Home / Tips dan Trik / Cara Menampilkan File Hidden Di Flashdisk

Cara Menampilkan File Hidden Di Flashdisk

Flashdisk merupakan salah satu jenis alat penyimpanan yang sekarang ini masih cukup populer digunakan oleh masyarakat. Salah satu hal yang melatarbelakangi hal tersebut karena flash disk memiliki ukuran yang cukup kecil secara dimensi namun memiliki kapasitas yang cukup besar di dalam menampung sejumlah file. Hanya saja, karena memiliki sifat mudah dibaca dan mudah ditulis, maka hal tersebut kadangkala menjadi celah bagi virus untuk melancarkan aksinya. Salah satu aksi yang biasanya dilakukan virus pada flash disk adalah menyembunyikan atau menghidden sejumlah file yang ada di dalam flashdisk targetnya.

Cara Menampilkan File Hidden Di Flashdisk

Memang, masalah di mana virus menghidden sejumlah file yang ada di dalam flashdisk bukanlah hal baru lagi. Sudah sejak lama terjadi masalah dimana seluruh file di dalam flashdisk lenyap entah kemana padahal sebenarnya kapasitas pada flashdisk tersebut masih terbaca berisi file. Sebenarnya, file-file yang di hidden atau disembunyikan oleh virus tersebut cukup mudah untuk dikembalikan lagi sehingga bisa digunakan sebagaimana mestinya. Dari latar belakang tersebutlah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba berbagi ilmu Bagaimana cara menampilkan file hidden di flashdisk sehingga bisa tampil kembali.

Baca Juga:   Cara Mendengarkan Lagu Di IPhone Gratis Dengan Download Gratis

Cara menampilkan file hidden di flashdisk

Ada sejumlah cara yang bisa Anda coba terapkan untuk menampilkan file hidden di flashdisk, mulai dari menggunakan software aplikasi sampai dengan cara manual hanya memanfaatkan Command prompt yang disediakan oleh Windows. Di saat sekarang ini saja,-nya sudah ada anti virus yang mampu bekerja untuk menampilkan file yang disembunyikan oleh virus di flashdisk hanya dengan satu klik saja. Salah satu contoh antivirus yang memiliki kemampuan tersebut adalah Smadav.

Cara mengembalikan file yang terinfeksi virus

Apabila flashdisk yang anda miliki sudah terinfeksi Virus maka ada kemungkinan sejumlah file ataupun data yang ada di dalam flashdisk tersebut. Tentunya kondisi seperti ini sangatlah menjengkelkan dan juga membuat marah karena dokumen-dokumen penting yang ada di dalam flashdisk ikut hilang. Walaupun sebenarnya lenyapnya File atau data di dalam flashdisk hanyalah hilang secara tampilan saja, kamu sebenarnya masih tersimpan dengan baik pada flashdisk tersebut.

Terdapat dua langkah yang bisa anda tempuh Untuk menampilkan file hidden di flashdisk kembali Supaya Anda bisa bekerja kembali dengan data yang ada di dalam flashdisk tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Menjadi Bagus Saat Bernyanyi

Langkah pertama

  1. Silahkan Anda masuk ke menu Windows Explorer, kemudian silahkan anda pilih menu “organize” kemudian silahkan aktifkan “menu bar”
  2. Setelah menu bar aktif yaitu dengan ditandai bertambahnya sejumlah menu yang ada pada bagian atas, silahkan anda klik menu “tool” kemudian pilih menu “folder option”
  3. Setelah jendela folder option dimunculkan, silahkan anda klik tab “view”
  4. Pangkat terakhir, silahkan anda ceklist bagian “show hidden Files, folder anda drives”
  5. Langkah terakhir yaitu dengan Klik tombol “apply” kemudian “OK” untuk menutup jendela folder option

Langkah kedua

Namun, kadangkala Walaupun anda sudah mempraktekkan langkah diatas tetap saja file-file yang ada di dalam Flashdisk tidak muncul kembali. Hal tersebut dikarenakan file-file yang berada di dalam flashdisk sudah tersembunyi dengan option super hidden. Apabila anda gagal di dalam mempraktekkan langkah-langkah diatas, maka silahkan anda praktekan langkah-langkah dibawah ini.

  1. Silahkan anda tancapkan flash disk pada port USB yang ada di komputer, lalu silakan perhatikan letter atau huruf yang dimiliki pada flashdisk tersebut, misalnya adalah F
  2. Langkah berikutnya, Silakan anda panggil jendela command prompt dengan cara Klik tombol Start, kemudian ketik perintah “CMD” Lalu ikuti dengan menekan tombol enter pada keyboard
  3. Setelah jendela command promt muncul, silakan Anda posisikan jendela aktif pada direktori flashdisk, dalam hal ini adalah F, maka silahkan anda ketik perintah F: Lalu lanjutkan dengan menekan tombol enter
  4. Tahap berikutnya, silakan Anda ketik perintah attrib -s -h /s /d *.* lanjutkan dengan menekan tombol enter
  5. Tunggulah beberapa saat hingga command prompt menyelesaikan tugasnya untuk menampilkan file hidden di flashdisk anda kembali
Baca Juga:   Cara Masuk Safe Mode Windows 7 Dengan Cepat

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara menampilkan file hidden di flashdisk dengan mudah hanya memanfaatkan fitur yang ada pada sistem operasi Windows. Setelah anda berhasil mengembalikan sejumlah file yang disembunyikan oleh virus di flashdisk, maka langkah baiknya apabila anda memproteksi komputer anda dengan baik, misalnya adalah dengan menginstal antivirus yang sudah terkenal kemampuannya serta memiliki update terbaru setiap harinya sehingga ketika ada virus baru yang masuk, maka secara otomatis antivirus tersebut mampu mengenali sekaligus menghapus virus yang masuk tersebut. Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Tinggi Badan

Cara Mengukur Tinggi Badan Tanpa Alat Ukur Pada Wanita Dan Pria

Masing-masing wanita tentang mengharapkan untuk bisa tumbuh lebih tinggi secara maksimal. Seorang wanita yang mempunyai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *