Home / Tips dan Trik / Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Tanpa Ribet

Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Tanpa Ribet

Setelah pada artikel yang lalu saya sudah membahas mengenai cara mempercepat booting Windows 7 dan Windows XP, pada kesempatan yang baik ini saya akan melanjutkan postingan yang masih berkaitan dengan proses tweaking atau mempercepat kinerja dari sistem operasi Windows 7. Secara umum, bahasan mengenai proses mempercepat booting Windows 7 membahas khusus bagian Startup Windows 7 saja. Namun, apabila yang dibahas adalah mengenai cara mempercepat kinerja Windows 7, maka bahasan yang di cakup adalah beberapa bagian yang digunakan untuk mempercepat proses kerja dari komputer berbasis Windows 7 tersebut.

Cara Mempercepat Kinerja Windows 7

Pada saat kita mencoba untuk membuat kinerja Windows 7 menjadi lebih cepat, maka tentunya ada beberapa konfigurasi yang perlu dilakukan. Untuk itulah, supaya Anda lebih mudah di dalam Mengikuti alur bagaimana cara mempercepat proses kerja dari Windows 7 maupun Windows XP, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk menyampaikan sedikit informasi Bagaimana supaya komputer Windows 7 yang Anda gunakan bisa bekerja semakin ngebut sehingga tentu pekerjaan yang anda miliki akan lebih cepat selesai.

Ada banyak bagian yang perlu Anda setting pada software Windows 7 supaya kinerja semakin meningkat. Minimal, ada penambahan performa kecepatan dari komputer yang digunakan sehingga tentu keluhan mengenai lambatnya Windows 7 berjalan bisa diminimalisir. Tidak ada hardware khusus yang perlu disediakan untuk pekerjaan ini. Yang perlu Anda persiapkan hanyalah keberanian serta segelas teh atau kopi guna menemani anda di dalam melakukan maintenance komputer berbasis Windows 7.

Cara mempercepat kinerja komputer Windows 7:

  1. Mengatur program Startup dan Service.

    Mengatur program pada bagian Startup dan Service merupakan salah satu bagian yang biasa digunakan untuk memangkas waktu loading atau booting pada komputer berbasis Windows. Dengan mematikan beberapa program yang tidak dibutuhkan pada saat komputer baru menyala, tentunya bisa mengurangi waktu loading komputer Windows 7 sehingga tentunya waktu tunggu antara komputer baru dinyalakan sampai siap digunakan semakin pendek.
    Cara mengatur program Startup dan Service bisa dilakukan dengan cara klik Start menu, kemudian pilih menu RUN, lalu ketik perintah “msconfig” dan akhiri dengan menekan tombol enter di keyboard untuk melakukan eksekusi perintah.
    startup system configuration

  2. Melakukan Scan Disk secara teratur.

    Proses Scan Disk secara teratur pada hardisk merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan karena dengan melakukan scan di secara teratur, maka segala macam jenis kerusakan pada media penyimpanan hardisk bisa diketahui secara Dini. Bahkan, proses Scan Disk juga bisa memperbaiki kerusakan hardisk secara software. Namun, apabila harddisk sudah rusak secara hardware, misalnya adalah kerusakan bad sector maka tentunya tidak bisa diperbaiki dengan menggunakan fitur Scan Disk.
    Scan Disk bisa diakses dengan cara klik kanan drive yang akan discan, lalu pilih properties. Setelah itu, klik tab Tools, kemudian pilih Check.
    scan disk windows 7

  3. Menghapus isi folder Temporary.

    File temporary yang berada pada folder Temporary merupakan file yang terbentuk akibat adanya kesalahan kerja pada saat kita membuka software aplikasi. Secara umum, apabila kita selesai di dalam bekerja menggunakan software, maka tentunya file temporary yang ada di dalam folder Temporary akan terhapus. Namun karena suatu sebab maka file temporary yang ada di dalam folder temporary akan tetap tersimpan walaupun kita sudah selesai bekerja menggunakan sebuah software aplikasi. Untuk itulah diperlukan sebuah action untuk menghapus isi folder Temporary. Folder Temporary ada di directory C:/Windows/Temp.

  4. Menghapus isi folder prefetch

    Folder prefetch hampir sama dengan folder temporary dimana isi file folder prefetch yang berlokasi di direktori c:/Windows/Prefect bisa dengan mudah menurunkan performa komputer berbasis Windows 7. Oleh sebab itulah sangat disarankan bagi Anda yang ingin mendapatkan performa maksimal dari komputer yang dimiliki selalu rajin di dalam melakukan pengecekan folder profesi ini. Apabila sudah berisi cukup banyak file ataupun folder, silahkan dihapus saja.

  5. Menata ulang file pada komputer menggunakan Disk Defragment

    Disk defragment di dalam sistem operasi Windows berguna untuk menata ulang file yang lokasinya berantakan. Dengan tatanan file yang rapi maka tentunya proses eksekusi terhadap sebuah program bisa berjalan lebih cepat. Secara umum, hampir seluruh versi Windows sudah menyediakan fasilitas disk defragment.
    Untuk mengakses fitur disk defragment pada Windows 7 bisa diakses melalui tombol Start Menu, pilih All Programs, pilih Accessories, Pilih System Tools, lalu pilih menu Disk Defragment.
    disk defragment windows 7Hanya saja, kadangkala karena suatu faktor maka pengguna komputer ingin menggunakan software alternatif selain disk defragmenter. Anda bisa mencoba menikmati fasilitas software yang namanya defraggler. Defraggler bisa didownload pada situs resminya di https://www.piriform.com/defraggler

  6. Mengosongkan Wallpaper pada Desktop

    Ketika kita mengosongkan wallpaper pada desktop dan mengganti hanya dengan Warna solid saja, maka hal tersebut bisa sedikit meringankan beban dari komputer Windows 7 yang kita gunakan. Oleh sebab itu, apabila tampilan wallpaper pada desktop tidak terlalu penting, lebih baik hindari penggunaan wallpaper atau desktop pada komputer, karena tentunya akan memberatkan sistem operasi Windows 7 tersebut.

  7. Mengubah tampilan menjadi Klasik.

    Tanpa kita sadari bersama bahwa tampilan Windows 7 yang begitu gemerlap ternyata cukup memakan tenaga komputer. Bahkan, pada beberapa komputer yang memiliki spesifikasi cukup rendah akan membuat komputer tersebut sangat lambat untuk dioperasikan. Untuk itulah Alangkah baiknya apabila kita mengubah tampilan Windows 7 menjadi classic.
    tampilan classic windows 7

  8. Mendisable Virtual Memory

    Proses mendisable virtual memory tentunya sangat baik dilakukan apabila kapasitas RAM fisik pada komputer yang digunakan sudah cukup tinggi. Dengan memanfaatkan RAM fisik untuk menjalankan beberapa software secara bersamaan, maka tentunya bisa dilakukan dengan lebih cepat. Virtual memory pada komputer Windows sebenarnya adalah RAM sementara yang dibuat di hardisk di mana kecepatan hardisk tidaklah secepat RAM standar. Oleh sebab itulah Apabila pesan standar sudah cukup besar, maka sangat disarankan supaya media penyimpanan sementara software yang sedang dijalankan berada pada seram fisik saja.

Demikianlah bahasan mengenai cara mempercepat kinerja Windows 7 tanpa ribet dan tentunya bisa dicoba oleh siapa pun. Apabila anda berhasil melaksanakan beberapa tahapan di atas pada komputer berbasis Windows 7, maka sedikit banyak akan terasa perbedaannya. Oleh sebab itu maka alangkah baiknya jika anda mempraktekkan tutorial di atas pada komputer Sehingga nantinya Anda akan merasakan efek serta manfaatnya. Terimakasih.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Gitar Bagus

Artikel menarik lainnya

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Sekarang ini, smartphone yang sangat digandrungi dan diminati oleh para pengguna gadget adalah smartphone yang …

2 Komentar

  1. Wah terimakasih tutorialnya, memang benar optimasi untuk mempercepat windows 7 dibutuhkan sehingga kinerja OS windows 7 lebih maksimal. Tutorial diatas jelas dan tuntas. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *