Home / Tips dan Trik / Cara Menampilkan File Tersembunyi Pada Windows

Cara Menampilkan File Tersembunyi Pada Windows

Ada banyak tujuan pengguna komputer menyembunyikan file di komputer mereka. Selain untuk mengamankan file yang dianggap penting, menyembunyikan file pada komputer  turut serta di dalam menjaga privasi yang dimilikinya. Hanya sayangnya kadangkala bagi Anda yang lupa bahwa file yang tersembunyi memiliki ukuran cukup besar pernyataan memakan Space harddisk yang lumayan banyak sehingga bisa berakibat performa komputer semakin melambat.

Cara Menampilkan File Tersembunyi Pada Windows

Tanpa disadari kadang kala file yang terhidden membuat space hardisk komputer secara signifikan mengalami pengurangan, padahal file yang terlihat secara langsung jumlahnya tidak terlalu banyak. Tanpa disadari ketika kita hendak menyimpan file baru pada hardisk ternyata muncul sebuah pesan “no space” sehingga kita tidak bisa lagi menambahkan file Baru.

Ketika kita harus menyimpan sebuah file pada komputer Windows Namun ternyata hardisk tersebut sudah tidak mencukupi lagi, maka ada baiknya kita menampilkan file hidden pada Windows, siapa tahu ada file file yang tersembunyi pada komputer Windows yang memiliki ukuran cukup besar namun sudah tidak digunakan lagi. Dengan begitu, maka kita bisa menghapus file tersebut sehingga kita bisa memasukkan file baru pada hardisk tersebut.

Baca Juga:   Cara Menampilkan Notifikasi Unduhan Di Android

Cara menampilkan file tersembunyi pada Windows

Namun sayangnya, ada sebagian orang yang bingung tentang cara menampilkan file hidden pada Windows. Apabila hal tersebut menimpa pada anda tentunya anda akan dibuat cukup kerepotan untuk mengetahui file-file mana yang berukuran besar namun sudah tidak digunakan lagi. Untuk itulah, pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba sharing Bagaimana cara menampilkan file tersembunyi pada windos sehingga Anda bisa memilah dan memilih file mana saja yang akan tetap dipertahankan pada harddisk komputer dan file mana saja yang bisa dihapus dari harddisk supaya lebih longgar lagi.

Dibawah ini adalah tahapan demi tahapan cara menampilkan file hidden pada Windows sehingga seluruh file yang tersembunyi pada hardisk komputer bisa terlihat dan Anda bisa melakukan sejumlah operasi pada file tersebut.

  1. Tahapan pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan masuk ke dalam direktori Dimana ada folder yang disembunyikan atau terhidden
  2. Tahapan berikutnya, silahkan Anda memilih menu “Tool” yang ada pada menu bar di bagian atas
  3. Tahapan berikutnya, silakan Anda memilih menu yang bernama “Folder Option”, kemudian silahkan anda tunggu sampai jendela folder option ditampilkan
  4. Setelah jendela folder option ditampilkan, silakan Anda memilih tab “View”
  5. Pada tapio silahkan anda cari sebuah opsi yang memiliki nama “Show Hidden Files, Folder And Drive”. Apabila anda sudah menemukan opsi tersebut, silahkan anda buang tanda ceklis yang berada pada bagian depannya.
  6. Silakan Anda refresh jendela dimana file letak File yang tersembunyi pada Windows
  7. Selesai dan sejumlah file tersembunyi atau terhidden pada komputer Windows berhasil ditampilkan.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Hang dan Error Paling Jitu

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara menampilkan file tersembunyi pada Windows yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, setelah anda memahami Bagaimana cara menampilkan file hidden pada Windows di atas maka pengetahuan anda di dalam mengelola dan manajemen sistem operasi Windows lebih Mahir dan tentunya Anda bisa mengembangkan sejumlah potensi yang ada di dalam diri anda mengenai perkembangan komputer yang secara khusus. Terimakasih dan selamat mencoba sampai semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Sekarang ini, smartphone yang sangat digandrungi dan diminati oleh para pengguna gadget adalah smartphone yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *