Home / Tips dan Trik / Cara Mempercepat Booting Windows XP Paling Ringkas

Cara Mempercepat Booting Windows XP Paling Ringkas

Walaupun support ke sistem operasi Windows XP dari pihak microsoft sudah dihentikan, namun pengguna sistem operasi Windows XP di seluruh dunia masihlah banyak. Beragam persoalan tentunyaditemui oleh pengguna Windows XP, salah satunya adalah masalah booting. Dari persoalan itulah dibutuhkan cara mempercepat booting Windows XP paling ringkas sehingga setiap pengguna bisa menyalakan komputer bersistem operasi Windows XP dalam waktu sesingkat mungkin.

windows xp ngebut

Pada artikel yang lain saya sudah membahas mengenai cara mempercepat booting Windows 7. Lantaran adanya sedikit perbedaan sistem membuat saya mencoba untuk mengulas kembali cara mempercepat booting Windows XP, dengan harapan bagi anda yang sekarang ini masih menggunakan Windows XP bisa memaksimalkan waktu booting Windows XP sehingga anda bisa lebih mengefektifkan waktu tunggu di dalam proses penyalaan komputer.

Waktu booting Windows XP erat kaitanya dengan waktu startup komputer. Oleh karena itu tentunya bagian yang perlu kita setting dan modifikasi adalah pada bagian system configuration, dimana prosedur ini hampirlah sama dengan proses mempercepat booting pada komputer Windows 7. Yang membedakan hanyalah terletak pada langkah-langkah dan tampilan menu saja.

Cara mempercepat booting Windows XP bisa disimak urutannya dibawah ini:

  1. Langkah pertama silahkan anda klik Start kemudian pilih menu RUN.
  2. Setelah jendela RUN terbuka, silahkan anda ketik perintah “msconfig” untuk membuka jendela system configuration utility.
  3. Ada beberapa tab pada jendela system configuration utility. Tab yang pertama adalah tab general, tab system.ini, tab win.ini, tab.ini, tab service, tab startup dan tab tools.
  4. Tab pertama yang akan kita lakukan konfigurasi adalah boot.ini. Pada bagian ini, silahkan anda ubah nilai timeout menjadi lebih kecil, misalnya adalah 4 second. Fungsi dari menu time out ini adalah untuk mengatur muncul pilihan sistem operasi jika kita menggunakan dual boot sistem operasi.
    tab boot windows xp
  5. Tab yang kedua adalah startup. Pada tab ini anda diberikan opsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan beberapa software yang otomatis dijalan pada saat komputer menyala. Kondisi ini tentunya akan memakan waktu booting cukup lama apabila semakin banyak software yang diloading. Anda bisa menonaktifkan beberapa software yang tidak diperlukan untuk tidak di load pada saat komputer menyala. Caranya adalah dengan membuang ceklist pada nama softwarenya. Sisakan software antivirus yang harus tetap aktif pada saat komputer nyala supaya komputer tetap terlindungi dari berbagai macam ancaman virus.
    tab startup windows xp
  6. Tab yang berikutnya adalah tab service. Hampir sama dengan tab startup, tab service ini juga mengatur beberapa software yang ikut diloading pada saat komputer dinyalakan. Yang membedakan adalah terletak pada kondisi software tersebut. Pada tab service ini, software berjalan secara service dan secara background sehingga tidak langsung terlihat.
    tab service windows XPCatatan : supaya anda tidak keliru didalam menonaktifkan service pada tab ini, silahkan anda gunakan filtering “Hide All Microsoft Service” yang nantinya akan menyembunyikan service-service penting milik Windows XP, sehingga resiko kegagalan Windows akibat kesalahan menonaktifkan service bisa diminimalisir.
Baca Juga:   Beginilah Cara Sharing Folder Windows 7 Paling Mudah

Disamping pengaturan system configuration utility, kita juga bisa mencoba melakukan pengaturan file system pada Windows. Pengaturan saat sistem yang dimaksud adalah proses penataan posisi file file system pada hardisk sehingga tata letak dari file system Windows XP bisa lebih teratur.dengan semakin teraturnya tata letak file system Windows XP akan membuat komputer booting lebih cepat.

Untuk mengatur tata letak serta mengatur ulang posisi dari file system Windows XP, anda bisa menggunakan fitur disk defrag yang sudah disediakan pada Windows XP. Apabila anda ingin menggunakan fasilitas disk defrag yang lebih bagus, anda bisa memanfaatkan software pihak ketiga dengan nama disk defraggler. Dengan melakukan defrag harddisk secara teratur, minimal satu bulan sekali akan membuat file sistem Windows XP tertata rapi dan tentunya berpengaruh terhadap proses booting Windows XP yang anda gunakan.

disk defragment pada windows xp

Apabila anda menginginkan komputer Windows XP anda berjalan lebih cepat lagi, maka anda bisa mencoba teknologi harddisk ssd dimana teknologi harddisk tersebut tidak lagi menggunakan piringan cakram sehingga proses menulis dan membaca pada hardisk ssd akan lebih cepat. Hardisk ssd bekerja secara elektrik, hampir sama dengan sistem kerja flashdisk. Tentunya, bisa kita bayangkan begitu cepatnya proses pembacaan dan penulisan pada harddisk jenis ssd ini. Berdasarkan pengalaman para pengguna komputer yang menggunakan hardisk ssd, bahwa loading komputer Windows XP bisa meningkat hingga 200%.

Baca Juga:   Cara Menampilkan Jam Di Layar Depan Android

harddisk ssd windows xp

Namun yang perlu digarisbawahi bersama, walaupun hardisk ssd mampu meningkatkan kecepatan booting Windows XP sampai dengan 200% harga untuk hardisk ssd sekarang ini masih cukup tinggi. Harga ssd normal bisa sampai dua kali lipat harga hardisk biasa. Akan tetapi tentunya harga yang mahal tersebut akan diimbangi dengan peningkatan performa dari proses booting komputer berbasis Windows XP.

Demikianlah ulasan mengenai cara mempercepat booting Windows XP paling ringkas yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan dengan memanfaatkan sistem configuration utility saja anda sudah bisa memaksimalkan waktu booting komputer Windows XP. Terima kasih dan selamat bereksperimen, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Sekarang ini, smartphone yang sangat digandrungi dan diminati oleh para pengguna gadget adalah smartphone yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *