Home / Jaringan / Internet / Cara Mempercepat Internet Dengan Ping Atau Command Prompt

Cara Mempercepat Internet Dengan Ping Atau Command Prompt

Banyak cara mempercepat internet yang dicoba guna mendapatkan kecepatan maksimal dari internet yang dimilikinya. Salah satunya adalah cara mempercepat internet dengan ping ataupun command prompt prompt. Tentunya, cara ini merupakan cara paling dasar yang bisa anda coba kerjakan sebelum anda mencoba cara lain di dalam memaksimalkan koneksi internet di tempat anda. Setelah anda mempraktekkan cara mempercepat internet dengan ping namun tidak membuahkan hasil, maka anda bisa mencoba cara yang lainnya.

Cara Mempercepat Internet Dengan Ping Atau Command Prompt

Teknik lain yang bisa diterapkan guna mempercepat internet adalah dengan mengubah DNS, menggunakan software tertentu, sampai dengan melakukan perubahan pada settingan registry Windows. Tentunya masing-masing cara tersebut memiliki resiko tersendiri. Berbeda dengan cara mempercepat internet dengan ping atau command prompt di mana langkah tersebut merupakan langkah dasar yang memiliki resiko paling minim. Untuk itulah tidak ada salahnya apabila anda mencoba teknik ini terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke teknik yang lebih ekstrim.

Berikut adalah cara mempercepat internet dengan ping atau command prompt

  1. Sebelum anda mempraktekkan cara mempercepat internet dengan ping, maka anda perlu melakukan test kecepatan koneksi internet yang anda miliki menggunakan speedtest.net. Tujuannya adalah supaya nanti anda memiliki angka pembanding setelah anda melakukan proses percepatan internet dengan ping dan sebelum anda melakukan proses percepatan internet.
  2. Langkah selanjutnya, silakan anda buka cmd dengan mode administrator.
  3. Tahap berikutnya, silakan anda ubah alamat menjadi directory “C” dengan cara mengetik “CD C/”kemudian diikuti dengan menekan tombol Enter.
  4. Pada tahap selanjutnya, silahkan anda gunakan perintah “netsh interface tcp set global autotuning=disabled“, lalu tekan Enter untuk mengeksekusinya.
    netsh interface tcp set global autotuning=disabled
  5. Langkah selanjutnya, silahkan anda ketik “ping -l 400 (isi menggunakan DNS servers) -t”. Fungsi dari perintah tersebut adalah untuk menjaga kestabilan koneksi internet sekaligus sebagai alat monitoring koneksi internet untuk anda.
  6. Selesai sudah anda melakukan uji coba mengenai cara mempercepat internet dengan ping atau prompt.
  7. Pada tahap berikutnya, silahkan anda lakukan tes kecepatan internet dengan menggunakan speedtest.net.
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Web Server

Silakan anda analisa apakah ada peningkatan kecepatan dari sebelum dilakukan proses percepatan dan setelah dilakukan proses percepatan. Memang tidak ada yang menjamin dengan menerapkan tutorial diatas, kecepatan internet yang anda miliki bisa naik dengan drastis, apalagi jika kondisi koneksi internet yang anda gunakan pada dasarnya sudah pelan, misalkan karena pengaruh sinyal dari isp, paket internet yang anda gunakan, atau bahkan karena device yang anda gunakan untuk mengakses internet memiliki kualitas kurang bagus.

Apabila anda ingin mengembalikan settingan komputer windows ke posisi awal sebelum anda melakukan perubahan, maka silahkan anda gunakan perintah “netsh interface tcp set global autotuning=normal” lalu ikuti dengan menekan tombol enter. Perlu diingat, untuk menjalankan perintah tersebut tentunya anda harus mengaktifkan jendela command prompt pada posisi administrator.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara mempercepat internet dengan ping atau command prompt yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan tutorial singkat ini bisa bermanfaat dan berguna untuk anda, dan anda juga bisa mendapatkan peningkatan kecepatan internet setelah mempraktekkan tutorial diatas. Akhir kata, selamat mencoba semoga berhasil.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Teleconference

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Google Lengkap Dengan Beberapa Contoh Produknya

Arti Dari Google Lengkap Dengan Beberapa Contoh Produknya

Dari sekian banyak pengguna internet, ada yang sudah memahami arti dari Google, namun ada juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *