Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Wiper Mobil Karena Macet

Cara Memperbaiki Wiper Mobil Karena Macet

Pengetahuan mengenai cara memperbaiki wiper mobil yang disebabkan karena macet tentunya perlu dikuasai oleh setiap pengendara mobil. Hal tersebut dikarenakan wiper mobil merupakan komponen penunjang yang sangat penting pada sebuah mobil untuk menyingkirkan tetesan air yang mengenai kaca mobil supaya penglihatan pengendara bisa tetap jelas ke arah depan. Kondisi perjalanan jauh, tentunya harus didukung oleh kondisi mobil yang Prima, badan yang sehat serta fungsi dari komponen keseluruhan mobil yang berjalan dengan baik. Salah satunya adalah wiper mobil tersebut.

Cara Memperbaiki Wiper Mobil Karena Macet

Komponen pada mobil yang sangat berperan penting pada saat kita berkendara dalam kondisi hujan adalah wiper. Dalam kondisi hujan lebat, maka tentunya kaca pada mobil akan mengalami gangguan, misalnya adalah menjadi buram atau kabur. Kondisi seperti inilah yang sangat beresiko dan tentunya memicu terjadinya kecelakaan. Dengan memiliki wiper mobil yang bekerja dengan normal, maka tentunya kondisi kaca buram akibat guyuran air hujan bisa di sapu.

Dengan memanfaatkan komponen wiper mobil, maka kondisi kaca yang buram akibat guyuran air hujan bisa di hilangkan dan tentunya jarak pandang pengendara mobil akan kembali normal. Karena sangat penting keberadaan dari wiper mobil di saat berkendara pada kondisi hujan, tentunya kita harus selalu memastikan bahwa kondisi wiper mobil bisa bekerja secara normal. Terlebih, apabila wiper mobil kita memiliki kualitas cukup baik dibandingkan dengan yang lainnya sehingga tentunya kemampuan di dalam membersihkan kaca mobil dari guyuran air hujan akan semakin meningkat dan semakin bersih sehingga kegiatan berkendara akan tetap nyaman walaupun dalam kondisi hujan.

Baca Juga:   Cara memperbaiki pintu mobil dari berbagai kerusakan

Salah satu teknologi yang dimiliki oleh wiper mobil di jaman sekarang ini disebut dengan istilah graphite coating. Graphite coating adalah sebuah teknologi pada wiper mobil yang mampu melakukan pembersihan kaca mobil bagian depan dengan sangat maksimal namun tidak membuat lapisan water repellent pada mobil terkikis atau hilang.

Lalu apa yang akan terjadi ketika wiper mobil mengalami rusak, macet atau tidak bisa berfungsi secara normal? Hal tersebut tentunya akan mengakibatkan gangguan penglihatan dan jarak pandang mengemudi mobil ketika berkendara di dalam kondisi hujan. Apalagi jika kondisi hujan cukup lebat tentunya jarak pandang pengemudi akan lebih pendek lagi. Terlebih jika kendaraan digunakan diri malam hari dan ditambah kondisi hujan lebat maka tentunya pengemudi akan sangat kesulitan di dalam melihat kondisi jalan di depannya walaupun sudah didukung oleh lampu yang dimiliki mobil tersebut.

Oleh sebab itulah, Jangan sampai kita menyesal tidak melakukan perawatan dan juga memperbaiki wiper mobil yang rusak atau macet ketika kita berkendara pada malam hari di kondisi cuaca sedang hujan. Proses perawatan yang perlu dilakukan pada wiper mobil juga tidaklah sulit, salah satu diantaranya adalah dengan membawa ke bengkel bengkel langganan anda. Cara tersebut merupakan cara maksimal yang bisa anda tempuh karena dengan anda membawa mobil ke bengkel maka tentunya wiper mobil anda akan ditangani oleh ahlinya.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Body Mobil Keropos

Lalu, apakah ada cara yang bisa ditempuh sendiri ketika wiper mobil mengalami rusak atau macet? Tentunya ada dan anda bisa coba praktekkan sendiri sebelum anda membawa mobil yang wipernya bermasalah tersebut ke bengkel.

Cara memperbaiki wiper mobil karena macet atau rusak:

  1. Langkah pertama, apabila kerusakan wiper yang mati atau macet tersebut ditandai dengan tidak bergeraknya bagian wiper, maka silakan Anda lakukan pengecekan di bagian kelistrikan. Anda bisa memulai memeriksa bagian sekring yang ada di wiper. Tujuannya adalah untuk memastikan dan mengetahui keberadaan arus listrik yang masuk. Apakah ada atau tidak.
  2. Langkah kedua, apabila pada Tahapan pertama di atas didapat hasil bahwa arus listrik bekerja dengan baik, maka langkah berikutnya adalah proses pemeriksaan pada bagian motor yang berfungsi menggerakan wiper. Apabila Anda menemukan bahwa motor wiper tersebut mengalami aus atau rusak, maka mau tidak mau anda harus membawanya ke bengkel karena proses perbaikan motor wiper tidaklah mudah dan harus ditangani oleh ahlinya.
  3. Langkah ketiga, silahkan anda lakukan pengecekan pada bagian poros penggerak. Biasanya, wiper mobil yang rusak atau masa diakibatkan pada bagian sektor poros penggerak yang sudah aus atau mengalami kerusakan parah. Apabila sumber permasalahan hanya berasal dari adanya bagian yang berkarat atau terdapatnya kotoran yang menempel, anda bisa coba atasi dengan cara memberikan pelumas supaya bagian poros penggerak bisa kembali bergerak dengan lancar. Tentunya, penanganan akan berbeda manakala komponen tersebut mengalami kerusakan dimana apabila hal tersebut terjadi maka mau tidak mau anda harus mengganti bagian tersebut dengan yang baru.
Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Ayla

Demikianlah panduan singkat mengenai cara memperbaiki wiper mobil karena macet atau rusak.Mudah-mudahan, artikel singkat Pada kesempatan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda, terutama yang sedang mencari rujukan Bagaimana cara memperbaiki wiper mobil yang rusak. Ketika anda memiliki mobil dengan wallpaper yang bisa berjalan sempurna maka tentunya perjalanan Anda tidak akan terganggu walaupun ditempuh pada malam hari dan dalam kondisi hari sedang hujan. Terima kasih dan selamat mencoba apa ya semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Komponen Motor Diesel dan Fungsinya

Komponen Motor Diesel dan Fungsinya

Pada artikel yang lain Saya sudah pernah membahas tentang komponen motor DC dan juga komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *