Home / Tips dan Trik / Cara Menampilkan Keyboard Virtual atau On Screen Keyboard

Cara Menampilkan Keyboard Virtual atau On Screen Keyboard

Keyboard virtual atau on screen keyboard merupakan salah satu fitur atau fasilitas yang disediakan oleh Microsoft Windows untuk mempermudah setiap penggunanya yang kehilangan akses pada keyboard fisik. Secara umum, on screen keyboard atau keyboard manual tersebut digunakan apabila keyboard yang digunakan mengalami kerusakan. Lalu, Bagaimana cara menampilkan keyboard virtual atau on-screen keyboard sehingga Anda bisa memanfaatkan keyboard tersebut untuk bekerja sebagai pengganti dari keyboard fisik Anda yang mengalami kerusakan?

Cara Menampilkan Keyboard Virtual atau On Screen Keyboard

Silahkan anda baca terus tutorial berikut ini karena akan saya bahas secara singkat bagaimana cara menampilkan keyboard virtual atau on screen keyboard. Namun tentunya harus Anda pahami terlebih dahulu bahwa fasilitas yang disediakan oleh on screen keyboard tidaklah semudah menggunakan keyboard secara fisik. Penggunaan dari on screen keyboard atau keyboard virtual tersebut biasanya hanya bersifat sementara saja dan tidak membutuhkan proses penulisan yang tepat pada on screen keyboard tersebut.

Kondisi tersebut tentunya dilatarbelakangi karena keyboard virtual atau on screen keyboard berada pada layar yang proses pengoperasiannya menggunakan klik pada mouse. Dengan teknik seperti itu tentunya proses penggunaan dari keyboard virtual pada Windows tersebut cukuplah sulit dan pelan sehingga tidak cocok apabila digunakan untuk proses pengetikan. Namun demikian, fasilitas dari keyboard virtual atau on screen keyboard tersebut sangat berguna ketika kita membutuhkan akses keyboard secara cepat sebagai pengganti sementara dari keyboard fisik yang rusak.

Baca Juga:   3 Cara Membuka Password Administrator Windows 7

Selain digunakan untuk menghentikan sementara keyboard fisik yang rusak, keyboard virtual atau on screen keyboard juga memiliki fungsi untuk Log In pada beberapa situs sehingga proses login tersebut lebih aman. Adanya jumlah Malware atau software mata-mata yang mampu mendeteksi ketukan pada keyboard fisik. Dengan menggunakan on screen keyboard di Windows, maka proses ketukan pada keyboard tersebut tidak terdeteksi sehingga karakter apa saja yang dimasukkan pada saat login di sebuah website tidak bisa terbaca.

Cara menampilkan keyboard virtual atau on screen keyboard

Cara menampilkan keyboard virtual atau on screen keyboard yang akan saya ulas berikut ini bisa diterapkan pada sejumlah versi Windows. Hal tersebut dikarenakan lokasi menu dari on screen keyboard di Windows hampirlah sama sehingga ketika anda memahami cara menampilkan keyboard virtual pada salah satu versi Windows, maka anda juga akan dengan mudah menampilkan keyboard virtual pada versi Windows yang lainnya.

  1. Langkah pertama, silahkan anda klik “Start Menu”, lalu silahkan anda pilih menu “All Programs”
  2. Langkah selanjutnya, silahkan anda klik pada bagian folder “Accessories”, kemudian silahkan anda klik pada folder “Easy Of Access”, kemudian silahkan anda temukan dan klik pada bagian on screen keyboard.
  3. Selesai dan keyboard virtual yang bernama on screen keyboard akan dimunculkan pada layar komputer anda dan anda bisa segera menggunakannya dengan cara klik karakter-karakter yang diinginkan.
Baca Juga:   Cara Mempercantik Tampilan Windows 7 Dengan Software

Selain cara diatas, ada juga cara menampilkan keyboard virtual yang lainnya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pada langkah pertama, silahkan anda klik “Start Menu”, kemudian silahkan anda pilih menu RUN
  2. Pada jendela RUN yang tampil, silahkan anda ketikkan perintah “OSK”, lalu lanjutkan dengan menekan tombol Enter pada keyboard atau klik tombol OK
  3. Selesai, keyboard virtual akan dimunculkan pada layar utama di komputer anda.

Demikianlah dua cara menampilkan keyboard virtual atau on-screen keyboard yang bisa saya bahas Pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, setelah anda memahami Bagaimana cara menampilkan keyboard virtual, maka anda bisa memanfaatkan sebaik mungkin fasilitas tersebut sehingga pekerjaan Anda akan cepat selesai dan bisa dikerjakan dengan lebih aman. Terimakasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Rumah Atau Bangunan Dari Sisi Luas

Cara Mengukur Rumah Atau Bangunan Dari Sisi Luas

Cara mengukur rumah atau bangunan dari sisi luas tentunya dapat dihitung dengan menggunakan rumus luas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *