Home / Tips dan Trik / Cara Menampilkan Hidden Folder Dengan Cepat dan Mudah

Cara Menampilkan Hidden Folder Dengan Cepat dan Mudah

Salah satu bentuk privasi pada sebuah komputer merupakan keamanan yang harus dijaga. Salah satu bentuk langkah di dalam menjaga privasi file dan folder pada sebuah komputer adalah dengan cara menghidden atau menyembunyikan folder sehingga tidak bisa terlihat oleh pengguna yang lain, terutama bagi yang komputernya dipakai oleh banyak pengguna. Pada artikel kali ini saya akan mencoba berbagai tips bagaimana cara menampilkan hidden folder dengan cepat dan mudah apabila anda sudah menerapkan teknik di dalam menyembunyikan sebuah folder guna mengamankan file yang ada di dalam folder tersebut dari tangan-tangan jahil.

Cara Menampilkan Hidden Folder Dengan Cepat dan Mudah

Kadangkala, kita juga membutuhkan cara menampilkan hidden folder dengan cepat guna mempercepat proses mengakses file di dalam folder tersebut. Bisa juga, kita bertindak sebagai pengguna komputer yang ingin mengetahui apakah ada folder yang terhidden pada sebuah komputer. Teknik ini Tentunya dibutuhkan oleh orang tua yang ingin mengetahui file-file apa saja yang tersimpan pada komputer yang digunakan oleh anak-anaknya.

Cara menampilkan hidden folder dengan cepat dan mudah

Tidak dibutuhkan langkah Terlalu rumit untuk Mempraktekkan tehnik dan cara menampilkan hidden folder dengan cepat dan mudah. Apalagi sistem operasi Windows menyuguhkan tampilan yang sangat user friendly ditambah dengan dukungan kemudahan di dalam pengoperasiannya sehingga pastinya kita bisa lebih cepat beradaptasi di dalam menguasai sejumlah fitur dan fasilitas yang dimiliki oleh Microsoft Windows.

Baca Juga:   Cara Menampilkan Download Di Youtube dibawah Video

Di bawah ini adalah sejumlah langkah cara menampilkan hidden folder:

  1. Tahap pertama, silahkan anda buka file explorer atau windows explorer. Apabila Anda ingin menggunakan shortcut pada keyboard, maka silakan Anda gunakan tombol Windows + E.
  2. Tahap berikutnya, silahkan anda klik menu “View” pada bagian atas. Setelah pada toolbar, silahkan anda pilih pada tab “view”.
  3. Langkah berikutnya, Silakan anda perhatikan pada bagian option toolbar yang memiliki label hidden items. Silahkan anda ceklis pada label tersebut.
  4. Setelah anda mempraktekkan langkah di atas, maka sejumlah file dan folder akan dimunculkan yang tadinya tidak kelihatan. Namun demikian, file dan folder yang dimunculkan juga terlihat transparan atau samar. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa File atau folder tersebut sebenarnya dalam posisi di sembunyikan atau terhidden.
  5. Pada langkah selanjutnya, untuk menjadikan File atau folder terlihat permanen, maka silahkan anda Klik Kanan pada folder tersebut. Nantinya akan dimunculkan sejumlah pilihan. Silahkan Anda memilih menu properties.
  6. Setelah jendela properties muncul, silahkan anda perhatikan pada bagian tab properties. Pada jendela tersebut Anda akan menemukan sebuah label yang bertuliskan hidden. Silahkan anda hilangkan tanda ceklis pada label hidden tersebut.
  7. Langkah selanjutnya, silahkan anda Klik tombol “apply”.
  8. Setelah anda Klik tombol “apply”, maka akan dimunculkan sebuah jendela konfirmasi yang hendak menanyakan kepada Anda Apakah yakin akan menampilkan file dan folder secara keseluruhan atau hanya folder utama. Silakan Anda klik tombol “OK”.
  9. Tahap terakhir, untuk menutup jendela properties silahkan anda Klik tombol “OK”.
Baca Juga:   Cara Masuk Safe Mode Windows 7 Dengan Cepat

Proses mempraktekkan cara menampilkan hidden folder dengan cepat dan mudah sudah selesai. Setelah anda menyelesaikan tahapan di atas, maka folder dan file pada komputer yang sebelumnya dalam kondisi terhidden akan dimunculkan secara permanen. Hal tersebut ditandai dengan bentuk file dan folder yang sudah tidak samar atau transparan lagi, namun sudah terlihat dengan jelas. Mudah-mudahan, tutorial singkat mengenai cara menampilkan hidden folder Pada kesempatan kali ini mampu menambah referensi serta pengetahuan Anda terhadap sejumlah fasilitas dan fitur yang disediakan oleh Microsoft Windows. Akhir kata selamat mencoba.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Rumah Atau Bangunan Dari Sisi Luas

Cara Mengukur Rumah Atau Bangunan Dari Sisi Luas

Cara mengukur rumah atau bangunan dari sisi luas tentunya dapat dihitung dengan menggunakan rumus luas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *