulasi air radiator tersebut.

Tahapan melakukan pemeriksaan bagian water pump mesin mobil

Berbagai macam masalah bisa melanda bagian water pump mesin mobil. Sejumlah masalah yang sering timbul pada bagian water pump mobil yaitu sering terdengarnya bunyi yang cukup keras dan kasar di bagian mesin mobil yang tentunya berasal dari rusaknya bagian bearing water pump mesin mobil.Ada tahapan yang bisa anda lakukan guna memastikan apakah sumber permasalahan tersebut berasal dari water pump mobil yaitu dengan cara melepas bagian sel yang terdapat pada bagian puli water pump.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Remot Mobil Yang Tidak Berfungsi

Langkah berikutnya, silahkan anda lakukan pengecekan pada perputaran puli water pump dengan menggunakan tangan.Apabila pada pemeriksaan bagian puli water pump mesin mobil menggunakan tangan tersebut dirasakan adanya bagian yang oblak, maka hal tersebut bisa mengindikasikan bahwa sumber bunyi kasar yang berasal dari mesin sebenarnya adalah berasal dari bagian water pump mesin mobil.

Adapun langkah lain yang bisa Anda coba kerjakan Apabila ternyata pada pengecekan diatas tidak ditemukan bagian yang kocak ataupun oblag yaitu dengan memutar secara pelan-pelan dan perlahan-lahan bagian puli water pump mesin mobil. Apabila pada pengecekan tersebut didapat bahwa perputaran water pump mesin mobil dirasakan tersendat-sendat atau tidak lancar pada saat dilakukan pemutaran secara perlahan-lahan menggunakan tangan, hal tersebut mengindikasikan bahwa water pump mesin mobil minta untuk diganti dengan yang baru. Perputaran water pump mesin mobil yang tidak lancar atau tersendat-sendat pada saat diputar menggunakan tangan merupakan salah satu hal yang membuat munculnya bunyi kasar yang terdengar bersumber dari mesin mobil.

Baca Juga:   Cara memperbaiki dinamo ampere mobil Paling Mudah

Selanjutnya, ada masalah lain yang sering terjadi pada water pump mesin mobil. Masalah tersebut adalah adanya bagian yang bocor pada air radiator ataupun air pendingin mesin yang berasal dari water pump mesin mobil. Kebocoran yang terjadi pada bagian water pump mesin mobil ini bisa diketahui dari adanya air yang menetes yang berasal dari mesin mobil. Letaknya ada di bagian sebelah kanan mesin apabila jenis mobil yang digunakan adalah mobil yang menggunakan penggerak roda depan, semisal adalah jenis mobil sedan.

Pada kondisi seperti ini, tentunya hal tersebut akan membuat volume dari air radiator akan berkurang secara terus menerus dan pada akhirnya akan habis. Habisnya air pada sistem radiator ini tentu akan membuat overheat pada mesin. Untuk mengatasi hal tersebut, tentunya Anda harus melakukan penggantian water pump dengan yang baru supaya kebocoran tersebut bisa segera diatasi.

Cara memperbaiki water pump mobil

Sejumlah pengguna mobil tentu banyak yang memiliki pertanyaan Apakah kita bisa melakukan perbaikan water pump mobil? Tentunya Ada sejumlah bengkel yang mampu melakukan servis ataupun memperbaiki water pump mobil. Namun, biaya yang harus dikeluarkan untuk proses perbaikan water pump mobil justru akan lebih tinggi Apabila dibandingkan dengan membeli water pump mesin mobil yang baru. Apalagi jika kerusakan yang terjadi pada water pump mobil sesuai dengan yang disebutkan pada Penjelasan diatas.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil

Lebih baik anda melakukan penggantian water pump mobil dengan yang baru. Untuk penanganan sementara, kita bisa mengoleskan ataupun memberikan sedikit oli pada bagian lubang yang menuju kebagian bearing water pump, tentunya dari bagian luar water pump. Namun, kegiatan tersebut tentunya tidak terlalu banyak membantu. Suara bunyi mesin kasar yang berasal dari water pump yang sudah oblak atau kocak tersebut tetaplah terdengar, hanya direduksi sedikit saja.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara memperbaiki water pump mobil beserta penjelasan fungsi dan berbagai macam masalah yang kerap menimpa water pump mobil. Apabila permasalahan pada water pump mesin mobil melanda atau terjadi pada mobil kita, maka sangat disarankan untuk segera memperbaiki nya supaya mesin mobil kita tidak mengalami overheat. Mudah-mudahan Penjelasan diatas dapat memberikan gambaran kepada pengunjung sekalian mengenai berbagai macam hal tentang water pump mesin mobil. Terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *